Khasiat Bawang Putih untuk Pria

www.sehatfres.com

SehatFresh.com – Meskipun baunya cukup tajam, bawang putih menawarkan berbagai manfaat kesehatan karena fitokimia yang dikandungnya berefek positif untuk tubuh. Banyak pula penelitian yang membuktikannya. Baik itu pria maupun wanita, keduanya dapat mengambil manfaat sehat dari bawang putih. Namun, bumbu dapur ini mungkin sangat membantu para pria yang berisiko terkena gangguan kronis tertentu akibat gaya hidup tak sehat dan masalah yang berkaitan dengan seksualitas.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular. Beberapa senyawa dalam bawang putih adalah antioksidan yang membantu tubuh membersihkan diri dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Molekul ini terbentuk selama proses pencernaan atau setelah terpapar racun. Radikal bebas dapat meningkatkan risiko aterosklerosis, atau pengerasan arteri yang dari waktu ke waktu mengarah ke pengembangan penyakit jantung koroner. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat pengencer darah yang dapat memperlambat pembentukan gumpalan darah sehingga membantu menurunkan risiko stroke dan masalah peredaran darah lainnya.
  • Mendongkrak daya tahan tubuh. Senyawa yang terkandung dalam bawang putih merupakan antibiotik alami yang diyakini dapat memberikan efek positif pada sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu menangkal atau mempercepat pemulihan dari penyakit. Senyawa-senyawa dalam bawang putih mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan merangsang sel yang disebut t-limfosit dan makrofag untuk meningkatkan jumlah dan menjadi lebih aktif guna membantu melawan patogen yang berpotensi membahayakan kesehatan.
  • Terapi rambut rontok. Kebotakan cukup sering dikeluhkan oleh para pria. Bawang putih tinggi akan kandungan sulfur dan ini sangat bermanfaat untuk rambut. Manfaat bawang putih untuk mengatasi rambut rontok terbukti oleh penelitian yang dipublikasikan tahun 2007 dalam jurnal “Indian Journal of Dermatology, Venerology and Leprology”. Tim peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan gel bawang putih secara topikal pada area kerontokan dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan pertumbuhan rambut baru yang lebih lebat.
  • Mencegah kanker prostat. Senyawa dalam bawang putih mungkin memiliki sifat anti-kanker yang signifikan, membantu melindungi Anda dari beberapa jenis kanker, seperti perut, usus besar, dan prostat. Menurut hasil studi yang publikasikan dalam jurnal “Nutrition and Cancer” tahun 2010, tim peneliti dari Tehran University of Medicine telah mengevaluasi hubungan antara diet dan risiko kanker prostat. Mereka menyimpulkan bahwa diet kaya bawang putih dan tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat, sedangkan diet tinggi lemak meningkatkan kemungkinan pengembangan kondisi ini.
  • Membuat pria menjadi lebih atraktif. Baru-baru ini, studi dari University of Stirling, UK, yang dipublikasikan dalam jurnal “Appetite” November 2015, menyebutkan bahwa pria yang makan bawang putih memiliki bau yang lebih menyenangkan dan menarik bagi lawan jenis Ini tidak terkait dengan bau napasnya, tapi bau badannya. Begitu dicerna, bawang putih secara sederhana menghasilkan bukti reaksi kimia dalam keringat pria dan ini menarik bagi wanita, setidaknya pada beberapa wanita.
  • Mengatasi disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi terkait dengan kurangnya aliran darah. Ereksi membutuhkan pelebaran pembuluh darah ke dalam penis guna memungkinkan darah ekstra mengalir ke organ seks ketika ada rangsangan seksual. Ada banyak hal yang menyebabkan terganggunya aliran darah ini, diantaranya penuaan dan arteri tersumbat. Bila kurangnya aliran darah hanyalah tanda penuaan normal, bawang putih mungkin dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi Anda. Bawang putih telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Zat allicin adalah bahan utama dalam bawang putih yang memberikan manfaat ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY