Kista Pankreas

Definisi

Kista pankreas adalah kantong seperti saku cairan yang berkembang pada permukaan atau di dalam pankreas. Pankreas adalah organ besar yang terletak di belakang perut. Organ ini menghasilkan hormon dan enzim yang membantu mencerna makanan.

Kebanyakan kista pankreas tidak bersifat kanker, dan banyak yang tidak menimbulkan gejala. Bahkan, kebanyakan kista pankreas secara teknis tidak sama sekali tergolong sebagai kista. Disebut pseudokista, kantong cairan bukan kanker (jinak) ini dilapisi dengan bekas luka atau jaringan inflamasi, bukan tipe sel yang ditemukan dalam kista sesungguhnya.

Namun, beberapa kista pankreas bisa bersifat kanker.Dokter Anda mungkin akan mengambil sampel cairan kista pankreas untuk menentukan ada atau tidaknya sel-sel kanker.

Kadang-kadang, dokter Anda mungkin tidak dapat mengatakan apakah kista tersebut bisa menjadi kanker. Dokter mungkin merekomendasikan pemantauan kista dari waktu ke waktu untuk melihat perubahan ukuran atau bentuk yang mungkin mengindikasikan perlunya untuk penanganan lanjut seperti mengangkat kista melalui prosedur pembedahan. Beberapa kista memiliki potensi rendah untuk menjadi kanker, dan dokter Anda dapat merekomendasikan pemantauan hati-hati untuk mengawasi perkembangan kista Anda.

Gejala

Anda mungkin tidak mengalami gejala apapun dari kista pankreas, termasuk pseudokista. Kista pankreas seringkali ditemukan ketika seseorang menjalani tes pencitraan dari daerah perut (abdomen) untuk alasan medis lain.

Ketika tanda-tanda atau gejala kista pankreas memang timbul, biasanya meliputi:

  • Sakit perut terus-menerus, yang dapat menyebar ke area punggung
  • Sebuah massa atau benjolan yang dapat dirasakan di area perut bagian atas Anda
  • Mual dan muntah

Kapan harus ke dokter

Kista dapat terinfeksi, meskipun hal ini jarang terjadi. Temui dokter jika Anda demam dan mengalami sakit perut terus-menerus.

Pseudokista yang pecah adalah keadaan darurat medis. Cairan yang dikeluarkan oleh pseudokista dapat merusak pembuluh darah di dekatnya dan menyebabkan perdarahan masif. Sebuah pseudokista yang pecah juga dapat menyebabkan infeksi pada rongga perut (peritonitis). Segera cari perawatan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala perdarahan internal dan syok, termasuk:

  • Pingsan
  • Sakit perut hebat
  • Kesadaran menurun
  • Detak jantung lemah dan cepat
  • Muntah darah

Penyebab

Penyebab kista pankreas seringkali tidak diketahui. Kista bersifat kanker dapat disebabkan oleh mutasi genetik. Beberapa kista berhubungan dengan penyakit langka termasuk penyakit von Hippel-Lindau, kelainan genetik yang dapat mempengaruhi pankreas dan organ tubuh lainnya.

Pseudokista seringkali mengikuti serangan pankreatitis, kondisi yang menyakitkan di mana enzim pencernaan aktif lebih awal dan mengiritasi pankreas. Pseudokista juga dapat diakibatkan oleh cedera pada perut, seperti akibat kecelakaan mobil.

Faktor Risiko

Penggunaan alkohol berat dan batu empedu merupakan faktor risiko untuk pankreatitis, dan pankreatitis merupakan faktor risiko untuk pseudokista – jenis kista pankreas yang paling umum. Cedera perut juga merupakan faktor risiko untuk pseudokista.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Berikut beberapa informasi yang dapat membantu Anda bersiap-siap untuk konsultasi perdana Anda, dan apa yang bisa Anda harapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala yang Andaa alami, termasuk kapan gejala tersebut mulai timbul dan bagaimana gejala tersebut berubah atau memburuk dari waktu ke waktu.
  • Tuliskan informasi pribadi kunci Anda, termasuk riwayat cedera pada perut Anda yang pernah Anda alami.
  • Buatlah daftar semua obat, vitamin dan suplemen yang Anda ambil.
  • Tuliskan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter Anda.

Berikut beberapa pertanyaan dasar yang perlu Anda sertakan dalam daftar Anda.

  • Apa penyebab paling mungkin dari kondisi saya?
  • Apa jenis tes yang saya butuhkan?
  • Jika saya perlu operasi, seperti apa proses pemulihan saya?
  • Bagaimana dengan diet dan perubahan gaya hidup saya setelah saya menjalani operasi?
  • Apakah saya nantinya membutuhkan perawatan tindak lanjut?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda persiapkan sebelumnya, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain selama konsultasi Anda.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk menjawab pertanyaan tentang gejala-gejala yang Anda alami, seperti:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah Anda mengalami gejala tersebut terus menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parah gejala Anda?
  • Di mana tepatnya Anda paling sering merasakan gejala?
  • Apakah ada hal yang tampaknya dapat meringankan gejala Anda?
  • Apakah ada hal tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Apakah Anda pernah mengidap pankreatitis?
  • Berapa banyak minuman beralkohol yang Anda konsumsi sehari-hari?
  • Apakah Anda memiliki batu empedu?

Tes dan Diagnosis

Dewasa ini, kista pankreas terdiagnosa lebih sering daripada sebelumnya karena meningkatnya penggunaan teknologi pencitraan dalam dunia medis sehingga kista pankreas lebih mudah terdeteksi. Banyak kista pankreas yang terdeteksi selama scan perut untuk masalah medis lain.

Tantangan terbesar selama diagnosis adalah menentukan apakah kista pankreas yang diderita bersifat kanker atau non-kanker. Prosedur berikut ini sering digunakan untuk membantu menetapkan diagnosis dan rencana pengobatan:

  • Riwayat kesehatan.Pernah mengalami cedera perut atau pankreatitis sebelumnya bisa dikaitkan dengan berkembangnya pseudokista.
  • CT scan.Tes pencitraan ini dapat memberikan informasi rinci tentang struktur kista pankreas.
  • MRI scan.Tes pencitraan ini dapat menyoroti rincian halus dari kista pankreas, termasuk apakah kista tadi memiliki komponen solid.
  • USG endoskopi.Tes ini dapat memberikan gambar rinci dari kista, dan cairan yang dapat dikumpulkan dari kista untuk analisis di laboratorium guna mendeteksi kemungkinan tanda-tanda kanker.

Karakteristik dan lokasi kista pankreas, dibantu dengan usia dan jenis kelamin, dapat membantu dokter menentukan jenis kista yang Anda derita:

  • Kistadenoma serosa bisa tumbuh hingga ukuran yang cukup besar untuk menggantikan organ terdekat, menyebabkan sakit perut dan perasaan kenyang.Kistadenoma serosa paling sering diderita oleh wanita paruh baya dan jarang berkembang menjadi kanker.
  • Kistadenoma mucinous biasanya terletak di dalam tubuh atau ujung pankreas dan ditemukan paling umum pada wanita paruh baya.Kistadenoma mucinous adalah kondisi prakanker, yang berarti dapat menjadi kanker jika tidak ditangani. Kista yang tumbuh semakin besar kemungkinan sudah berkembang menjadi kanker ketika ditemukan.
  • Intraductal neoplasma mucinous papiler (IPMN) adalah pertumbuhan di saluran pankreas utama atau salah satu cabang sisinya.IPMN bisa bersifat prakanker atau kanker. Tergantung pada lokasi dan faktor-faktor lain, IPMN mungkin memerlukan pembedahan.
  • Tumor kistik papiler biasanya terletak di tubuh atau ujung pankreas, dan paling sering diderita oleh wanita muda.Juga dikenal dengan naman neoplasma kistik papiler, atau neoplasma padat dan pseudopapiler, biasanya bersifat kanker.
  • Tumor sel islet kistik sebagian besar padat tetapi dapat memiliki komponen yang menyerupai kista.Tumor sel islet kistik bisa disalahdiagnosa dan diduga kista pankreas lain dan bisa bersifat prakanker atau kanker.

Perawatan dan Obat-obatan

Pengobatan tergantung pada jenis kista yang Anda miliki dan penyebab gejalanya.

Waspada menunggu

Pseudokista jinak, bahkan yang besar, dapat dibiarkan saja asalkan tidak mengganggu Anda. Kistadenoma serosa jarang berubah menjadi kanker, sehingga juga dapat dibiarkan tanpa pengobatan kecuali jika kista mulai menimbulkan gejala atau mulai bertumbuh.

Tapi semua kista pankreas harus dipantau. Kista yang berukuran kecil dari 10 milimeter (0,39 inci) dapat dicitrakan dengan CT scan setelah satu tahun, dan kemudian bisa dikurangi frekuensi pemantauannya jika kista tetap stabil. Kista yang berukuran lebih besar dari 10 milimeter biasanya membutuhkan endoskopi USG rutin untuk mendeteksi adanya gejala atau pertanda yang mengkhawatirkan.

Drainase

Pseudokista yang mulai menimbulkan gejala mengganggu atau tumbuh lebih besar dapat dikeringkan. Sebuah Tabung fleksibel kecil (endoscope) dipasang melalui mulut ke perut dan usus kecil. Endoskopi dilengkapi dengan jarum untuk mengalirkan kista.

Operasi

Pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan pseudokista yang membesar atau kistadenoma serosa yang menyebabkan rasa sakit atau gejala lainnya. Kista pankreas jenis lain umumnya memerlukan operasi pengangkatan karena berisiko berkembang menjadi kanker.

Pseudokista bisa kambuh jika Anda menderita pankreatitis berkelanjutan.

Pencegahan

Cara terbaik untuk menghindari pseudokista adalah dengan menghindari pankreatitis, yang biasanya disebabkan oleh batu empedu atau konsumsi alkohol pada level berat. Jika batu empedu yang memicu pankreatitis, Anda mungkin perlu menjalani prosedur pengangkatan kantong empedu. Jika pankreatitis Anda disebabkan oleh penggunaan alkohol, maka berhenti mengkonsumsi alkohol dapat mengurangi risiko Anda.