Khasiat Air Tebu untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sedikit dari kandungan yang terdapat dari tebu diantaranya gula, zat besi, fosfor, tembaga, lemak, protein, kalsium dan masih banyak lagi. Lantas apa saja sih manfaat air tebu yang dapat menjadi patokan kita agar dapat memilah-milah mana minuman yang baik untuk kesehatan tubuh? Berikut uraiannya

  1. Obat untuk penyakit kuning (lever)

Air tebu dapat dijadikan salah satu obat tradisional untuk mengobati penyakit kuning karena air tebu berfungsi untuk mengembalikan kekuatan fungsi hati.

  1. Untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal

Batu ginjal terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Air tebu dapat menghidrasi tubuh yang mengalami dehidrasi karen air tebu mengandung protein yang cukup tinggi sehingga darah dan air yang terdapat dalam ginjal terserap dengan baik. Selain itu air tebu mengandung alkali yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya penyakit ginjal.

  1. Mencegah kerusakan gigi

Air tebu memiliki kandungan mineral sangat tinggi yang bermanfaat efektif untuk mengobati kerusakan gigi dan bau mulut. Apabila air tebu anda konsumsi secara teratur maka hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih.

  1. Mencegah penyakit lambung

Kandungan kalium yang terdapat didalam air tebu sangatlah tinggi. Kalium berfungsi untuk mengendalikan otot dan syaraf serta menjaga kesehatan. Kandungan kalium yang terdapat didalam air tebu dapat mengatasi infeksi yang terjadi pada lambung. Selain itu air tebu dapat mengatasi berbagai jenis masalah pencernaan seperti diare atau sembelit.

  1. mencegah penyakit stroke

Apabila anda mengkonsumsi air tebu secara rutin kebiasaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sehingga dapat membantu terhindar dari penyakit stroke.

  1. Menjaga kecantikan kulit

Air tebu terbukti memiliki kandungan senyawa yaitu asam alpha yang berfungsi untuk mencegah penuan dini, mencegah jerawat, dan menjaga kulit agar tetap lembut. Asam glikolat yang terkandung di dalam air tebu dapat mencegah terjadinya kulit kusam dan berminyak. Sehingga air tebu dapat dijadikan sebagai

  1. Mencegah kanker

Air tebu dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru-paru dan kanker prostat karena didalam air tebu terdapat kandungan alkali yang dapat mengobati penyakit kanker

  1. Mengobati mimisan

Air tebu dapat dijadikan obat tradisional untuk mengatasi mimisan. Cara penggunaanya yaitu bagian ujung tebu di potong dan rebus menggunakan air secukupnya, tambahkan gula jawa dan garam secukupnya, tunggu sampai mendidih lalu matikan dan anda dapat meminumnya saat air rebusan tersebut sudah dingin.

  1. Baik bagi penderita diabetes

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes tentunya harus pandai dalam memilih makanan dan minuman karena oran tersebut harus menghindari makanan atau minuman yang manis. Akan tetapi air tebu memiliki kandungan glukosa yang baik dan aman untuk di konsumsi seseorang yang menderita diabetes. Air tebu juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Meningkatkan pasokan energi tubuh

Kandungan senyawa aktif dan glukosa alami yang terdapat di dalam air tebu bermanfaat untuk meningkatkan energi. Senyawa eletrolit dan glukosa dalam air tebu dapat mendorong metabolisme dan air tebu salah satu jenis tumbuhan yang berfungsi menambah energi paling besar terutama pada saat musim panas.

Selain 10 manfaat yang telah dijelaskan diatas air tebu juga dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai obat tradisional untuk penyakit flu dan batuh, demam, mengotrol sirkulasi darah, memberikan tenaga yang lebih besar, mengatasi masalah kesehatan kuku dan mengobati masuk angin. Selain itu air tebu memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, fosfor, zat besi, kalium, kalsium dan magnesium. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here