Ketahui Waktu Terbaik Berolahraga Selama Bulan Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang yang tidak melakukan olahraga saat sebulan penuh karena puasa, namun ini sangatlah tidak baik dilakukan karena penelitian membuktikan tidak berolahraga selama sebulan penuh akan membuat kekuatan otot menurun dan membuat seseorang tidak bugar. Sehingga berolahraga saat puasa sangat baik untuk kesehatan kita sehingga tetap bugar melaksanakan puasa sebulan penuh.

Olahraga penting dilakukan karena masyarakat cenderung menjalani pola hidup yang kurang tepat selama bulan puasa. Setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam, kebanyakan orang Indonesia memilih untuk mengkonsumsi segala jenis makanan, terutama yang berkadar gula tinggi dalam jumlah banyak yang juga disertai dengan berkurangnya waktu tidur. Hal tersebut dapat menyebabkan penurunan konsentrasi yang mengganggu kegiatan sehari-hari termasuk kegiatan beribadah.

Ada beberapa tips olahraga dibulan puasa yang wajib anda ketahui yakni jenis olahraga yang dilakukan dan waktu olahraga terbaik dibulan ramadhan. Jenis olahraga yang baik dilakukan saat berpuasa adalah jenis olahraga yang ringan misalnya berjalan dan bersepada atau jenis olahraga lainya yang menurut anda ringan untuk dilakukan. Waktu olahraga saat puasa juga penting untuk diketahuai.

Sebenarnya, waktu yang tepat untuk Anda melakukan olahraga saat puasa tergantung pada diri Anda sendiri. Selama Anda tidak merasa lemas dan pusing setelah melakukan olahraga saat puasa, ini tidak menjadi masalah. Kekuatan setiap orang untuk berpuasa bisa berbeda-beda. Namun, ada waktu yang baik bagi Anda untuk melakukan olahraga saat puasa yaitu:

  • Setelah sahur

Setelah sahur Anda juga bisa melakukan olahraga. Tubuh Anda telah menerima energi dari makanan yang Anda makan saat sahur, sehingga Anda bisa melakukan olahraga pada saat ini. Namun, sebaiknya olahraga yang Anda lakukan setelah sahur adalah olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga setelah sahur baik Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

Namun ingat, Anda harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas Anda selanjutnya sampai waktu buka puasa, sehingga jangan melakukan olahraga berlebihan pada waktu ini.

  • Sebelum buka puasa

Anda bisa melakukan olahraga sesaat sebelum Anda buka puasa untuk membakar lemak lebih banyak. Tentu, ini menguntungkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Melakukan olahraga di saat perut kosong bisa membantu Anda dalam menghilangkan lemak lebih banyak. Namun ingat, jangan memaksa untuk melakukan olahraga yang berlebihan untuk bisa membakar lemak lebih banyak. Anda masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang Anda lakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit. Jangan sampai Anda sakit, merasa lemas, dan pusing setelah olahraga.

  • Setelah buka puasa

Ini merupakan waktu terbaik untuk Anda olahraga selama bulan puasa. Anda bisa melakukan olahraga dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Tunggu sampai makanan Anda dicerna oleh tubuh sehingga Anda mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Karena Anda sudah makan dan mengisi tubuh Anda lagi dengan energi, sehingga Anda bisa melakukan olahraga apapun yang Anda inginkan pada saat ini, dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here