Kiat Sehat Agar Wanita Memiliki Tubuh Ideal

SehatFresh.com – Selain mempunyai wajah yang cantik dan kulit yang mulus, hal lain yang sering diidamkan wanita adalah memiliki tubuh ideal wanita agar penampilannya menjadi semakin sempurna. Terlebih saat ini, stigma cantik pada wanita adalah wanita yang bertubuh langsing dengan bentuk tubuh proporsional.

Untuk memiliki postur dan bentuk tubuh yang ideal, banyak wanita yang rela melakukan hal-hal yang terbilang ekstrim. Banyak dari mereka yang rela menyakiti dirinya sendiri agar bisa memiliki bentuk tubuh yang sesuai dengan standarnya dengan cara operasi. Namun, hal ini tentu saja memerlukan biaya yang besar dan efek sampingnya juga perlu dipikirkan.

Bagi beberapa orang yang beruntung, bentuk tubuh ideal diperoleh oleh mereka secara genetik. Tetapi bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh kurang ideal, rajin berolahraga seperti jogging, bersepeda, atau senam dan diimbangi pola makan yang benar dapat membantu Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Bentuk tubuh ideal tidak hanya bisa diperoleh dari diet ketat. Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai usaha mendapatkan bentuk tubuh ideal. Seperti apakah itu?

Konsumsi makanan sehat
Cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah memerhatikan asupan dengan memilih makanan sehat yang mencakup nutrisi yang tepat. Tingkatkanlah konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein rendah lemak seperti tahu, tempe, susu rendah lemak dan daging tanpa lemak. Pola makan harian yang sehat setiap harinya juga dapat menciptakan postur tubuh yang ideal. Terapkanlah pola makan dengan gizi seimbang. Asupan makanan yang sehat memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan serta pembentukan postur tubuh.

Olahraga
Olahraga untuk melatih kekuatan dapat meningkatkan berat badan dengan cara membentuk otot. Pembentukan otot ini penting untuk pencegahan osteoporosis. Latihan kardio merupakan olahraga yang dapat membakar lemak cukup efektif untuk mengecilkan perut. Anda dapat melakukan latihan kardio sederhana di pagi hari seperti bersepeda atau jogging. Sedangkan untuk mengoptimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh, Anda dapat melakukan latihan beban seperti push-up dan sit-up.

Kualitas tidur
Ketika tidur, akan terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan memroduksi hormon. Saat tidur ada hormon leptin yang diproduksi, hormon ini menghindarkan Anda dari rasa ingin makan yang manis-manis. Produksi hormon tersebut akan berkurang saat Anda kurang tidur. Hal ini membuat Anda menginginkan makanan manis saat bangun tidur. Kurang tidur juga berdampak pada kestabilan emosi. Tidur yang berkualitas akan membantu tubuh melakukan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan memroduksi hormon yang baik untuk membantu Anda terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan manis yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Posisi tidur juga berdampak pada postur tubuh. Selain itu, kondisi tempat tidur juga harus diperhatikan dan dibuat senyaman mungkin. Tempat tidur yang tidak nyaman bisa membuat punggung menjadi bungkuk. Atur dan sesuaikanlah posisi tidur yang nyaman agar Anda tidak merasa pegal ketika bangun tidur. Posisi tidur terlentang bisa mencegah terjadinya nyeri punggung dan nyeri pada leher.

Sumber gambar : floem70.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY