Keterkaitan Kesehatan Gigi dan Kehamilan

SehatFresh.com – Masa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi setiap calon ibu. Selain mengalami perubahan secara fisik, ibu juga akan mengalami perubahan hormonal dan perilaku yang akan berpengaruh pada kondisi fisik dan mental ibu. Hal-hal tersebut juga akan berdampak pada kondisi gigi dan mulut. Selama masa kehamilan, sering kali calon ibu mengalami keluhan pada gigi dan mulut. Terkadang masalah tersebut dialami karena memang sudah mengalami masalah pada gigi sebelumnya dan menjadi bertambah parah ketika hamil.

Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon yang signifikan. Jumlah hormon progesteron akan mengalami peningkatan dan hal ini membawa dampak yang besar pada kondisi rongga mulut. Hal ini membuat jaringan lunak pada mulut menjadi lebih rentan terhadap peradangan, terutama peradangan pada gusi (gingivitis). Gusi yang mengalami peradangan menjadi membengkak, berwarna merah terang, dan mudah berdarah. Penyebab utama dari radang gusi ini adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Oleh karena itu, ibu hamil yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya akan semakin beresiko mengalami radang gusi, meski tingkat keparahannya pada setiap individu berbeda-beda.

Di masa kehamilan, para ibu hamil juga umumnya menjadi mudah lapar dan cenderung makan dan minum lebih banyak sepanjang hari. Tidak jarang banyak juga para ibu yang memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi makanan tertentu saat sedang hamil. Jika makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gula yang tinggi, maka risiko terjadinya karies gigi akan meningkat. Karies gigi yang berlanjut menjadi lubang pada gigi jika dibiarkan semakin dalam akan menyebabkan sakit gigi, yang pada akhirnya berpotensi menimbulkan infeksi yang terus berlanjut ke jaringan gigi lainnya.

Ternyata, ada keterkaitan antara kehamilan dan kesehatan gigi. Berbagai penelitian telah menunjukkan hubungan kebersihan mulut yang buruk pada ibu hamil dengan kelahiran bayi prematur atau berat badan lahir bayi kurang dari normal. Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan gigi, jumlah bakteri yang berkembang dan menyebar di mulut semakin bertambah. Bila bakteri ini masuk ke dalam aliran tubuh melalui pendarahan pada gusi, maka dikawatirkan bakteri ini dapat masuk ke dalam aliran darah yang diperlukan oleh janin.

Maka dari itu, kebersihan gigi dan mulut sangat penting untuk diperhatikan oleh siapa pun tidak terkecuali ibu hamil. Pada ibu hamil, kesehatan mulut dan gigi sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum menikah. Hal ini dikarenakan akan berdampak pada perkembangan janin di masa kehamilan. Oleh karena itu, ibu harus menerapkan praktek kebersihan gigi dan mulut dengan benar serta rutin melakukan pemeriksaan gigi sebelum hamil, saat kehamilan maupun setelahnya.

Sumber gambar : fjb.kaskus.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY