Khasiat Tanaman Kumis Kucing untuk Obat Infeksi Saluran Kencing

www. sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tanaman yang satu ini memiliki tampilan menggemaskan. Namanya pun cukup menggelitik yaitu kumis kucing. Selain tampilan dan namanya yang menarik, tanaman ini juga berkhasiat bagi kesehatan. Manfaat kumis kucing yang utama dan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian medis adalah seputar saluran kemih, mulai dari kencing batu, infeksi saluran kencing hingga batu ginjal. Ini semua karena kumis kucing memiliki efek diuretik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Ethnoparmhacology pernah membuktikan khasiat tanaman kumis kucing terhadap infeksi saluran kencing. Penelitian tersebut melakukan pengujian pada beberapa tikus lab. Tikus-tikus ini diberikan minum air yang telah ditambahkan ekstrak kumis kucing.

Hasilnya diketahui bahwa di dalam tubuh, ekstrak kumis kucing bekerja memicu peningkatan produksi urine. Produksi urine yang bertambah ini tentu membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil. Secara tidak langsung, bolak-balik buang air kecil dapat membantu membilas bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih. Hal ini pun membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk bisa menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi.

Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menentukan dosis obat herbal kumis kucing yang aman beserta kemungkinan risikonya. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa mengolahnya sendiri di rumah.

Sebelum mengolahnya, patut diketahui bagian kumis kucing mana yang paling berkhasiat menyembuhkan infeksi saluran kencing. Bagian yang dimaksud adalah daunnya. Daun kumis kucing mengandung kadar potasium yang tinggi dan mengandung Orthosiponin Glycosides yang dapat menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari tubuh kita.

Nah, sekarang mari mulai membuat ramuan kumis kucing.

  • Mula-mula, siapkan dahulu daun kumis kucing sebanyak 10 helai.
  • Kemudian, cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, rebuslah 10 helai daun kumis yang telah di cuci tadi sampai mendidih.
  • Setelah itu, air rebusannya diminum dengan dosis dua kali sehari setengah gelas.

Konsumsilah ramuan daun kumis kucing ini secara teratur dan rutin. Maka, dalam beberapa minggu saja, Anda akan melihat perubahannya.

Satu hal lagi untuk diperhatikan adalah sebelum menggunakan obat-obatan herbal atau suplemen sebagai obat infeksi saluran kencing, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mencari tahu dosis yang aman untuk Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak kumis kucing juga sedikit meningkatkan serum BUN dan kadar glukosa darah. Meski peningkatan kadar urea darah dan glukosa darah dalam tingkat wajar masih relatif aman, ini bisa menjadi acuan bahwa Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat herbal tersebut.

Beda halnya dengan peningkatan kadar urea darah yang terlalu tinggi. Kondisi ini justru dapat menandakan gangguan pada saluran kemih atau bahkan kerusakan ginjal. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here