Ketergantungan Nikotin

DEFINISI
Ketergantungan nikotin – juga disebut ketergantungan tembakau – adalah kecanduan produk tembakau disebabkan oleh zat nikotin. Ketergantungan nikotin berarti Anda tidak bisa berhenti menggunakan zat tersebut, meskipun Anda tahu bahwa zat itu dapat menimbulkan banyak bahaya bagi kesehatan.

Nikotin menghasilkan efek fisik dan mengubah suasana hati di otak kita, yakni menjadi kesenangan sementara. Efek ini membuat kita ingin terus menggunakan tembakau dan menyebabkan ketergantungan. Pada saat yang sama, berhenti menggunakan tembakau menyebabkan gejala penarikan, termasuk lekas marah dan kecemasan.

Mesipun nikotin dalam tembakau yang menyebabkan ketergantungan nikotin, efek racun tembakau ditimbulkan dari zat lain dalam tembakau. Perokok memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terserang penyakit jantung, stroke dan kanker dibanding mereka yang bukan perokok.

Terlepas dari berapa lama Anda merokok, berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan. Banyak sekali pengobatan efektif untuk ketergantungan nikotin yang saat ini tersedia untuk membantu Anda mengelola gejala penarikan dan berhenti merokok untuk selamanya. Tanyakan kepada dokter Anda untuk keterangan lebih lanjut.

GEJALA
Pada beberapa orang, penggunaan setiap jumlah tembakau secara cepat dapat menyebabkan ketergantungan nikotin. Tanda-tanda bahwa Anda mungkin mengalami kecanduan nikotin meliputi :

  • Anda tidak dapat berhenti merokok. Anda telah mencoba untuk berhenti merokok dengan serius, tapi tidak berhasil.
  • Anda mengalami gejala-gejala penarikan ketika mencoba untuk berhenti. Usaha Anda berhenti merokok menyebabkan tanda-tanda fisik dan gejala yang terkait dengan suasana hati seperti mengidam yang kuat, kecemasan, mudah marah, gelisah, sulit berkonsentrasi, perasaan depresi, frustrasi, kemarahan, kelaparan meningkat, insomnia, sembelit atau diare.
  • Anda tetap merokok meskipun sudah menderita banyak masalah kesehatan. Meskipun Anda sudah mengidap masalah medis seperti paru-paru atau jantung akibat merook, tapi Anda belum bisa berhenti.
  • Anda mengorbankan kegiatan sosial atau rekreasi hanya untuk dapat merokok. Anda mungkin berhenti pergi ke restoran yang tidak menyediakan area untuk merokok atau berhenti bersosialisasi dengan anggota keluarga atau teman-teman tertentu karena Anda tidak bisa merokok di lokasi atau situasi tersebut.

Kapan harus ke dokter
Anda tidak sendirian jika Anda sudah mencoba untuk berhenti merokok tapi belum bisa berhenti untuk selamanya. Kebanyakan perokok mencoba hingga berkali-kali untuk berhenti merokok sebelum mereka akhirnya bisa berhenti merokok dengan stabil dan dalam jangka panjang.

Anda akan lebih mudah untuk berhenti merokok jika Anda mengikuti rencana pengobatan yang membahas baik aspek fisik dan perilaku ketergantungan nikotin. Menggunakan obat-obatan dan bekerja sama dengan spesialis perawatan tembakau akan secara signifikan meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Tanyakan kepada dokter Anda untuk membantu Anda mengembangkan rencana perawatan yang mungkin dapat bekerja efektif untuk Anda atau mintalah rekomendasi dari dokter Anda mengenai bantuan dan dukungan yang tersedia untuk berhenti merokok.

PENYEBAB
Nikotin adalah bahan kimia dalam tembakau yang membuat Anda memiliki keinginan untuk tetap merokok. Nikotin sangat adiktif saat zat ini dilepaskan ke paru-paru melalui asap tembakau yang dihirup. Hal ini meningkatkan pelepasan bahan kimia otak yang disebut neurotransmiter, yang membantu mengatur suasana hati dan perilaku. Salah satu neurotransmiter ini adalah dopamin, yang dapat meningkatkan mood Anda dan mengaktifkan perasaan senang. Mengalami efek rasa senang sementara inilah yang membuat tembakau sangat adiktif.

Ketergantungan nikotin melibatkan faktor perilaku serta fisik. Perilaku dan isyarat yang mungkin dapat diasosiasikan dengan merokok meliputi :

  • Merokok pada waktu tertentu setiap harinya, seperti menjadikan merokok sebagai hal pertama yang dilakukan di pagi hari, dengan kopi pagi atau saat istirahat di tempat kerja
  • Setelah makan
  • Minum alkohol
  • Di tempat-tempat atau dengan teman tertentu
  • Berbicara di telepon
  • Situasi stres atau ketika Anda merasa sedih
  • Bau atau tampak seperti rokok yang terbakar
  • Mengemudi mobil

Untuk mengatasi ketergantungan Anda pada rokok, Anda harus bisa mengatasi perilaku dan rutinitas yang Anda asosiasikan dengan merokok.

Faktor Risiko
Siapapun yang merokok atau menggunakan bentuk lain dari tembakau beresiko mengalami ketergantungan. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketergantungan nikotin meliputi :

  • Genetika. Gen yang Anda wariskan dari orang tua memainkan peranan penting dalam beberapa aspek ketergantungan nikotin. Kemungkinan seseorang untuk mulai merokok dan tetap merokok mungkin sebagian tergantung pada faktor genetika – faktor genetik dapat mempengaruhi bagaimana reseptor pada permukaan sel-sel saraf otak Anda menanggapi dosis tinggi nikotin yang dilepaskan oleh rokok.
  • Pengaruh rumah dan teman sebaya. Anak-anak yang tumbuh dengan orangtua yang merokok lebih berisiko menjadi seorang perokok. Anak-anak yang bergaul dengan teman-teman yang merokok juga lebih mungkin untuk mencoba rokok. Bukti menunjukkan bahwa aktivitas merokok yang ditampilkan di film dan di internet juga dapat mendorong anak-anak muda untuk merokok.
  • Usia. Kebanyakan orang mulai merokok pada masa kanak-kanak atau masa remaja. Semakin awal Anda mulai merokok, semakin besar kemungkinan Anda menjadi seorang perokok berat saat Anda beranjak dewasa.
  • Depresi atau penyakit mental lainnya. Orang yang mengalami depresi, skizofrenia, gangguan stres pasca-trauma (PTSD) atau penyakit mental bentuk lain lebih berisiko menjadi perokok.
  • Penggunaan narkoba. Orang-orang yang menyalahgunakan alkohol dan obat-obatan terlarang berisiko lebih tinggi menjadi perokok.

Komplikasi
Asap tembakau mengandung lebih dari 60 bahan kimia yang dikenal dapat menyebabkan kanker dan ribuan zat berbahaya lainnya. Bahkan semua rokok yang berlabel herbal atau alami memiliki bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Ketika Anda menghirup asap tembakau, Anda mengonsumsi bahan kimia ini, yang kemudian mencapai sebagian organ vital tubuh Anda.

Merokok menimbulkan efek yang merugikan bagi hampir setiap organ tubuh Anda, dan lebih dari 60 persen dari orang-orang yang terus merokok akan mati karena hal ini. Perokok wanita sekarang beresiko sama dengan laki-laki perokok untuk meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh tembakau yang digunakan. Efek negatif merokok terhadap kesehatan antara lain :

  • Kanker paru-paru dan penyakit paru-paru lainnya. Merokok menyebabkan hampir 9 dari 10 kasus kanker paru-paru, serta penyakit paru-paru lainnya, seperti emfisema dan bronkitis kronis. Merokok juga bisa membuat asma lebih buruk.
  • Kanker lainnya. Merokok merupakan penyebab utama dari kanker esofagus, laring, tenggorokan (faring) dan mulut dan juga berhubungan dengan kanker kandung kemih, pankreas, ginjal dan leher rahim, dan beberapa jenis leukemia.
  • Gangguan jantung dan sistem peredaran darah. Merokok meningkatkan risiko kematian jantung dan penyakit pembuluh darah (kardiovaskular), termasuk serangan jantung dan stroke. Bahkan walaupun Anda hanya merokok satu sampai empat batang sehari, Anda masih sangat berisiko terserang penyakit jantung. Jika Anda mengidap kelainan jantung atau pembuluh darah, seperti gagal jantung, merokok akan memperburuk kondisi Anda. Namun, berhenti merokok mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung sebesar 50 persen pada tahun pertama.
  • Diabetes. Merokok meningkatkan resistensi insulin, yang dapat memperbesar kemungkinan Anda untuk menderita diabetes tipe 2. Jika Anda menderita diabetes, merokok dapat mempercepat kemajuan komplikasi, seperti penyakit ginjal dan masalah mata.
  • Masalah mata. Merokok dapat meningkatkan risiko masalah mata serius seperti katarak dan kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula.
  • Infertilitas dan impotensi. Merokok meningkatkan risiko infertilitas pada wanita dan risiko impotensi pada pria.
  • Kehamilan dan komplikasi bayi baru lahir. Ibu yang merokok saat hamil memiliki risiko tinggi untuk mengalami keguguran, kelahiran prematur, berat lahir rendah dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) pada bayi baru mereka.
  • Dingin, flu dan penyakit lainnya. Perokok lebih rentan terhadap infeksi pernapasan, seperti pilek, flu, dan bronkitis.
  • Melemahkan indra. Merokok melemahkan indra mulai dari indera perasa dan bau, sehingga Anda kemungkinan tidak akan berselera untuk makan.
  • Penyakit gigi dan gusi. Merokok juga dapat dikaitkan dengan meningkatnya risiko berkembangnya radang gusi (gingivitis) dan infeksi gusi serius yang dapat menghancurkan sistem pendukung untuk gigi (periodontitis).
  • Penampilan fisik. Bahan kimia dalam asap tembakau dapat mengubah struktur kulit Anda, menyebabkan penuaan dini dan keriput. Merokok juga menguningkan gigi, jari dan kuku.
    • Risiko untuk keluarga Anda. Pasangan dan mitra dari seorang perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru dan penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak tinggal dengan perokok. Jika Anda merokok, anak-anak Anda akan lebih rentan terhadap sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)?, memburuknya asma, infeksi telinga dan pilek.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Anda bisa memulai perawatan dengan menemui dokter perawatan primer atau dokter umum. Berikut beberapa informasi yang dapat membantu Anda bersiap-siap.

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebagai persiapan untuk konsultasi perdana Anda, pertimbangkan hal berikut :

  • Pertimbangkan pemicu ketergantungan Anda. Buatlah daftar keadaan di mana Anda paling mungkin untuk merokok. Dalam situasi apa merokok menjadi ritual? Apakah ada situasi tertentu ketika Anda cenderung untuk merokok?
  • Buatlah daftar gejala fisik Anda yang mungkin terkait dengan merokok. Termasuk berapa lama gejala tersebut Anda alami.
  • Daftar informasi pribadi kunci. Sertakan tekanan besar atau perubahan dalam kehidupan Anda baru-baru ini.
  • Buatlah daftar semua obat yang Anda ambil. Mencakup vitamin, obat herbal atau suplemen lainnya, beserta dosis masing-masingnya.
  • Mintalah anggota keluarga atau teman untuk menemani Anda ke dokter, jika memungkinkan. Kadang-kadang bisa sulit untuk menyerap semua informasi yang diberikan dokter selama konsultasi. Seseorang yang menemani Anda bisa membantu Anda mengingat sesuatu yang tidak bisa Anda jawab atau lupa.
  • Buatlah daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter. Urutkan daftar pertanyaan Anda dari yang paling penting hingga yang kurang penting untuk mengantisipasi habisnya waktu.

Untuk ketergantungan nikotin, berikut beberapa pertanyaan dasar yang perlu Anda sertakan dalam daftar Anda.

  • Apakah Anda pikir merokok dapat menyebabkan atau memperburuk masalah kesehatan saya yang lain?
  • Apakah masih ada waktu bagi saya untuk mendapatkan keuntungan dari berhenti merokok?
  • Apa pilihan pengobatan yang tampaknya paling membantu dalam situasi saya?
  • Apa yang harus saya lakukan untuk mulai bersiap-siap?
  • Apakah Anda dapat merujuk saya ke spesialis yang dapat membantu saya berhenti merokok?

Jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan lain selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dokter dapat menghemat waktu yang Anda punya. Anda juga bisa menyisihkan sebagian waktu konsultasi untuk membahas hal penting lainnya dengan dokter. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dokter saat konsultasi.

  • Berapa banyak rokok yang Anda merokok setiap hari? Berapa lama setelah bangun Anda merokok?
  • Apakah sebelumnya Anda mencoba untuk berhenti merokok? Jika demikian, apa yang terjadi? Apa langkah yang efektif bagi Anda? Apa yang tidak efektif?
  • Apa yang memotivasi Anda untuk berhenti merokok sekarang?
  • Apakah Anda memiliki masalah kesehatan fisik, seperti penyakit jantung atau diabetes, yang Anda duga terkait dengan merokok?
  • Apakah ada anggota keluarga atau rekan kerja Anda yang merokok dengan Anda?
  • Apakah Anda memiliki keterbatasan gaya hidup yang berhubungan dengan merokok, seperti kesulitan bermain olahraga atau melakukan kegiatan fisik lainnya?
  • Apakah merokok menyebabkan masalah di tempat kerja atau dalam hubungan Anda?
  • Apakah Anda memiliki masalah kesehatan mental, seperti depresi atau kecemasan?
  • Apa kendala terbesar bagi Anda untuk berhenti merokok?
  • Apakah orang yang Anda cintai mendukung usaha Anda untuk berhenti merokok?
  • Seberapa yakin Anda bahwa Anda akan dapat berhenti?

Tes Dan Diagnosis
Dokter mungkin akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada Anda atau meminta Anda untuk mengisi kuesioner agar dokter bisa mengetahui lebih rinci mengenai ketergantungan Anda pada nikotin. Semakin banyak rokok yang Anda hisap setiap hari dan semakin cepat Anda merokok setelah bangun, semakin pula tingat ketergantungan Anda. Mengetahui tingkat ketergantungan Anda terhadap nikotin akan membantu dokter menentukan rencana pengobatan yang terbaik untuk Anda.

Dalam mendiagnosis ketergantungan nikotin, dokter dapat mempertimbangkan kriteria dalam Diagnostic and Statistical Mental Disorders (DSM) yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association. Panduan ini digunakan oleh penyedia kesehatan mental untuk membantu mereka mendiagnosa kondisi dan juga digunakan oleh perusahaan asuransi sebagai dasar perhitungan untuk mengganti biaya pengobatan.

Perawatan Dan Obat-obatan
Merokok adalah satu-satunya penyebab kematian yang paling bisa dicegah di Amerika Serikat. Anda akan merasakan manfaat segera jika Anda berhenti merokok. Perokok muda yang berhenti merokok dapat memiliki harapan hidup yang normal, dan walaupun Anda berhenti merokok saat Anda sudah beranjak tua, Anda masih bisa merasakan manfaatnya. Berhenti merokok akan membuat usia Anda lebih panjang dan meningkatkan kualitas serta harapan hidup Anda.

Menurut laporan dari Surgeon General, setahun setelah berhenti, risiko serangan jantung menurun tajam. Setelah dua sampai lima tahun, risiko stroke Anda dapat berkurang, dan akan berada pada risiko yang sama dengan yang bukan perokok. Dan pada 10 tahun setelahnya, risiko kanker dapat berkurang menjadi sekitar setengah.

Seperti kebanyakan perokok, Anda pasti pernah berusaha setidaknya satu kali untuk berhenti. Tapi orang-orang jarang sekali berhasil berhenti merokok pada upaya pertama – terutama jika Anda mencoba untuk melakukannya tanpa bantuan dari dokter. Kemungkinan Anda untuk berhasil berhenti merokok akan lebih tinggi jika Anda menggunakan obat dan konseling, yang keduanya telah terbukti efektif, terutama jika dikombinasikan.

Obat
Banyak pengobatan, termasuk terapi penggantian nikotin dan obat non-nikotin, yang telah disetujui sebagai pengobatan yang aman dan efektif untuk mengobati ketergantungan nikotin. Menggunakan lebih dari satu obat dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik. Misalnya, menggabungkan obat yang dapat bertindak lebih lama dengan produk pengganti nikotin singkat mungkin akan membawa banyak manfaat. Bicaralah dengan dokter Anda tentang perawatan yang tepat untuk Anda.

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, jika Anda merokok kurang dari 10 batang sehari, atau jika Anda berada di bawah usia 18 tahun, berbicaralah dengan dokter Anda sebelum mengambil produk pengganti nikotin OTC.

Terapi pengganti nikotin
Terapi pengganti nikotin yakni memberikan nikotin yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya lainnya dalam asap tembakau. Banyak orang secara keliru percaya bahwa nikotin lah yang menyebabkan kanker, tapi hal itu tidak benar.

Obat pengganti nikotin, termasuk patch, permen karet, lozenges, semprot hidung dan inhaler, dapat membantu meringankan gejala penarikan dan mengidam yang sulit untuk diatasi. Waktu terbaik untuk mulai menggunakan obat pengganti nikotin dalah pada tanggal yang telah ditetapkan untuk berhenti merokok. Beberapa perokok mulai lebih awal untuk mengurangi konsumsi rokok, dan kemudian mulai secara bertahap benar-benar berhenti merokok.

Berikut ini merupakan produk pengganti nikotin yang banyak tersedia di apotik dan toko obat :

  • Patch nikotin (NicoDerm CQ, Habitrol, dan lain-lain). Patch ini melepaskan nikotin melalui kulit Anda dan ke dalam aliran darah Anda. Anda harus memakai patch baru setiap hari. Masa pengobatan biasanya berlangsung selama delapan minggu atau lebih. Jika Anda belum bisa berhenti merokok sepenuhnya setelah dua minggu pengobatan atau lebih, mintalah kepada dokter Anda untuk membantu menyesuaikan dosis patch atau menambahkan obat lain.
  • Permen karet nikotin (Nicorette, dan lain-lain). Permen ini melepaskan nikotin ke dalam darah melalui selaput mulut Anda. Permen karet nikotin ini tersedia dalam dosis 2 miligram (mg) untuk perokok reguler dan dosis 4 mg bagi perokok berat. Permen karet nikotin sering dianjurkan untuk mengekang keingingan merokok. Kunyah permen karet selama beberapa kali sampai Anda merasa kesemutan ringan atau rasa pedas, kemudian letakkan permen karet tadi di antara pipi dan gusi selama beberapa menit. Mengunyah dan memposisikan permen karet seperti ini memungkinkan nikotin secara bertahap terserap dalam aliran darah Anda. Hindari minum atau makan tepat sebelum, saat menggunakan, atau tepat setelah mengunyah permen karet nikotin. Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah dan menghilangkan kebutuhan akan permen karet dalam waktu sekitar tiga bulan.
  • Permen nikotin (Komit, Nicorette Mini permen). Permen ini larut dalam mulut Anda dan, seperti halnya permen karet nikotin, nikotin dilepaskan melalui selaput mulut Anda. Permen ini tersedia dalam dosis 2 mg untuk perokok reguler dan dosis 4 mg bagi perokok berat. Tempatkan permen di mulut Anda antara gusi dan pipi atau di bawah lidah Anda agar permen tadi mudah larut. Anda bisa mulai dengan satu permen setiap satu sampai dua jam dan secara bertahap meningkatkan selang waktu konsumsi permen pelega tenggorokan ini. Hindari minum apapun sebelum, saat menggunakan atau setelah memakan permen tersebut.

Produk pengganti nikotin berikut ini tersedia dengan resep :

  • Semprot hidung nikotin (Nicotrol NS). Nikotin dalam produk ini, disemprotkan langsung ke setiap lubang hidung, diserap melalui membran hidung ke dalam pembuluh darah Anda. Semprotan hidung memberikan nikotin sedikit lebih cepat daripada permen karet, permen pelega tenggorokan (lozenges) atau patch, tapi tidak secepat merokok. Produk ini biasanya diresepkan untuk periode tiga bulan hingga enam bulan. Efek samping yang mungkin ditimbulkan termasuk iritasi hidung.
  • Inhaler nikotin (Nicotrol). Perangkat ini berbentuk seperti pemegang rokok. Anda menggunakannya dengan cara dihisap, dan melepaskan uap nikotin ke dalam mulut Anda. Anda menyerap nikotin melalui lapisan dalam mulut, di mana nikotin tadi kemudian memasuki aliran darah Anda. Efek samping yang umum ditimbulkan adalah iritasi mulut atau tenggorokan dan batuk sesekali.

Obat non-nikotin
Obat-obatan yang tidak mengandung nikotin meliputi :

  • Bupropion (Zyban, Wellbutrin). Obat antidepresan bupropion ini meningkatkan kadar dopamin dan norepinefrin, bahan kimia otak yang bisa terpengaruh oleh nikotin. Bupropion dapat diresepkan bersamaan dengan patch nikotin. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk memulai bupropion satu minggu sebelum Anda berhenti merokok. Bupropion memiliki keuntungan membantu mengurangi berat badan setelah Anda berhenti merokok. Efek samping yang mungkin timbul termasuk gangguan tidur dan mulut kering. Jika Anda memiliki riwayat kejang atau trauma kepala yang serius, seperti patah tulang tengkorak, Anda tidak diperbolehkan untuk mengambil obat ini.
  • Varenicline (Chantix). Obat ini bekerja pada reseptor nikotin di otak, mengurangi gejala penarikan dan mengurangi perasaan senang yang Anda dapatkan dari merokok. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk memulai penggunaan varenicline satu minggu sebelum Anda berhenti merokok. Potensi efek samping yang mungkin ditimbulkan termasuk mual, sakit kepala, insomnia dan mimpi yang terasa begitu nyata. Terkadang, varenicline juga dikaitkan dengan gejala kejiwaan yang serius, seperti perasaan depresi, agitasi dan pikiran untuk bunuh diri.
  • Nortriptyline (Pamelor). Antidepresan trisiklik ini telah disetujui untuk digunakan sebagai obat untuk membantu seseorang berhenti merokok. Obat ini bekerja dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin otak. Obat ini boleh diresepkan jika obat lain untuk menghentikan penggunaan tembakau tidak dapat membantu. Efek samping yang mungkin ditimbulkan termasuk mulut kering.

Konseling, kelompok pendukung dan program lain
Menggabungkan obat dengan konseling perilaku memberikan kesempatan terbaik untuk membangun perasaan patang merokok dalam jangka panjang. Obat membantu Anda mengatasi gejala penarikan, sementara perawatan perilaku membantu Anda mengembangkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk menghindari tembakau dalam jangka panjang. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk berkonsultasi dengan konselor, semakin baik hasil perawatan yang akan Anda peroleh.

Berikut beberapa jenis konseling dan dukungan yang dapat membantu Anda menyukseskan program berhenti merokok Anda :

  • Konseling telepon. Di manapun Anda tinggal, Anda dapat mengambil keuntungan dari konseling telepon untuk membantu Anda berhenti tembakau. Setiap negara bagian di AS memiliki saluran telepon untuk membantu orang-orang berhenti merokok, dan beberapa negara bagian memiliki lebih dari satu saluran telepon untuk program ini. Untuk menemukan pilihan di negara bagian Anda, hubungi 800-QUIT-NOW (800-784-8669).
  • Program konseling individu atau kelompok. Dokter mungkin merekomendasikan agar Anda bergabung dengan kelompok dukungan lokal atau program pengobatan di mana konseling disediakan oleh dokter spesialis perawatan ketergantungan nikotin. Konseling membantu Anda mempelajari teknik untuk mempersiapkan diri Anda untuk berhenti merokok dan menyediakan dukungan untuk Anda selama proses tersebut. Banyak rumah sakit, rencana perawatan kesehatan, penyedia layanan kesehatan dan pengusaha menawarkan program pengobatan atau memiliki spesialis pengobatan nikotin yang bersertifikat untuk memberikan pengobatan bagi mereka yang memiliki ketergantungan terhadap nikotin. Kelompok Nicotine Anonymous tersedia di banyak lokasi untuk memberikan dukungan bagi perokok yang sedang mencoba untuk berhenti. Beberapa pusat kesehatan menyediakan program perawatan residensial – program pengobatan yang paling intensif yang tersedia.
  • Program berbasis internet. Beberapa situs menawarkan dukungan dan strategi untuk orang-orang yang ingin berhenti merokok. BecomeAnEX ini adalah program berbasis internet gratis dan menyediakan informasi dan teknik serta blog, forum komunitas, forum tanya para langsung kepada ahli dan banyak fitur lainnya. Layanan pesan teks, termasuk pengingat pribadi tentang rencana berhenti merokok, juga bisa membantu.

Metode untuk menghindari keinginan merokok
Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa produk ini dapat bekerja efektif untuk membantu berhenti merokok dan sangat sedikit yang diketahui tentang tingkat keselamatan produk-produk ini.

  • Produk yang mengklaim dapat mencegah merokok. Produk ini termasuk produk yang mengubah rasa tembakau, diet khusus untuk mengekang keinginan nikotin dan kombinasi vitamin yang dipasarkan sebagai alat bantu untuk berhenti merokok.
    • Obat herbal dan suplemen. Bantun homeopati dan suplemen herbal tidak diatur secara jelas oleh Food and Drug Administration (FDA), sehingga produk ini tidak perlu membuktikan efektivitas atau tingkat keselamatannya.
  • Lolipop dan balm nikotin. Produk yang mengandung salisilat nikotin tidak disetujui oleh FDA, dan produk-produk ini menimbulkan risiko jika digunakan secara tidak disengaja oleh anak-anak.
  • Rokok elektrik (e-rokok). Kabut yang mengandung rasa nikotin yang terlihat seperti asap dihembuskan melalui sebuah alat yang terlihat seperti rokok. Tingkat keamanan dan jumlah nikotin yang dilepaskan oleh rokok elektrik ini masih dipertanyakan.
  • Hipnosis. Meskipun tidak ada bukti yang mendukung bahwa penggunaan hipnosis dapat digunakan sebagai perawatan untuk membantu berhenti merokok, beberapa orang mengatakan bahwa mereka merasa terbantu. Jika Anda memilih untuk mencoba metode hipnosis, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dokter mungkin dapat merekomendasikan seorang hipnoterapis terkemuka untuk Anda.

Tembakau jika digunakan dalam bentuk apapun tetap saja tidak aman. Dalam hal ini termasuk penggunaan :

  • Produk tembakau larut. Kantong tembakau, permen nikotin dalam bentuk pelega tenggrokan, strip atau produk lainnya mengandung tembakau dalam jumlah tertentu dan nikotin yang Anda kunyah atau yang larut dalam mulut Anda. Produk tembakau ini digunakan oleh perokok di tempat-tempat di mana merokok tidak diperbolehkan. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa produk tersebut akan membantu Anda berhenti merokok dan sedikit sekali informasi yang diketahui tentang efek kesehatan yang ditimbulkan oleh produk tadi.
  • Tembakau tanpa asap dan snuff (snus). Produk-produk ini mengandung nikotin dalam jumlah yang sama dengan rokok dan meningkatkan risiko kanker mulut dan tenggorokan, penyakit gigi dan gusi, dan masalah kesehatan lainnya.
  • Pipa dan cerutu. Produk ini memiliki risiko serupa terhadap kesehatan, meskipun tidak begitu sering. Jadi, produk ini bukanlah alternatif yang aman bagi para perokok.
  • Hookahs (narghiles). Produk ini berupa pipa air yang membakar tembakau, dan kemudian asapnya dihirup melalui selang. Pipa ini tidak lebih aman daripada rokok. Air tidak menyaring racun dalam asap, dan air dan pipa memiliki risiko penularan infeksi.
  • Rokok berperisa. Rokok kretek (rokok kretek) dan rokok beraroma (bidi) membawa risiko kesehatan yang sama seperti merokok rokok biasa dan dapat menyebabkan masalah kesehatan tambahan. Meskipun rokok jenis ini tidak legal di Amerika Serikat, namun masih tetap tersedia di beberapa negara.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Memiliki rencana untuk mengelola gejala penarikan nikotin merupakan salah satu hal yang penting bagi mereka yang ingin berhenti merokok. Gejala penarikan biasanya paling sering muncul selama minggu pertama setelah Anda berhenti merokok. Gejala tersebut mungkin akan berlanjut selama beberapa minggu, dengan intensitas yang semakin menurun.

Meskipun sebagian besar gejala penarikan nikotin bisa hilang dalam waktu satu bulan, sesekali Anda mungkin akan merasakan dorongan atau keinginan yang kuat untuk merokok beberapa bulan setelah berhenti. Pemicu atau isyarat yang berhubungan dengan merokok dapat memprovokasi dorongan atau keinginan ini.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengelola gejala penarikan nikotin :

  • Berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik secara teratur didapati efektif untuk mengurangi gejala penarikan dan membantu orang-orang berhenti merokok. Olahraga juga membantu menghindari kenaikan berat badan potensial sering dikaitkan dengan berhenti merokok.
  • Menunggu hingga keinginan untuk merokok tersebut hilang. Mengidam atau keinginan mendesak untuk merokok biasanya berlangsung kurang dari lima menit. Cobalah mencuci piring, pergi untuk berjalan-jalan atau makan camilan sehat, seperti wortel, apel atau biji bunga matahari, yang akan membuat mulut Anda tetap sibuk. Kerjakan sesuatu yang membuat tangan Anda sibuk, dan sebelum Anda menyadarinya, dorongan tadi mungkin akan berlalu. Pastikan Anda menyingkirkan persediaan tembakau ketika Anda memutuskan untuk berhenti. Jangan menyimpan persedian untuk berjaga-jaga.
  • Mengidentifikasi rasionalisasi. Jika Anda menemukan diri Anda berpikir, “Saya hanya akan merokok satu kali untuk mengatasi keinginan merokok ini” atau “Hanya satu tidak akan menyakiti,” kenali hal ini sebagai pesan yang bisa menggagalkan rencana Anda. Tinjau alasan Anda untuk berhenti merokok, dan ganti pikiran negatif yang ada tersebut dengan sesuatu yang positif untuk mendukung Anda menghentikan keinginan untuk merokok.
  • Berbicara dengan orang yang dapat memberi Anda dukungan untuk berhenti merokok. Jika Anda merasa cemas atau depresi atau membutuhkan dorongan, tenaga pendukung dapat membantu Anda melalui keinginan yang sulit.
  • Menghindari situasi yang berisiko tinggi. Kenali pemicu Anda, dan tinggallah menjauh dari orang-orang, tempat dan situasi yang dapat menggoda Anda untuk merokok.
  • Jadilah individu yang realistis tentang energi dan waktu yang dibutuhkan untuk berhenti merokok. Sesuaikan jadwal Anda untuk beban kerja yang lebih ringan. Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan atau bersantai.
  • Makan teratur, makan makanan yang sehat. Sertakan banyak buah-buahan dan sayuran, dan minum lebih banyak air.

Penanganan Dan Dukungan
Agar Anda bisa tetap bebas asap rokok dalam jangka panjang, pertimbangkan tips berikut ini :

  • Tetap termotivasi. Putuskan untuk berhenti, pilih tanggal dan buat rencana untuk mewujudkannya. Mulailah dengan berpikir tentang perasaan campur aduk yang mungkin Anda miliki tentang merokok. Kemudian tuliskan daftar alasan yang Anda miliki untuk berhenti merokok.
  • Jangan berkecil hati jika Anda gagal. Sangatlah umum jika awalnya Anda berhasil untuk berhenti, namun kemudian ada keinginan untuk merokok kembali. Tapi Anda perlu ingat bahwa tujuan pengobatan Anda adalah untuk tidak merokok sama sekali – bahkan merokok sedikit atau sesekali saja sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Anda bisa belajar dari pengalaman masa lalu tentang apa yang mungkin menyebabkan selang atau kambuhnya keinginan merokok Anda. Berbekal pengetahuan itu, Anda akan lebih mungkin berhasil pada upaya selanjutnya.
  • Mengidentifikasi pemicu merokok utama dan tantangan yang Anda hadapi saat berusaha berhenti. Ini akan membantu Anda memecahkan masalah dan mempersiapkan rencana untuk menghadapi situasi yang berisiko tinggi.
  • Mencari dukungan sosial. Dukungan sosial adalah kunci agar Anda bisa benar-benar bisa berhenti merokok sepenuhnya. Mintalah keluarga, teman dan rekan kerja untuk senantiasa mendukung dan menyokong usaha Anda untuk berhenti. Mintalah dukungan dan bantuan secara langsung agar mereka tahu apa yang Anda butuhkan.
  • Praktekkan self-talk positif. Pikirkan satu atau dua frase untuk digunakan berulang kali sebagai bentuk dorongan bagi diri Anda, seperti “Saya bersyukur jika bebas dari rokok.”
  • Tetapkan area bebas asap rokok di rumah Anda. Jika ada perokok lain di rumah Anda, Anda bisa menetapkan batas-batas dengan membuat rumah dan mobil Anda bebas asap rokok. Mintalah rekan kerja Anda yang merokok untuk tidak menawarkan rokok kepada Anda atau mengundang Anda ke luar untuk merokok di waktu istirahat.
  • Tinjau manfaat yang Anda dapatkan dari berhenti merokok secara rutin. Keuntungan jangka pendek termasuk bernapas lebih mudah, menghemat uang dan pakaian Anda akan bearoma lebih baik dari sebelumnya. Keuntungan jangka panjang yang diperoleh termasuk risiko penyakit yang jauh lebih rendah, meningkatkan peluang untuk hidup lebih lama dan lingkungan yang sehat bagi keluarga Anda. Dan tambahkan berapa banyak uang yang sudah Anda simpan sejak berhenti merokok.
  • Hindari alkohol. Minum adalah situasi yang berisiko tinggi. Hindari situasi yang dapat memicu Anda minum minuman beralkohol sampai Anda benar-benar yakin bahwa Anda dapat tetap jauh dari merokok dan asap rokok.
  • Hibur diri Anda. Cobalah untuk membeli majalah, pergi ke taman, bertemu teman untuk makan siang atau mengambil kursus tertentu.

PENCEGAHAN
Cara terbaik untuk mencegah ketergantungan nikotin adalah untuk tidak merokok sama sekali. Cara terbaik untuk mencegah anak-anak Anda dari bahaya merokok adalah dengan tidak merokok. Jika Anda orang tua yang merokok, akan semakin muda usia anak-anak Anda ketika Anda berhenti, semakin kecil kemungkinan mereka menjadi perokok.

Bahkan jika Anda tidak merokok, berikut beberapa hal yang mungkin bisa Anda coba sebagai orang tua :

  • Beri tahu anak-anak pentingnya lingkungan bebas asap rokok. Tunjukkan dukungan terhadap undang-undang untuk membuat semua tempat kerja bebas dari asap rokok. Anda juga bisa membantu menjaga agar tempat umum selalu bebas asap rokok, termasuk restoran atau tempat-tempat lain di mana remaja Anda mungkin berkumpul atau bekerja.
  • Mendukung Undang-undang untuk meningkatkan pajak atas produk tembakau. Harga rokok yang tinggi bisa mencegah remaja agar jauh dari bahaya merokok. Menetapkan produk tembakau dengan harga yang lebih tinggi, ditambah dengan undang-undang agar semua tempat kerja bebas dari asap rokok, adalah kebijakan kesehatan publik yang paling efektif untuk mengurangi kebiasaan merokok pada orang dewasa dan mencegah anak-anak sebelumnya mereka akhirnya mulai mencoba merokok.
  • Berdiskusilah dengan anak remaja Anda. Tanyakan apakah teman-teman mereka merokok. Kebanyakan remaja merokok rokok pertama kalinya saat mereka berkumpul dengan seorang teman yang sudah menjadi perokok. Beri tahu anak Anda tahu tentang bentuk-bentuk lain dari produk tembakau, termasuk cerutu dan tembakau tanpa asap, yang juga membawa risiko kesehatan yang signifikan.
  • Cari tahu apa pendapat anak-anak Anda tentang merokok. Mintalah mereka untuk membaca artikel ini sehingga Anda dapat membahasnya bersama-sama. Anda mempengaruhi pikiran anak Anda tentang merokok secara signifikan, meskipun apa yang mereka lihat di film dan di Internet sangatlah berbeda.
  • Bantu anak-anak Anda mengeksplorasi perasaan pribadi mereka. Gunakan pertanyaan yang bersifat tidak menghakimi dan ajarkan mereka bagaimana cara yang efektif untuk menangani situasi sulit tentang tekanan teman sebaya dan bahaya merokok.
  • Catat dampak social yang ditimbulkan oleh merokok. Ingatkan anak remaja Anda bahwa merokok membuat mulut mereka berbau dan begitu juga dengan rambut dan pakaian mereka.
  • Bekerja sama dengan sekolah anak-anak Anda. Anda direkomendasikan untuk berpartisipasi aktif dalam program berhenti merokok yang digalang di masyarakat dan sekolah anak Anda.