Khasiat Temulawak untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak sekali manfaat yang bisa di peroleh dari tanaman temulawak atau dalam bahasa latin disebut dengan (Curcuma xanthorrhiza). Khasiatnya begitu beragam baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh dan banyak orang yang belum tahu. Temulawak juga telah dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk kedokteran maupun kecantikan.

Back to nature Jargon ini nampaknya tengah naik daun, dan menjadi gaya hidup masa kini. Membuat banyak orang semakin bergairah untuk memanfaatkan produk-produk alami, termasuk menkonsumsi tanaman herbal temulawak untuk meningkatkan kualitas kesehatan serta daya tahan tubuh.

Di antara ragam tanaman obat yang kita kenal, temulawak paling sering digunakan. “Temulawak bisa dikatakan jantungnya obat-obatan tradisional, sekitar 70 persen pengusaha jamu memakai campuran temulawak,” kata Direktur Utama PT. Njonja Meneer, Charles Saerang.

Khasiat temulawak sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat tercapai apabila mengkonsumsinya 2 atau 3 kali dalam seminggu. Dan cara mengkonsumsi temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan cara membuat jamu dari bahan temulawak. Karena Temulawak dapat menghasilkan minyak atsiri linalool dan geraniol . Geraniol adalah golongan fenol yang mempunyai daya reppelan nyamuk aedes aegypt (penyebab demam berdarah).

Berikut ini adalah cara membuat jamu temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti:

ambil satu rimpang temulawak yang masih segar dan cuci bersih,  parutlah rimpang temulawak, berikan air hangat, lalu peras airnya kemudian tambahkan air asam dan madu, aduk menjadi satu dengan temulawak. Pemilihan asam dan madu berfungsi sebagai campuran untuk mengurangi rasa pahit pada temulawak. Konsumsilah jamu temulawak ini agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jamu temulawak juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, temulawak juga dikenal dapat mengembalikan nafsu makan anak ketika sakit. Tentu dengan dosis yang sesuai pada usianya.

Sejak 40 tahun terakhir, beberapa penelitian membuktikan bawhwa khasiat temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga bisa digunakan sebagai obat penyembuh penyakit hati atau liver. Karena pada temulawak terdapat kandungan kurkuminoid dan minyak atsiri, yang berperan sebagai alat pacu untuk mempercepat regenerasi sel-sel hati yang mengalami kerusakan akibat pengaruh racun kimia.

Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang berguna untuk menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.

Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan terjadinya pembengkakan jaringan.

Tidak heran jika sejak beberapa tahun lalu, pemerintah telah 0mencanangkan Gerakan Nasional Minum Temulawak (GNMT). Tanaman obat yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb ini di promosikan sebagai tanaman herbal dengan sejuta manfaat, di antaranya adalah:

  • Sebagai antioksidan pencegah kanker
  • Menormalkan lemak darah, termasuk kolesterol
  • Menambah nafsu makan
  • Memperbaiki fungsi pencernaan
  • Memelihara kesehatan fungsi hati
  • Menghambat penggumpalan darah
  • Antiradang dan nyeri sendi (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY