Khasiat Buah Mengkudu untuk Daya Tahan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda pernah mengonsumsi buah mengkudu? Mungkin, sebagian orang jangankan memakannya, mendengarnya pun masih samar-samar. Buah mengkudu atau pace memang kurang familiar. Tapi khasiatnya baik untuk daya tahan tubuh.

Buah mengkudu relatif kurang disukai orang karena aromanya yang tidak enak dan rasanya sedikit pahit. Namun, belakangan buah ini jadi andalan sebagai suplemen dan obat yang bisa menumpas beragam jenis penyakit.

Tanaman liar khas Indonesia ini bisa tumbuh hampir di mana saja, termasuk halaman rumah. Tinggi pohonnya bisa mencapai delapan meter. Daunnya tebal dan lebar. Buahnya berbentuk lonjong dan berwarna hijau kekuningan. Ciri khasnya ialah adanya totol-totol pada permukaan kulitnya. Kalau sudah tua, buah ini berwarna kuning dan aromanya langu.

Mengkudu memiliki sumber karbohidrat, tinggi vitamin A, vitamin C, zat besi, dan niasin. Daging buahnya rendah lemak dan tinggi protein. Nutrisi inilah yang sangat dipelukan tubuh untuk tetap fit.

Mengkudu memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satunya sebagai daya tahan tubuh. Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Semua nutrisi yang terkandung ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga karena adanya kandungan yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus. Kandungan vitamin C, E, asam amino, mineral serta enzim pada mengkudu dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh yang tinggi tentunya akan sanggup menghindari seseorang dari berbagai serangan penyakit.

Terkait daya tahan tubuh, khasiat mengkudu lainnya ialah sebagai antioksidan. Penelitian menunjukkan, minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab, buah mengkudu kaya akan antioksidan alami, seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

Selain itu, sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan risiko terkena serangan jantung. Tidak hanya itu, kandungan senyawa, seperti antrakuinon, skopoletin, dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur, dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.

Buah mengkudu juga bersifat analgesik. Maksudnya, buah yang satu ini dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi. Konon, sejak dulu banyak orang yang menggunakan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Jadi, mulai sekarang seringlah mengonsumsi mengkudu karena banyak khasiatnya, terutama sebagai daya tahan tubuh. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here