Keuntungan Menjadi Vegetarian

SehatFresh.com – Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan, tidak mengonsumsi makanan seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi makanan laut seperti ikan, atau produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu (Wikipedia).

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang menjadi vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami obesitas, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Semua pola makan vegetarian, meskipun ada yang masih mengandung telur dan produk susu, tetap mengacu pada kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang lebih sedikit, dan lebih banyak karbohidrat kompleks, serat, magnesium, asam folat, vitamin C, dan viatamin E.

Lalu, manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi vegetarian? Berikut ulasannya :

  • Meningkatkan Kesehatan Usus

Keuntungan pertama dengan menjadi vegetarian adalah memiliki perut yang sehat. Mengonsumsi banyak sayuran dan buah berarti semakin banyak serat yang dikonsumsi, sehingga membuat usus besar tetap bersih. Selain baik bagi pencernaan, menjadi vegetarian juga bisa menghindarkan tubuh dari bahaya lemak jahat. Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan lemak yang sangat baik dan tidak membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, menjadi vegetarian dapat membuat tekanan darah tetap pada tingkat normal dan membuat jantung selalu dalam kondisi sehat.

  • Menghindarkan Diri dari Penyakit

Radikal bebas di lingkungan sekitar dapat bereaksi dengan organ-organ vital di dalam tubuh dan mempercepat kelumpuhan organ-organ vital tersebut. Untuk menangkal radikal bebas, maka diperlukan antioksidan, serat, dan vitamin yang bisa diperoleh dari biji-bijian, buah, dan sayuran. Suatu studi membandingkan risiko penyakit anatara orang vegetarian dan pemakan daging. Hasilnya ternyata, menjadi vegetarian dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research juga menemukan bahwa menjadi vegetarian bisa mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium.

  • Menyehatkan Pikiran

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, menjadi vegetarian juga memberi dampak positif terhadap kesehatan pikiran. Sebuah studi menemukan bahwa asupan sayuran yang tinggi dapat menghasilkan lebih banyak energi dan berdampak positif pada suasana hati lainnya.

  • Meningkatkan Hormon Seksual

Nutrisi nabati yang didapat dari sayuran atau buah-buahan seperti stroberi, kacang almon, ubi, dan semangka, dipercaya bermanfaat meningkatkan libido dan hormon seskual. Sebuah studi menemukan bahwa bau tubuh seorang vegetarian diakui lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan mereka yang sering memakan daging.

  • Membuat Kulit Lebih Sehat

Sering mengonsumsi sayur dan buah juga berkontribusi terhadap kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan mineral serta antioksidan yang terdapat dalam buah dan sayur dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit. Dengan mengonsumsi sayuran segar, tubuh juga terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa AGEs ini muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi. Sebuah studi menemukan bahwa zat AGEs telah dikaitkan dengan penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut.

Diet vegetarian juga sering direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Faktanya, orang yang menjalani gaya hidup ala vegetarian cenderung memiliki berat badan yang ideal dibandingkan dengan mereka yang masih mengonsumsi daging. Namun sama seperti diet lainnya, Anda harus tetap menjaga porsi  makan dan berhati-hati untuk tidak memilih produk yang melewati tahapan proses produksi  relatif lama seperti makanan  kalengan.

Sumber gambar : youthevegetarian.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here