Kista Simpul Saraf

Definisi

Kista ganglion adalah benjolan bukan kanker yang paling umum berkembang di sepanjang tendon atau sendi pergelangan tangan atau tangan Anda. Kista ganglion juga dapat terbentuk pada pergelangan kaki dan kaki. Kista ganglion biasanya berbentuk bulat atau oval dan berisi cairan seperti agar-agar.

Kista ganglion kecil bisa berukuran sebesar kacang, sedangkan yang lebih besar bisa berdiameter sekitar satu inci (2,5 cm). Kista ganglion bisa terasa menyakitkan jika kista tersebut menekan saraf di sekitarnya. Lokasi tempat tumbuhnya kista kadang-kadang dapat mengganggu gerakan sendi.

Jika kista ganglion Anda menyebabkan masalah atau gejala tertentu, dokter mungkin menyarankan untuk mencoba menguras kista dengan jarum. Menghapus kista lewat prosedur pembedahan juga bisa menjadi pilihan. Tapi jika Anda tidak memiliki gejala tertentu, maka tidak diperlukan perawatan. Dalam banyak kasus, kista bisa hilang dengan sendirinya.

Gejala

Benjolan yang terkait dengan kista ganglion dapat ditandai dengan:

  • Lokasi. Kista ganglion umumnya terbentuk dan berkembang di sepanjang tendon atau sendi pergelangan tangan atau tangan Anda. Lokasi yang paling umum berikutnya adalah pergelangan kaki dan kaki. Namun, kista ini juga dapat berkembang di sekitar sendi lainnya.
  • Bentuk dan ukuran. Kista ganglion berbentuk bulat atau oval dan biasanya berdiameter kurang dari satu inci. Beberapa kista bisa berukuran sangat kecil hingga tidak dapat dirasakan. Ukuran kista dapat berubah-ubah, dan biasanya akan semakin besar ketika kita menggunakan sendi untuk gerakan yang berulang.
  • Nyeri. Kista ganglion biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, jika kista ini menekan saraf – bahkan jika kista terlalu kecil untuk membentuk benjolan terlihat – dapat menyebabkan rasa sakit, kesemutan, mati rasa atau kelemahan otot.

Kapan harus ke dokter

Jika Anda menyadari adanya benjolan atau merasakan sakit dan nyeri di pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki atau kaki Anda, temui dokter Anda segera. Dokter dapat membuat diagnosis dan menentukan apakah Anda membutuhkan pengobatan.

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan terbentuknya kista ganglion. Kista ini tumbuh dari sendi atau lapisan tendon, tampak seperti balon air kecil di sebuah tangkai, dan tampaknya terbentuk ketika jaringan yang mengelilingi sendi atau tendon menonjol keluar dari tempatnya. Di dalam kista ada pelumas cairan kental yang mirip dengan yang ditemukan di sendi atau sekitar tendon.

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kista ganglion meliputi :

  • Jenis kelamin dan usia. Meskipun kista ganglion dapat berkembang pada siapa pun, kista ini paling sering diderita oleh wanita yang berusia antara20 dan 30 tahun.
  • Osteoarthritis. Orang yang memiliki kelemahan dan robekan yang terkait dengan arthritis pada sendi jari yang paling dekat dengan kuku mereka berada pada risiko tinggi mengembangkan kista ganglion di sekitar sendi.
  • Cedera sendi atau tendon. Sendi atau tendon yang telah terluka di masa lalu lebih berpotensi untuk mengembangkan kista ganglion di masa depan.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda lebih baik memulai penanganan dengan menemui dokter perawatan primer Anda, meskipun dokter mungkin akhirnya merujuk Anda ke seorang ahli bedah tangan.

Apa yang dapat Anda lakukan

Sebelum konsultasi Anda, Anda mungkin perlu menuliskan daftar jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Berapa lama Anda memiliki benjolan? Apakah benjolan itu hilang dan muncul lagi?
  • Apakah sendi Anda pernah terluka di dekat benjolan?
  • Apakah Anda mengidap arthritis?
  • Apa obat dan suplemen yang Anda ambil secara rutin?

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk menjawab sejumlah pertanyaan. Mempersiapkan diri untuk menjawabnya akan menghemat waktu Anda sehingga Anda memiliki cadangan waktu untuk mendiskusian hal penting lainnya dengan dokter. Dokter Anda mungkin akan bertanya :

  • Apakah Anda memiliki rasa sakit atau nyeri?
  • Apakah kondisi ini mengganggu kemampuan Anda untuk menggunakan sendi Anda?
  • Apakah ada hal yang tampaknya memperbaiki gejala Anda?
  • Apakah ada hal yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

Tes dan Diagnosis

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan mencoba menekan tepat di area kista untuk mendeteksi nyeri atau ketidaknyamanan. Dokter mungkin juga akan mencoba untuk memeriksa kista dengan bantuan sinar terang untuk menentukan apakah kista itu berupa massa padat atau berisi cairan.

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan tes pencitraan – seperti X-ray, USG atau Magnetic Resonance Imaging (MRI) – untuk menyingkirkan kondisi lain, seperti arthritis atau tumor. MRI dan ultrasound juga dapat menemukan kista yang tidak tampak secara kasat mata (tersembunyi).

Diagnosis kista ganglion dapat dikonfirmasi melalui prosedur aspirasi, sebuah prosedur di mana dokter menggunakan jarum suntik untuk menarik keluar cairan di dalam kista. Cairan dari kista ganglion biasanya kental dan bening.

Perawatan dan Obat-obatan

Kista ganglion biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, dan juga tidak memerlukan pengobatan. Bahkan, dalam banyak kasus, dokter menyarankan pasien untuk waspada menunggu hingga kista hilang dengan sendirinya. Tetapi jika kista ganglion yang Anda miliki menyebabkan rasa sakit atau mengganggu gerakan sendi, dokter Anda dapat merekomendasikan tindakan berikut.

  • Imobilisasi. Karena kegiatan dapat menyebabkan kista ganglion tumbuh semakin besar, dokter Anda akan merekomendasikan agar Anda memakai penjepit pergelangan tangan atau belat untuk melumpuhkan daerah kista. Saat kista menyusut, tekanan pada saraf yang ditimbulkannya pun akan menghilang, sehingga secara otomatis juga menghilangkan rasa sakit.
  • Aspirasi. Dalam prosedur ini, dokter menggunakan jarum untuk mengalirkan cairan dari kista. Sebelum aspirasi, dokter mungkin menyuntikkan enzim ke dalam kista agar isi kista yang tampak seperti jelly mudah untuk diangkat. Setelah aspirasi, beberapa dokter menyuntikkan steroid ke dalam kista untuk mengurangi kemungkinan kekambuhan.
  • Bedah. Jika pengobatan lain tidak bekerja, operasi mungkin akan menjadi pilihan terakhir. Prosedur bedah ini menghilangkan kista dan tangkai yang melekat ke sendi atau tendon. Terkadang, operasi bedah ini bisa melukai saraf, pembuluh darah sekitarnya atau tendon. Dan kista dapat kambuh, bahkan setelah operasi.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Untuk mengurangi rasa sakit, pertimbangkan untuk mengambil obat pereda nyeri over-the-counter, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain) atau naproxen (Aleve). Dalam beberapa kasus, memodifikasi sepatu Anda dapat meringankan rasa sakit yang terkait dengan kista ganglion di pergelangan kaki atau kaki.

Hal yang tidak boleh dilakukan

Sebuah pengobatan rumah yang sering dilakukan untuk mengatasi kista ganglion adalah dengan “memukul” kista dengan benda berat. Ini bukan solusi yang baik karena kekuatan pukulan dapat merusak struktur lain di sekitar tangan atau kaki Anda. Selain itu, Anda disarankan untuk jangan mencoba “memencet” kista sendiri dengan menusuk kista dengan jarum. Metode ini tidak mungkin efektif dan dapat menyebabkan infeksi.