Khasiat Buah Melon Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Buah melon memiliki nama latin Cucumis melo dan termasuk ke dalam famili Cucurbitaceae. Buah melon memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan dan sekitar 95% mengandung air. Berdasarkan hasil penelitian dari USDA Nutrient menyatakan bahwa melon memiliki kandungan vitamin A, C, E, K dan niasin.

Selain itu buah melon mengandung kalsium, kalium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan dan seng. Berikut ini beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan, antara lain :

  1. Mencukupi kebutuhan cairan

Buah melon memiliki rasa yang segar karena didalamnya hamir 95% mengandung air. Kandungan tersebut cukup untuk membantu cairan tubuh anda yang dibarengi dengan mengkonsumsi air putih sehingga buah melon dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Buah melon memiliki kandungan C yang cukup untuk mendukung produksi kolagen. Kolagen merupakan jenis protein yang berfungsi untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit agar kulit tetap segar, meremajakan kulit, dan terlihat lebih cerah serta menghindakan terjadinya penuaan dini.

  1. Menjaga kesehatan mata

Buah melon memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga para ahli menyarankan untuk mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan mata selain wortel. Selain itu buah melon memiliki dua jenis kandungan antioksidan berupa  lutein dan zeaxanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah resiko buram karena faktor usia.

  1. Menjaga sistem pencernaan

Selain vitamin buah melon juga memiliki kandungan serat yang cukup untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan anda.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan vitamin K, magnesium dan folat yang terdapat buah melon dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang anda.

  1. Anti kanker

Menurut Health Beckon menyatakan bahwa mengkonsumsi buah melon secara rutin setiap hari dapat mencegah dan membunuh benih kanker yang menyerang tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan stroke

Kandungan antikoagulasi berupa adenosin dalam buah melon dapat bermanfaat untuk menghentikan pembekuan sel darah merah yang sering kali menjadi penyebab penyakit kardiovaskular.

  1. Mengatasi hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi dimana angkanya mencapai > 140/90 mmHg. Buah melon memiliki kandungan natrium yang rendah dan kalium yang tinggi sehingga dapat mengatasi penyakit hipertensi.

  1. Meredakan panas dalam

Kandungan air sekitar 95% dalam buah melon dapat memberikan efek menyejukan sehingga buah melon dapat mengatasi kondisi panas dalam.

  1. Menurunkan berat badan

Buah melon bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena buah ini tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol. Kandungan air yang cukup tinggi dalam buah melon akan memberikan efek kenyang sehingga cocok dijadikan menu untuk melakukan diet.

  1. Mengatasi rambut rontok

Kandungan vitamin A dalam buah melon selain dapat menjaga kesehatan mata, dapat pula bermanfaat untuk memperbaiki pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here