Khasiat Pasak Bumi Bagi Kesehatan Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pasak bumi (Eurycoma longifolia Jack) merupakan salah satu tumbuhan obat asal hutan yang memiliki banyak khasiat, dan telah dikenal sebagai simbol ego dan kekuatan pria karena dapat meningkatkan kejantanan pria dan kesehatan secara umum. Tanaman ini banyak tumbuh di pedalaman Kalimantan. Pasak bumi dapat mencapai ketinggian sehingga 10 meter di dalam rimbunan hutan tanah rendah. Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang, jika bercabang pun terlalu sedikit yaitu satu atau dua cabang saja. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun.

Berdasarkan kajian farmakologis Pasak Bumi mengandung empat senyawa penting yaitu senyawa canthin, senyawa turunan eurycomanone, senyawa quassinoid dan senyawa etanol. Senyawa canthinpada tumbuhan pasak bumi mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, senyawa turunan eurycomanone sebagai anti malaria, senyawa quassinoid berfungsi sebagai anti leukimia dan prospektif untuk anti HIV, senyawa etanol berfungsi sebagai afrodisiak.

Seiring bertambahnya usia, pria cenderung mengalami kondisi yang berkaitan dengan berkurangnya produksi testosteron yang disebut andropause, yang menyebabkan sejumlah masalah serius. Hal ini membuat pria mencari alternatif di alam dan pasak bumi adalah salah satunya. Tanaman pasak bumi sudah terbukti kaya akan manfaat, hampir semua bagian tanaman pasak bumi dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat herbal alami tanpa menimbulkan efek samping. Inilah manfaat pasak bumi bagi kesehatan pria:

  1. Meningkatkan jumlah testosteron

Pasak bumi merupakan tanaman herbal yang berkhasiat meningkatkan jumlah testosteron pria. Kandungan senyawa Ethanolic bermanfaat merangsang hormon chorionic gonadotropin (HCG) sehingga bisa membantu terbentuknya hormon testosteron.

  1. Mengatasi fertilitas pria

Selain meningkatkan kadar testosteron, pasak bumi juga bisa meningkatkan kualitas sperma, dan karena itu membantu mengobati masalah kesuburan pria. Kualitas sperma, diukur berdasarkan volume, konsentrasi, motilitas, dapat mempengaruhi kesuburan pria. Namun, seperti halnya cara kerja herbal, yang memperbaiki sistem tubuh sehingga berangsung-angsur membaik, pasak bumi pun membutuhkan proses dalam mengatasi kesuburan pria.

  1. Memberikan daya regang penis lebih baik
  2. Mencegah impontensi pada pria pria usia dewasa dan lanjut
  3. Meningkatkan vitalitas dan libido

Kandungan senyawa brusin dan strichnin pada pasak bumi yang bersifat afrosidiak mampu meningkatkan vitalitas pria. Zat afrosidiak juga bermanfaat untuk menambah gairah atau libido saat berhubungan intim.

  1. Lemak berkurang dan peningkatan massa otot

Pasak bumi adalah suplemen alami yang populer di antara atlet angkat besi dan mereka yang ingin membentuk otot. Namun, Anda tidak perlu menjadi atlet yang serius untuk mendapatkan manfaat dari pasak bumi. Kenaikan testosteron bisa membantu menurunkan lemak dan mendapatkan massa tubuh tanpa lemak. Ini akan memiliki efek yang lebih besar lagi jika Anda berolahraga secara teratur.

  1. Meningkatkan peredaran darah dalam tubuh

Kandungan senyawa saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa lain mampu melancarkan sirkulasi darah sehingga aliran darah ke alat vital pun juga meningkat. Efekya, ereksi semakin kuat dan tahan lama.

Pasak bumi dapat memiliki potensi untuk merusak jaringan hati dan ginjal serta jaringan tubuh lain jika dikonsumsi secara tidak benar dan tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh terapis. Mengkonsumsi pasak bumi tidak dianjurkan bersamaan dengan obat obatan kimia walaupun itu dari rekomendasi dokter sekalipun. Apabila ingin mengkonsumsi pasak bumi sebaiknya tidak sedang dalam program pemulihan terhadap penyakit tertentu. Dikhawatirkan zat kimia yang ada pada obat obatan akan saling menolak dan menjadi racun jika bergabung dengan senyawa aktif yang ada pada pasak bumi. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here