Keuntungan Hubungan Seks pada Lansia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dapat menikmati hubungan seks sampai usia lanjut adalah keinginan semua orang namun kondisi tersebut sulit didapatkan karena umumnya kemampuan seksual semakin berkurang dengan usia yang semakin bertambah. Sebagian orang pun beranggapan bahwa seks bagi lansia sudah berakhir karena faktor usia dan kekuatan tubuh yang semakin berkurang. Pemikiran seperti ini sungguh tidak tepat. Mereka yang sudah lanjut usia tetap bisa memiliki kehidupan seks yang menyenangkan layaknya pasangan muda.

Semua orang yang sudah menikah tahu bahwa seks adalah aktifitas yang menyenangkan, selain menyenangkan melakukan hubungan seks ternyata dapat menyehatkan tubuh. Tak terkecuali bagi mereka yang sudah berusia tua diatas 50 tahun seks juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatannya, seperti: tidur lebih nyenyak, meningkatkan imunitas tubuh, mengurngi resiko serangan jantung, mengurangi resiko kanker porstat, memperkuat otot panggul, mengurangi rasa sakit, dan manfaat lainya.

Hubungan seks yang dilakukan secara rutin selain berdampak baik pada kesehatan juga dapat mempererat hubungan pasangan sampai usia lanjut. University of Pittsburgh dan University of North Carolina mengevaluasi 59 wanita yang mengalami pramenopause. Mereka diamati sebelum dan sesudah bermesraan dengan pasangannya. Menemukan bahwa semakin sering ekspresi rasa sayang diekspresikan melalui kontak fisik, hormon oksitosin ikut naik, ini adalah hormon cinta yang membangun ketertarikan dan kepercayaan dalam satu pasangan.

Walaupun ada banyak persoalan seputar kekuatan vitalitas ataupun masa menopause pada perempuan asalkan Anda memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup seputar seks, Anda akan terus dapat menikmati sex hingga usia tua.

Penuaan adalah proses yang tidak bisa dihindari karena ini adalah proses alami yang dialami manusia yang tidak bisa ditolak, tetapi sesungguhnya usia yang semakin bertambah memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan seks. Hal inilah yang terkadang dilupakan oleh mereka yang masuk dalam kategori lansia. Berikut ini keuntungan-keuntungan yang perlu diingat lansia dalam melakukan hubungan seksual. Keuntungan-keuntungan ini dapat dimanfaatkan agar kehidupan seks menyenangkan, antara lain:

  • Tak ada beban pikiran. Pada lansia tentu sudah tidak lagi memikirkan tentang beban pekerjaan dan anak-anak. Keadaan ini tentu membuat pikiran menjadi lebih santai. Keadaan ini semestinya dimanfaatkan untuk menikmati kehidupan seks di usia senja dengan pasangan.
  • Tidak khawatir hamil. Di masa produktif, pasangan suami istri yang mengandalkan KB berdasarkan kalender tentu harus berhati-hati dalam bercinta. Kekhawatiran terjadinya pembuahan membuat pasangan suami istri tak bisa bercinta sewaktu-waktu. Mereka harus memperhatikan masa subur dan masa tidak subur. Keadaan ini tentunya sudah tidak terjadi lagi pada lansia. Memasuki usia senja, pasangan suami istri tak perlu lagi khawatir terjadi pembuahan yang tidak diharapkan. Karena itulah kaum lansia bebas bercinta kapan saja.
  • Tidak ada gangguan. Pasangan suami istri di usia muda sering kali harus mencari waktu yang tepat untuk bercinta agar bebas dari gangguan anak-anak. Keadaan ini tentunya tidak lagi terjadi pada pasangan lansia yang tinggal berdua saja. Mereka bisa bercinta setiap saat tanpa ada gangguan dari anak-anak atau cucu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY