Khasiat Temulawak untuk Anak

SehatFresh.com – Temu lawak adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malaysia. Tanaman herbal ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan anak. Berikut khasiat temulawak yang baik bagi buah hati Anda :

  • Menambah nafsu makan. Zat aktif yang terkandung dalam temulawak, yaitu kurkuma, dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga mengonsumsi temulawak dalam dosis rendah akan menambah nafsu makan. Tidak heran jika temulawak sering digunakan sebagai obat alami penambah nafsu makan bagi anak-anak yang nafsu makannya kurang.
  • Menekan infeksi bakteri dan virus. Penelitian di laboratorium dan pada hewan menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat pada temulawak atau biasa disebut curcumin dapat membunuh bakteri dan virus. Namun, para peneliti belum dapat membuktikan efek yang sama dapat ditemukan pada manusia. Pada masa pertumbuhan anak, proses infeksi bakteri dan virus berpotensi mengganggu kelancaran dan optimalisasi pertumbuhan anak. Dengan curcumin yang membantu menekan angka risiko infeksi, maka curcumin dapat membantu kelancaran proses pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Sebuah penelitian tahap awal menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu menangani uveitis, sebuah peradangan pada mata. Pada penelitian yang melibatkan 32 orang dengan uveitis kronik anterior tersebut, curcumin dikatakan memiliki efektivitas yang sama dengan kortikosteroid yang biasa diberikan. Pertumbuhan anak akan lebih optimal dan terhindar dari paparan kondisi uveitis.
  • Menyembuhkan bisul. Jika terdapat bisul pada anak Anda, maka inilah cara yang digunakan untuk menyembuhkan bisul. Pertama-tama temulawak yang sudah dicuci bersih, lalu dikupas. Rebus temulawak dengan dua gelas air dan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya setengah, lalu angkat. Tambahkan asam jawa sebesar ibu jari. Tunggu agak dingin, kemudian disaring dan diminum sekaligus.
  • Curcumin menstimulasi kandung empedu untuk lebih produktif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi temulawak dapat mengatasi gejala kembung. Pada kesehatan anak, dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

Kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa curcumin dapat mencegah beberapa tipe kanker, termasuk prostat, payudara, kulit, dan usus besar. Efek tersebut mungkin dapat dicapai karena curcumin merupakan antioksidan yang kuat, melindungi sel dari kerusakan. Namun, diperlukan penelitian yang lebih jauh mengenai hal ini. Kanker sebaiknya tetap ditangani dengan terapi konvensional. Bagi kesehatan anak, ini sangat bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh guna mendukung tumbuh kembang anak.

Sumber gambar : madujuara.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY