Ketahui Manfaat Retinol untuk Kecantikan Kulit

www.sehatfresh.com

Sehatfresh.com – Bagi perempuan yang sudah mencapai usia tertentu, memiliki kekhawatiran tentang munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput, garis kerutan atau jerawat yang berlebihan. Menjaga kulit wajah agar tetap kencang dan berseri tentunya membutuhkan perawatan yang baik sejak usia muda, agar saat mencapai usia kepala tiga kulit tetap terawat dan berseri.

Bagi sebagian besar perempuan tentu sudah sering mendengar nama retinol yang tercantum dalam formula skincare yang biasa digunakan sehari-hari. retinol biasanya sering digunakan dalam produk kecantikan yang berkhasiat untuk melawan tanda penuaan pada kulit.

Apa itu retinol?

Retinol atau retinoid adalah senyawa aktif yang seringkali terkandung dalam  skincare seperti serum atau essence. Retinol merupakan senyawa yang terbuat  dari vitamin A. Retinol kini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu tretinoin, adapalene, tazarotene, alitretinoin dan bexarotene yang membantu mengatasi masalah kulit. Skincare atau obat yang mengandung retinol biasanya tersedia dalam bentuk krim, gel dan cairan.

Retinol bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, menstimulasi kolagen, dan memiliki sifat anti-inflamasi. Retinol ini bisa digunakan untuk merawat kecantikan karena bahan yang efektif dapat diserap kulit, komponennya dipecah dan berubah menjadi asam retinoate yang dapat mengontrol sel-sel kulit secara langsung. Apa saja manfaat retinol untuk kecantikan kulit?

  1. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen berfungsi untuk membantu kulit mencegah timbulnya keriput dan garis kerutan diwajah. Retinol ini adalah produk yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Selain itu retinol juga membantu memastikan kolagen tetap berfungsi dengan optimal.

  1. Mengontrol jerawat

Retinol sering digunakan pada produk skincare yang berhubungan dengan jerawat. Tidak hanya membuat kulit terlihat lebih muda, retinol juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori sekaligus membersihkan jerawat. Menggunakan retinol sebagai obat jerawat dapat membuat jerawat pada kulit lebih cepat mengering sehingga mempercepat penyembuhan.

  1. Mengecilkan pori-pori

Tidak hanya membersihkan pori-pori secara mendalam, retinol juga bisa membuat pro-pori lebih kecil sehingga wajah akan tampak mulus dan halus. Meskipun retinol dapat diserap langsung oleh lapisan kulit yang paling dalam sekalipun, peningkatan tekstur kulit tidak bisa dirasakan secara instan. Penggunaan ini harus dilakukan secara rutin untuk hasil yang memuaskan.

  1. Menghentikan pigmentasi

Adanya proses pigmentasi atau penggelapan kulit bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. Retinol adalah substansi yang dapat membantu mengehntikan proses pigmentasi. Meski demikian, perubahan signifikan hanya akan terlihat setelah pemakaian rutin selama setidaknya 3 bulan.

  1. Mengandung antioksidan

Retinol adalah zat yang terbuat dari vitamin A, yang artinya retinol juga bisa berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, retinol juga bisa menjadi penyambung komunikasi antar sel kulit sehinggga kulit yang masih muda bisa muncul ke permukaan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here