Kiat Lindungi Si Kecil Dari Virus

SehatFresh.com – Setiap orang tua pasti akan khawatir bila anaknya jatuh sakit, salah satunya demam. Penyebab demam pada anak-anak yang paling sering adalah infeksi virus seperti batuk, pilek, diare, dan infeksi virus lainnya. Sebagian besar demam pada balita memang tidak berpotensi serius. Tapi, jika anak terlalu sering terkena infeksi virus atau infeksi apapun, ini dapat menganggu tumbuh kembangnya.

Sebagai orang tua, Anda tentunya tidak ingin hal itu terjadi. Beberapa hal di bawah ini dapat diterapkan agar anak terhindar dari infeksi penyakit yang berbahaya sehingga memiliki kesempatan untuk bermain, belajar, bereksplorasi, dan tumbuh kembang yang optimal.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Makanan adalah faktor utama untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Anak yang kondisi gizinya tidak bagus, baik itu karena kekurangan gizi akibat anak sulit makan, atau gizi tidak seimbang akibat kebiasaan makan yang salah, umumnya tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Konsumsi makanan bergizi seimbang serta cukup mendapat asupan cairan sangat penting untuk memelihara sistem imunitas tubuh berfungsi dengan baik. Perbanyak konsumsi sayur, buah, serta makanan yang kaya akan probiotik. Konsumsi probiotik berperan meningkatkan sistem imunitas tubuh dan saluran cerna. Jangan juga biasakan anak mengonsumsi makanan cepat saji, karena bahan kimia dan zat aditif di dalamnya bisa berefek buruk pada daya tahan tubuhnya.

  • Jaga kebersihan lingkungan

Biasakan anak untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah buang air besar atau kecil, dan ketika tangan kotor. Selain itu, jauhkan anak dari paparan asap rokok, debu, dan polusi udara. Ajarkan juga pada anak untuk menggosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur malam setiap hari.

  • Istirahat yang cukup

Anak dengan pola hidup yang kurang tepat, seperti kurang istirahat atau kurang bergerak, juga tidak bisa membentuk sistem daya tahan tubuh yang kuat. Peneliti dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, Amerika Serikat, menyatakan bahwa tidur yang cukup bisa menurunkan risiko serangan flu hingga lima kali dibandingkan mereka yang kurang tidur. Waktu tidur sehat yang bagi anak usia 3-12 tahun adalah 10 jam per hari.

  • Ajak berolahraga

Bukan hanya orang dewasa yang perlu olahraga agar tubuh tetap sehat, anak-anak juga perlu berolahraga agar daya tahan tubuhnya tetap prima. Menurut hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam “British Journal of Sports Medicine”, orang yang berolahraga lima kali seminggu bisa mengurangi risiko terserang pilek hingga 46 persen.

  • Imunisasi

Pencegahan penyakit dengan tidak melewatkan jadwal imunisasi merupakan cara perlindungan terhadap infeksi yang paling efektif dan jauh lebih murah ketimbang biaya pengobatan apabila anak telah jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Sumber gambar : www.trikhidupsehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY