Khasiat dan Efek Samping Teh Hitam Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebiasaan mengonsumsi teh orang Indonesia sudah diwariskan sejak jaman dahulu. Di Indonesia sendiri mengenal tiga jenis teh yakni teh hijau, hitam dan putih. Ketiganya berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Letak perbedaannya adalah pada proses pembuatannya. Teh hijau dapat dikonsumsi tanpa harus melalui proses fermentasi dan penghancuran, sedangkan teh putih dan teh hitam harus dilakukan proses penghancuran dan fermentasi terlebih dahulu. Lalu mengapa teh hitam bisa berbeda dengan teh hijau dan teh putih? Mari kita bahas lebih lanjut tentang teh hitam dan khasiatnya untuk kesehatan.

Dalam proses pembuatan teh hitam terjadi proses oksidasi di dalamnya, sehingga mampu membuat teh hitam bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan teh hijau dan teh putih. Proses oksidasi teh hitam selama penghancuran dan fermentasi cukup banyak, sehingga teh hitam memiliki warna dan rasa yang berbeda dan lebih tajam dengan teh jenis lain, termasuk juga kadarnya lebih tinggi dari kafein.

Tak hanya itu, kandungan lain seperti kursetin dan flavonoid yang terdapat di dalam teh hitam dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan sejak jaman dahulu hingga saat ini. Kita bisa lihat tradisi masyarakat di Indonesia saat ada acara-acara besar seperti hajatan, pertemuan-pertemuan, dan momen hari besar agama, suguhan untuk minuman adalah teh hitam.

Kebiasaan tersebut tentu dilakukan karena ada bukti nyata yang dirasakan setelah meminum teh hitam. Beberapa khasiat teh hitam untuk kesehatan tubuh yaitu :

  1. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang kita ketahui, di dalam teh terdapat antioksidan (flavonoid) dan kuersetin yang dapat menghambat reaksi oksidasi kolesterol jahat di dalam tubuh. Reaksi tersebut akan mencegah rusaknya aliran darah dan pembuluh darah, maka dari itu jantung dan sirkulasi akan berfungsi dengan baik dan kecil kemungkinan untuk mengalami kerusakan (penyakit jantung).

  1. Mengurangi resiko gigi berlubang

Kandungan polifenol di dalam teh hijau mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Efek polifenol dapat membersihkan gigi dari berbagai jenis bakteri serta kotoran (plak) yang menempel pada gigi.

  1. Mengurangi stres

Meminum teh hitam yang masih hangat-hangat kuku dapat membuat badan menjadi rileks, aroma khas yang kuat dari teh dipercaya memperkuat ketahanan psikologis seseorang. Hal ini disebabkan karena di dalam teh hitam terdapat asam amino L-theanine yang berfungsi untuk membuat badan menjadi rileks dan lebih berkonsentrasi.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat cuaca sedang dingin, minuman yang paling pas untuk menghangatkan badan adalah seduhan teh hitam. Selain menghangatkan tubuh, kandungan antigen alkilamin dan tanin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mencegah virus influenza berkembang biak di dalam sistem pernapasan.

Setelah kita mengetahui khasiat dari teh hitam, tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin mencoba untuk memasukan daftar teh hitam ke dalam shoping list. Namun, minumlah teh hitam secukupnya. Rutin dalam sehari tidak boleh melebihi dua gelas. Karena terlalu banyak mengonsumsi seduhan teh hitam dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Ginjal akan lebih keras dalam proses penyaringan, jika dibiarkan lama maka akan rusak.

Selain itu, perhatikan pula proses penyeduhannya. Daun teh hitam sebaiknya diseduh pada air panas dengan suhu antara 80-90ºC, jangan terlalu panas apalagi diseduh dengan menggunakan air yang baru mendidih. Air yang terlalu panas dapat menghilangkan kandungan teh yang bermanfaat untuk tubuh. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here