Khasiat Buah Delima untuk Mempertahankan Kekuatan Otot

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa sangka jika buah delima (punica granatum) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan masnuia? Salah satu manfaat dari buah ini adalah mampu mempertahankan kekuatan otot tubuh. Penasaran dengan uraiannya? Ini penjelasannya!

Sekilas tentang tanaman delima

Demila merupakan tanaman buah-buahan yang bisa tumbuh mencapai 5 hingga 8 meter. banyak referensi menyebutkan jika delima berasal dari wilayah Timur Tengah. Kemudian tersebar di daerah-daerah subtropik hingga tropik. Tumbuhan ini sangat cocok pada tanah gembur yang tidak digenangi air.

Di Indonesia buah delima biasanya ditanam pada kebun-kebun sebagai tanaman obat, tanaman hias, atau memang sengaja untuk dikonsumsi buahnya. Batang tanaman delima berkayu, rantingnya bersegi, bercabang banyak, memiliki duri di ketiak daun, kemudian berwarna cokelat saat masih muda namun berubah menjadi hijau setelah menginjak tua.

Daun dari tanaman delima bertangkai pendek dan berkelompok dengan warna hijau. Helaian daunnya berbentuk lonjong hingga lanset, kemudian pangkal lancip, ujungnya tumpul, tepinya rata, permukaannya mengkilap, serta panjangnya sekitar 1–9 cm dengan lebar 0,5–2,5 cm.

Sementara itu buah delima berbentuk bulat dengan diameter sekitar 5–12 cm. Warna kulit buahnya beragam bisa putih, hijau keunguan, cokelat kemerahan, hingga ungu kehitaman. Kadang-kadang dijumpai bercak yang menonjol dengan warna tebih tua. Buah delima memiliki biji yang cukup banyak dengan bentuk bulat panjang dan bersegi agak pipih.

Khasiat buah delima untuk mempertahankan kekuatan otot

Buah delima mempunyai kandungan yang mampu mempertahankan kekuatan otot. Hal tersebut diketahui setelah para ilmuwan menguji khasiat buah delima melalui kajian ilmiah. Dari hasil penelitian, terbukti jika buah delima mampu mengurangi penuaan pada otot.

Tentu saja kondisi ini dapat membantu dalam mencegah lansia yang sakit akibat terjatuh atau sebagai pencegahan jangka panjang bagi orang-orang yang masih muda. Lantas apa rahasia dari buah delima yang bisa membantu dalam mempertahankan kekuatan otot?

Rupanya rahasia itu terletak pada kemampuan buah delima dalam menjaga mitokondria, yakni “baterai” kecil yang terdapat di dalam sel manusia untuk terisi penuh. Normalnya mitokondria akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Kemudian mitokondria menjadi kurang efektif, sehingga menyebabkan otot menjadi lemah.

Disatu sisi kimiawi yang terkandung dalam delima dapat diubah oleh bakteri di usus menjadi senyawa yang diistilahkan urolithin A. Kemudian Urolithin A membantu tubuh untuk memperbaiki mitokondira, sekaligus mempertahankan otot dan mencegah penuaan.

Buah delima memang sudah lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain dapat mempertahankan otot, buah delima juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Tidak berlebihan jika akhirnya jus buah delima menjadi minuman yang sangat populer, khususnya dalam menu sarapan di dunia Barat. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here