Kiat Sukses Orangtua dalam Berkomunikasi dengan Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orangtua yang mengeluh kesulitannya dalam berkomunikasi dengan anak remajanya, mengapa demikian? Masa remaja merupakan masa transisi atau periode dalam kehidupan manusia dimana pada masa ini terjadi beberapa perubahan secara bersamaan. Ketidakmampuan remaja dalam mengatasi kondisi karena perubahan tersebut sering mengakibatkan munculnya gangguan dalam perilakunya. Perubahan-perubahan yang terjadi ketika remaja mencakup perubahan fisik, kognitif, sosial dan emosional.

Perubahan dan perkembangan yang terjadi pada remaja seringkali mengakibatkan mereka mengalami keadaan tertekan dan stres. Kemampuan remaja dalam mengatasi masalah ditentukan seberapa besar dukungan dari keluarga terutama orangtuanya. Semakin besar dukungan yang diperoleh dalam mengatasi berbagai masalah maka semakin rendah kemungkinan remaja dalam mengalami stres. Lalu komunikasi seperti apakah yang harus dilakukan pada remaja agar bisa efektif dan tetap harmonis sehingga dapat membantu proses perkembangan pribadi remaja menuju kedewasaan?

Komunikasi baik verbal maupun nonverbal pada dasarnya merupakan salah satu aspek penting dalam proses pendidikan anak dan juga merupakan sumber rangsangan dalam membentuk kepribadian anak. Jika komunikasi antara orang tua dan anak dapat berlangsung dengan baik, maka masing-masing pihak dapat saling memberi dan menerima informasi, sehingga bisa mengetahui apa yang diinginkan dan menghindari konflik yang mungkin bisa terjadi.

Keterbukaan dalam komunikasi antara orangtua dan remaja akan menumbuhkan rasa pada remaja bahwa mereka bisa diterima dan dihargai sebagai manusia. Sebaliknya, jika tidak ada komunikasi yang baik maka besar kemungkinan akan terjadi konflik baik kecil maupun besar dan akan menimbulkan gangguan dalam kesehatan mental remaja. Dari beberapa penelitian diperoleh bukti bahwa adanya kecendrungan psikopatologi pada remaja disebabkan karena adanya hambatan dalam proses komunikasi antara anak dan orangtua, terutama sang Ibu.

Bagaimanakah sebaiknya cara komunikasi dengan remaja yang efektif?

  1. Membuka pintu, yaitu ungkapan orang tua yang memungkinkan anak untuk membicarakan lebih banyak, mendorong anak untuk mendekat dan mencurahkan isi hatinya. Dan yang penting menumbuhkan pada anak rasa diterima dan dihargai.
  2. Mendengar aktif, yaitu kemampuan orang tua untuk menguraikan perasaan anak dengan tepat, sehingga orang tua mengerti perasaan anak, yang diungkapkan anak melalui bahasa verbal maupun non- Keuntungan dari mendengar aktif, antara lain: menolong anak tidak takut terhadap perasaan (positif-negatif), mengembangkan hubungan yang sangat dengan orang tua, memudahkan anak memecahkan masalahnya, meningkatkan kemampuan anak untuk mendengar pendapat orang tua dan meningkatkan tanggung jawab pada anak.
  3. Komunikasi dengan empatik, prinsip komunikasi empatik adalah berusaha mengerti lebih dahulu, baru dimengerti. Dalam mendengarkan empatik, kita sebagai orang tua berusaha masuk ke dalam kerangka pikiran, perasaan anak remaja kita. Kita sebagai orang tua, tidak hanya mendengar dengan telinga, tapi dengan mata dan hati. Hati kita merasakan, memahami, menyelami dan berintuisi dengan permasalahan yang sedang dialami oleh anak remaja kita. Mata kita mengamati pesan-pesan nonverbal yang diekspresikan oleh anak kita. Kita menggunakan otak kanan sekaligus otak kiri. Mendengar empatik adalah mendengar untuk mengerti baik secara emosional sekaligus intelektual, bukan dengan maksud untuk menjawab, mengendalikan atau memanipulasi orang lain.

Memang tidak mudah untuk dapat menjalin komunikasi yang positif dengan anak remaja yang sedang mengalami berbagai prubahan dan gejolak emosional dalam diri. Pemahaman dan pengertian sebagai orangtua atas kesulitan-kesulitan yang sedang dialami remaja merupakan hal yang sangat penting. Karena sebagai anak, remaja membutuhkan pengertian dan rasa dihargai dari orang tua. Sikap inilah yang mendukung terjadinya komunikasi yang baik dan positif dengan anak remaja kita. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here