Khasiat Tomat untuk Tingkatkan Kualitas Sperma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Buah yang satu ini cukup populer. Rasanya enak. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau sebagai campuran dalam berbagai menu makanan. Tambah lagi, buah ini juga memiliki khasiat, khususnya bagi pria.

Buah yang dimaksud di atas adalah tomat. Layaknya buah-buahan lainnya, tomat mengandung vitamin dan juga antioksidan yang menyehatkan tubuh. Yang cukup mengejutkan, tomat juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk kesuburan pria.

Kini, jumlah rata-rata sperma pria mengalami penurunan. Faktor polusi lingkungan dan perubahan gaya hidup moderen ikut berkontribusi dalam penurunan performa sperma. Contohnya, kebiasaan menaruh telepon genggam di kantong celana, meletakkan laptop di paha, terlalu sering mengonsumsi junk food, atau melakukan olahraga yang berlebihan.

Lalu, apa hubungan antara tomat dan sperma? Ternyata, pada buah tomat mengandung likopen. Likopen adalah senyawa yang membuat tomat berwarna merah dan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di tubuh. Tak hanya itu, antioksidan dalam tomat juga memberikan keuntungan terhadap kualitas sperma.

Fungsi likopen lainnya adalah meningkatkan jumlah sperma hingga 70%. Penikmat tomat dengan sperma bentuk abnormal akan berubah menjadi normal. Kandungan likopen yang ada di tomat berkontribusi 8%–10% dalam membentuk sperma normal. Meski tampak minim, kondisi ini akan membuat perbedaan yang signifikan bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan.

Sebuah penilitian dilakukan untuk mengetahui apakah likopen juga bisa mencegah kerusakan DNA sperma. Secara keseluruhan, para peneliti ingin melihat apakah konsumsi tomat mampu meningkatkan kualitas sperma.

Penelitian itu membagi dua kelompok. Satu kelompok diberikan suplemen likopen untuk jangka waktu tertentu. Sementara itu, satu kelompok lainnya tidak diberikan suplemen likopen.

Hasil penelitian sementara melihat adanya hubungan antara likopen dan kualitas sperma. Dengan begitu, pria akan memiliki alasan untuk makan lebih dari satu tomat per hari secara teratur.

Ahli kesehatan reproduksi pria di London, Inggris, Profesor Roger Kirby sebelumnya juga telah lama merekomendasikan penggunaan likopen itu untuk meningkatkan kualitas sperma.

Penelitian lain membuktikan, pria yang mengonsumsi buah tomat dua atau tiga kali sehari dalam seminggu akan memiliki kualitas sperma yang baik. Sperma yang dihasilkan pun akan jauh meningkat. Fakta yang lebih menarik lagi adalah tomat dapat menyingkirkan ketidaksuburan pada pria. Selain itu, tomat juga berdampak positif terhadap kesehatan jantung. Pria yang rutin mengonsumsi tomat memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung dan jenis penyakit jantung lainnya.

Jadi, jika Anda dan pasangan telah mencoba beragam cara untuk mendapatkan keturunan, tak ada salahnya Anda dan pasangan menerapkan gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi tomat secara rutin. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here