Keterkaitan Testosterone Dan Jerawat

SehatFresh.com – Testosteron adalah hormon steroid pria yang dikenal sebagai androgen. Selain menjalankan fungsi hormon seks, hormon ini juga ternyata bertanggung jawab dibalik kemunculan berbagai jerawat. Dalam pori-pori kulit, terdapat kelenjar kecil yang menghasilkan jenis minyak yang disebut sebum. Pada dasarnya, sebum ini membantu membawa sel-sel kulit mati dari folikel ke permukaan kulit. Bila produksi sebum berlebih, folikel bisa tersumbat dan akhirnya muncul jerawat. Dan menurut artikel yang diterbitkan “Medical News Today” pada tahun 2009, testosteron dapat meningkatkan produksi sebum.

Bila testosteron menyebabkan jerawat, dan testosteron adalah hormon pria, lalu mengapa wanita juga diserang masalah jerawat? Meski pria menghasilkan 40 hingga 60 kali lebih banyak testosteron, ovarium wanita juga memproduksinya. Selain itu, tubuh wanita juga memproduksi androgen lainnya, yang pada gilirannya bisa memperburuk jerawat.

Masa remaja dan jerawat berjalan beriringan karena peningkatan hormon yang menyertainya. Namun, jerawat juga muncul pada masa-masa tertentu seperti sebelum siklus menstruasi pada wanita dan selama kehamilan. Hal ini dikarenakan keseimbangan hormon pada wanita berubah secara drastis pada waktu-waktu tersebut.

Menurut buku “The Clear Skin Diet”, yang ditulis Alan C. Logan dan ahli nutrisi Valori Treloar, dari Harvard Medical School, sangat mungkin untuk memperbaiki kondisi kulit berjerawat dengan memanipulasi kadar testosteron dalam tubuh. Salah satu caranya dengan menghindari produk susu. Pasalnya, banyak produk susu yang dibuat dari susu sapi hamil yang berisi hormon, di mana pada tubuh manusia akan diubah menjadi hormon yang setara dengan testosteron. Jerawat juga dapat dikendalikan dengan meminimalkan asupan gula dan pati. Gula merupakan jalan naik produksi hormon yang memiliki berbagai efek pada tubuh (insulin). Insulin melesatkan produksi androgen. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada jerawat.

Beberapa obat jerawat bekerja dengan menghambat androgen seperti testosteron. Salah satunya adalah spironolactone, atau lebih dikenal dengan aldactone. Menurut acne.org, sprionolactone yang seringkali diresepkan sebagai obat jantung, juga dapat meringankan jerawat terutama pada wanita. Obat lainnya adalah Cyproterone asetat (dijual sebagai Androcur dan Cyprostat), yang mencegah aktivitas testosteron dengan menghalangi sensor selular untuk hormon. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati masalah hiperseksualitas dan kanker prostat.
Menurut mayoclinic.com, pil KB juga dapat membantu meredakan jerawat. Kebanyakan pil KB mengandung kombinasi estrogen dan progestin. Estrogen adalah hormon yang memperlambat produksi sebum, dan dengan demikian dapat membantu membersihkan jerawat.

Sumber gambar : www.inforiatif.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY