Khasiat dan Manfaat Markisa bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Markisa tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan kulit. Selain buahnya yang bermanfaat, daun pohon markisa juga berkhasiat. Penasaran dengan manfaat markisa bagi kesehatan? Berikut uraiannya!

  • Budidaya markisa di Indonesia

Markisa dapat digolongkan ke dalam tanaman jenis genus Passiflora. Tanaman tersebut berasal dari Amerika Selatan atau tepatnya negara Brasil, yang akhirnya menyebar hingga ke Indonesia. Di Indonesia setidaknya terdapat empat jenis markisa yang bisa dibudidayakan, yaitu ungu, konyal, kuning, dan erbis.

  • Kandungan nutrisi pada markisa

Dalam satu buah markisa ungu setidaknya mengandung zat besi 0.3 mg, fosfor 12 mg, potasium  63 mg, kalsium 2 mg, sodium 5 mg, vitamin A 130 IU, magnesium 5 mg, serta vitamin C 5 mg. Hasil penelitian invitro dari University of Florida mengungkapkan bahwa ekstrak buahnya yang kuning, ternyata memiliki fitokimia yang berguna untuk membasmi sel kanker.

  • Manfaat daun markisa

Daun markisa rupanya bisa berkhasiat untuk peluruh air seni serta penyembuh kencing nanah. Untuk meluruhkan air seni, caranya persiapkan 10 gr daun segar. Kemudian cuci daun tersebut, lantas direbus bersama 2 gelas air selama kurang lebih 25 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya untuk diminum 2 kali yakni pagi dan sore. (Hermani dan Mono, 2006).

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

  1. Markisa mengandung banyak serat. Buah markisah yang memiliki serat yang tinggi sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan sehingga usus menjadi bersih.
  2. Markisa mengandung antioksidan. Kulit markisa yang berwarna ungu dan dagingnya yang oranye, membuktikan jika buah ini mengandung antioksidan yang berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker di tubuh.
  3. Markisa cocok bagi penderita penyakit asma. Markisa merupakan buah yang dapat membendung serangan penyakit asma. Selain mengandung vitamin C, buah markisa memiliki efek mencegah histamin yang mengakibatkan gejala penyakit asma.
  4. Markisa memiliki efek relaksasi. Meminum satu gelas jus markisa bisa membantu merenggangkan saraf serta pikiran yang membuat perasaaan menjadi tenang.
  5. Markisa cocok bagi penderita penyakit insomia. Markisa bisa menimbulkan efek mengantuk pada saraf, sehingga bisa membuat perasaan tenang.
  6. Markisa cocok untuk diet. Hal tersebut dikarenakan busah markisa rendah kalori, yakni hanya 97 kalori per 100 g. Markisa juga rendah lemak dan sodium.
  7. Markisa bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk.
  8. Markisa bisa bermanfaat sebagai anti alergi.
  9. Markisa bisa bermanfaat untuk melancarkan ASI.
  10. Markisa bisa bermanfaat menyehatkan kulit serta menjaga kecantikan.
  11. Markisa bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.
  12. Markisa bisa bermanfaat untuk memperlebar pembuluh darah yang menyempit.
  13. Markisa bis bermanfaat sebagai anti peradangan.
  14. Markisa bisa bermanfaat sebagai penurun panas.
  15. Markisa bisa bermanfaat untuk mencegah hipertensi. (APt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY