Ketahui Kebutuhan Kalsium pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja adalah masa pertumbuhan, di mana kebutuhan zat gizi meningkat untuk mendukung pertumbuhan tersebut. Pada masa ini juga terjadi puncak pertumbuhan tulang sehingga dibutuhkan kalsium dalam jumlah besar untuk mendukung pertumbuhan.

Selain itu, penyerapan kalsium paling baik juga terjadi pada masa anak-anak dan remaja. Kalsium, salah satu mineral yang sangat penting, sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang. Tidak hanya untuk tulang, kalsium juga mempunyai peran penting dalam pembekuan darah, kontraksi otot, fungsi saraf dan juga untuk melepas hormon.

Tulang tumbuh dengan cepat selama masa remaja sehingga dibutuhkan banyak kalsium untuk membangun tulang yang kuat dan sehat. Kebutuhan kalsium remaja tergolong yang paling tinggi selama kehidupan yaitu mencapai 1200 mg/hari (berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013). Bahkan beberapa negara ada yang merekomendasikan untuk mengonsumsi kalsium 1300 mg/hari. Rekomendasi ini ditujukan untuk anak berusia 10-18 tahun, di mana sedang terjadi pertumbuhan yang cepat.

Ketika kalsium masuk dan diserap oleh tubuh kita, kalsium akan ditransportasikan ke tulang dengan bantuan vitamin D. Setelah itu, kalsium akan bertemu dengan fosfor untuk membentuk super-nutrisi yang memberikan struktur dan kekuatan pada tulang kita. Umumnya pertumbuhan dan perkembangan tulang seseorang serta masa penyerapan kalsium berada di puncak terjadi antara usia 10 hingga 20 tahun. Setelahnya proses-proses tadi akan semakin melambat di kisaran usia 30.

Setelahnya, proses pengurasan dimulai yang artinya kalsium akan terus berkurang untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Saat itu tubuh akan bergantung pada cadangan kalsium yang tersimpan pada tulang untuk memastikan bahwa kardiovaskular dan sistem saraf bekerja dengan baik. Kondisi tersebut menyebabkan cadangan kalsium akan terus berkurang dan menipis, kecuali kita terus menyuplai kalsium bagi tubuh untuk mencegah kekurangan kalsium tersebut.

Kekurangan kalsium bisa diketahui dari beberapa gejala berikut ini :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Kuku rapuh
  3. Insomnia
  4. Mengalami penyakit kulit eksim
  5. Jantung berdebar tidak normal
  6. Kram otot
  7. Mati rasa pada tangan dan kaki lalu tidak terobati

Kalsium harian dapat dipenuhi melalui makanan. Beberapa makanan yang termasuk sumber kalsium yang baik antara lain:

  • Kacang almond
  • Jeruk
  • Ikan tuna (sarden) dan salmon
  • Susu, yogurt dan keju termasuk jenis susu rendah atau bebas lemak
  • Kol, brokoli, bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya
  • Produk makanan yang ditambah atau diperkaya kalsium, seperti sereal, jus buah, produk kedelai (susu, kecap, dll) dan lain sebagainya.

Ketika anda merasa bahwa menu dan pola makan anda tidak dapat memenuhi asupan kalsium tubuh, sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D sebelum tidur. Semakin banyak vitamin D yang didapatkan tubuh-baik melalui makanan, cahaya matahari, maupun suplemen, semakin baik pula tingkat penyerapan kalsium oleh tulang dan aliran darah dalam tubuh. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here