Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Menstruasi yang Berkepanjangan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menstruasi atau haid merupakan proses pengeluaran darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya dinding rahim yang tidak mengalami pembuahan. Menstruasi merupakan tanda dari pubertas seorang wanita. Siklus menstruasi biasanya berlangsung antara 21-35 hari, lama menstruasi pada wanita biasanya bervariasi tetapi lama menstruasi normalnya 2-7 hari atau tidak lebih dari 14-15 hari.

Darah menstruasi yang keluar normalnya 30-40 ml atau tidak lebih dari 60-80 ml biasanya 2 pembalut penuh. Menstruasi yang berkepanjangan (lebih dari 15 hari) bisa saja terjadi pada masa awal menstruasi (pubertas) dan dalam dunia medis biasa disebut sebagai menorrhagia. Kondisi iini disebabkan karena hormon reproduksi dalam tubuh yang belum stabil.

Dengan penanganan yang tepat keluhan ini umumnya dapat diatasi, tetapi perlu diwaspadai juga karena dapat disebabkan oleh gangguan dalam rahim. Untuk mengetahui adanya kelainan atau tidak pada siklus menstruasi, sebaiknya membuat catatan kapan mulai menstruasi dan berakhir termasuk keluhan yang menyertai.

Hal ini juga dapat membantu dokter untuk mendiagnosis dan menentukan pemeriksaan yang akan dilakukan. Pemeriksaan seperti USG dapat dilakukan untuk memberi gambaran kondisi rahim, ovarium dan panggul. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan menstruasi berkepanjangan.

  1. Hormon tidak seimbang

Pada masa remaja atau awal menstruasi biasanya terjadi ketidak seimbangan hormon. Seperti hormon estrogen dan progesteron yang tidak seimbang akan memicu penumpukan pada rahim lebih lama sehingga menyebabkan perdarahan pada saat menstruasi.

  1. Perdarahan rahim yang tidak normal

Kondisi ini ditandai dengan darah menstruasi yang menggumpal serta penuhnya pembalut setiap 1-2 jam berturut-turut atau lebih. Jika mengalami gejala ini. Segeralah untuk berkonsultasi untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Polip rahim

Polip atau pertumbuhan jaringan kecil dan jinak pada rahim dapat menyebabkan perdarahan yang banyak dan berkepanjangan pada saat menstruasi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon dalam tubuh.

  1. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Penggunaaan alat kontrsepsi hormonal dapat mempengaruhi siklus, durasi, dan jumlah darah yang keluar saat menstruasi. Maka dari itu anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu jika igin menggunakan kontrasepsi hormonal.

Selain itu kondisi seperti stress, kelelahan, efeksamping konsumsi obat tertentu juga dapat menyebabkan menstruasi berkepanjangan. Jika anda mengalami perdarahan menstruasi dan berkepanjangan segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan tetap menjaga asupan nutrisi untuk mengimbangi kebutuhan tubuh.

Beberapa tips ketika menstruasi yang perlu anda lakukan adalah istirahat yang cukup, menghindari stres, memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin K untuk menggantikan darah yang keluar, olahraga tertur dan mengganti pembalut ketika penuh untuk mengontrol perdarahan yang keluar. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here