Kolesterol Tinggi

DEFINISI

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam lemak (lipid) di dalam darah. Walaupun tubuh membutuhkan kolesterol untuk terus membangun sel sehat, memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bila Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda dapat mengembangkan simpanan lemak di pembuluh darah Anda. Akhirnya, deposito ini membuat sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri Anda. Jantung Anda mungkin tidak mendapatkan darah yang kaya oksigen sebanyak yang dibutuhkan, yang meningkatkan risiko serangan jantung. Aliran darah yang berkurang ke otak Anda dapat menyebabkan stroke.

Kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) dapat diwariskan, tetapi hal ini sering diakibatkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat, dan dengan demikian dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur dan kadang-kadang obat-obatan dapat mengurangi kolesterol tinggi.

GEJALA

Kolesterol tinggi tidak memiliki gejala. Tes darah merupakan satu-satunya cara untuk mendeteksi kolesterol tinggi.

Kapan Anda harus ke dokter?

Mintalah dokter Anda untuk tes kolesterol dasar pada usia 20 tahun dan kemudian melakukan tes kolesterol ulang setidaknya setiap lima tahun. Jika hasil tes Anda tidak berada dalam rentang yang diinginkan, dokter dapat merekomendasikan tes yang lebih sering. Dokter Anda mungkin juga menyarankan Anda untuk lebih sering melakukan tes jika Anda memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi, penyakit jantung atau faktor risiko lain, seperti merokok, diabetes atau tekanan darah tinggi.

PENYEBAB

Kolesterol dibawa melalui darah Anda, yang melekat pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol disebut lipoprotein. Anda mungkin telah mendengar berbagai jenis kolesterol, berdasarkan jenis kolesterol lipoprotein yang membawanya. Meliputi :

  • Low-density lipoprotein (LDL). LDL, atau kolesterol jahat mengangkut partikel kolesterol ke seluruh tubuh Anda. Kolesterol LDL menumpuk di dinding arteri Anda, membuatnya menyempit.
  • Very-low-density lipoprotein (VLDL). Jenis lipoprotein yang paling banyak mengandung trigliserida, jenis lemak yang melekat pada protein dalam darah Anda. Kolesterol VLDL membuat kolesterol LDL lebih besar dalam ukuran, menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit. Jika Anda mengambil obat penurun kolesterol tapi memiliki tingkat VLDL tinggi, Anda mungkin perlu obat tambahan untuk menurunkan trigliserida Anda.
  • High-density lipoprotein (HDL). HDL atau kolesterol baik, mengambil kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati Anda.

Faktor-faktor dalam kendali Anda – seperti tidak aktif, obesitas dan diet yang tidak sehat – berkontribusi pada kolesterol LDL tinggi dan kolesterol HDL rendah. Faktor-faktor di luar kendali Anda mungkin memainkan peran, juga. Misalnya, genetik dapat mencegah sel-sel untuk menghapus kolesterol LDL dari darah Anda secara efisien atau menyebabkan hati Anda menghasilkan terlalu banyak kolesterol.

FAKTOR RISIKO

Anda lebih mungkin untuk memiliki kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung jika Anda memiliki faktor risiko ini :

  • Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah Anda, membuatnya cenderung menumpuk deposito lemak. Merokok juga dapat menurunkan tingkat HDL, atau kolesterol baik.
  • Memiliki indeks massa tubuh 30 atau lebih besar menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi.
  • Lingkar pinggang besar. Risiko Anda meningkat jika Anda seorang pria dengan lingkar pinggang minimal 40 inci (102 cm) atau wanita dengan lingkar pinggang minimal 35 inci (89 cm).
  • Pola makan yang buruk. Makanan yang tinggi kolesterol, seperti daging merah dan produk susu penuh lemak, akan meningkatkan total kolesterol Anda. Makan lemak jenuh, yang ditemukan dalam produk hewani, dan lemak trans, yang ditemukan di beberapa cookie panggang komersial dan kerupuk, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.
  • Kurang olahraga. Olahraga membantu meningkatkan kolesterol baik HDL di tubuh Anda sambil menurunkan kolesterol buruk LDL. Kurang olahraga menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi.
  • Gula darah tinggi memberikan kontribusi untuk kolesterol LDL tinggi dan kolesterol HDL rendah. Gula darah tinggi juga merusak lapisan arteri Anda.

Komplikasi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis, akumulasi berbahaya kolesterol dan deposit lain pada dinding arteri Anda. Deposito (plak) ini dapat mengurangi aliran darah melalui arteri, yang dapat menyebabkan komplikasi, seperti :

  • Nyeri dada. Jika arteri yang memasok jantung Anda dengan darah (arteri koroner) terpengaruh, Anda mungkin mengalami nyeri dada (angina) dan gejala lain dari penyakit arteri koroner.
  • Serangan jantung. Jika plak robek atau pecah, gumpalan darah bisa terbentuk di lokasi plak yang pecah – menghalangi aliran darah atau merusak dan memasukkan arteri hilir. Jika aliran darah ke bagian jantung Anda berhenti, Anda akan memiliki serangan jantung.
  • Mirip dengan serangan jantung, jika aliran darah ke bagian otak Anda diblokir oleh gumpalan darah, stroke akan terjadi

Persiapan Sebelum ke Dokter

Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki kolesterol tinggi, atau khawatir tentang memiliki kolesterol tinggi karena sejarah keluarga yang kuat, buatlah janji dengan dokter keluarga Anda untuk memeriksa kadar kolesterol Anda.

Karena waktu konsultasi singkat, dan karena sering ada banyak halangan, itu ide yang baik untuk mempersiapkan konsultasi Anda. Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda, dan apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Mengetahui pembatasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda. Untuk tes kolesterol, Anda mungkin harus menghindari makan atau minum apa pun (selain air) selama 9 – 12 jam sebelum sampel darah diambil.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami. Kolesterol tinggi tidak memiliki gejala, tetapi kolesterol tinggi merupakan faktor risiko dari penyakit jantung. Membiarkan dokter Anda tahu jika Anda memiliki gejala seperti nyeri dada atau sesak napas dapat membantu dokter memutuskan seberapa agresif kolesterol tinggi Anda perlu dirawat.
  • Tuliskan informasi penting tentang pribadi Anda, termasuk riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi atau diabetes, dan tekanan atau perubahan besar dalam kehidupan Anda baru-baru ini, serta paparan risiko jantung lainnya, seperti sejarah pribadi merokok atau paparan anggota keluarga yang merokok (paparan sekunder).
  • Buatlah daftar semua obat, serta setiap vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Ajaklah anggota keluarga atau teman bersama, jika memungkinkan. Kadang-kadang bisa sulit untuk menyerap semua informasi yang diberikan kepada Anda selama konsultasi. Seseorang yang menemani Anda akan dapat membantu Anda mengingatnya.
  • Bersiaplah untuk mendiskusikan kebiasaan diet dan olahraga Anda. Jika Anda belum berolahraga atau makan makanan yang sehat, siaplah untuk berbicara dengan dokter Anda tentang apa saja tantangan yang mungkin Anda hadapi dalam memulai.
  • Tuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda membuat konsultasi berjalan efektif. Buatlah daftar pertanyaan Anda mulai dari yang paling penting hingga yang sedikit penting untuk mengantisipasi waktu habis. Untuk kolesterol tinggi, beberapa pertanyaan dasar yang dapat ditanyakan kepada dokter Anda meliputi :

  • Apa jenis tes yang saya butuhkan?
  • Apa pengobatan yang terbaik?
  • Makanan apa yang harus saya makan atau hindari?
  • Apa tingkat yang tepat dari aktivitas fisik?
  • Seberapa sering saya perlu melakukan tes kolesterol?
  • Apa saja alternatif untuk pendekatan utama yang Anda sarankan?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana saya bisa mengatasinya bersama-sama?
  • Apakah ada pembatasan yang perlu saya ikuti?
  • Haruskah saya pergi ke seorang spesialis?
  • Jika saya perlu obat, apakah ada alternatif generik untuk obat yang Anda resepkan?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki?
  • Situs apa yang Anda rekomendasikan untuk saya kunjungi?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda siapkan, jangan ragu untuk bertanya selama konsultasi Anda setiap kali Anda tidak memahami sesuatu.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter mungkin menanyakan sejumlah pertanyaan kepada Anda. Menjadi siap untuk menjawabnya akan membantu menghemat waktu Anda. Dokter Anda mungkin bertanya :

  • Apakah Anda memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung atau stroke?
  • Seperti apa kebiasaan diet dan olahraga Anda?
  • Apakah Anda merokok? Apakah Anda atau orang di sekitar Anda perokok?
  • Apakah Anda pernah menjalani tes kolesterol sebelumnya? Jika pernah, kapan tes terakhir Anda? Berapa kadar kolesterol Anda?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk sementara?

Tidak pernah terlalu dini untuk membuat perubahan gaya hidup sehat, seperti berhenti merokok, makan makanan sehat dan menjadi lebih aktif secara fisik. Ini adalah pertahanan lini pertama terhadap kolesterol tinggi dan komplikasinya, termasuk serangan jantung dan stroke.

Tes dan Diagnosis

Tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol – disebut panel lipid atau profil lipid – biasanya melaporkan :

  • Kolesterol total
  • Kolesterol LDL
  • Kolesterol HDL
  • Trigliserida – jenis lemak dalam darah

Untuk pengukuran yang paling akurat, tidak makan atau minum apa pun (selain air) selama 9 – 12 jam sebelum sampel darah diambil.

Menafsirkan angka

Kadar kolesterol diukur dalam miligram (mg) kolesterol per desiliter (dL) darah di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Kanada dan sebagian besar negara-negara Eropa mengukur kolesterol dalam milimol (mmol) per liter (L) darah. Pertimbangkan panduan umum ini ketika Anda mendapatkan hasil tes kolesterol Anda untuk melihat apakah kolesterol Anda turun ke tingkat yang ideal.

Yang paling penting adalah dokter dapat menentukan bahwa kolesterol Anda membutuhkan pengobatan berdasarkan adanya penyakit jantung atau risiko individu dari serangan jantung, bahkan jika nilai-nilai kolesterol tidak tampak sangat tinggi.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa tingkat trigliserida dari 100 mg / dL (1,3 mmol / L) atau lebih rendah dianggap optimal. AHA mengatakan tingkat optimal ini akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Namun, AHA tidak merekomendasikan terapi obat untuk mencapai tingkat ini. Sebaliknya, bagi orang yang mencoba untuk menurunkan trigliserida mereka ke tingkat ini, perubahan gaya hidup seperti diet, penurunan berat badan dan aktivitas fisik sangat dibutuhkan. Itu karena trigliserida biasanya merespon baik perubahan pola makan dan gaya hidup.

* Pedoman Kanada dan Eropa sedikit berbeda dari pedoman AS. Konversi ini didasarkan pada pedoman AS.

Target LDL berbeda

Karena kolesterol LDL merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, itu menjadi fokus utama pengobatan penurun kolesterol. Target jumlah LDL Anda dapat bervariasi, tergantung pada risiko yang mendasari penyakit jantung.

Kebanyakan orang harus berusaha untuk mencapai tingkat LDL di bawah 130 mg / dL (3,4 mmol / L). Jika Anda memiliki faktor risiko lain untuk penyakit jantung, sasaran LDL Anda mungkin berada di bawah 100 mg / dL (2,6 mmol / L). Jika Anda berisiko sangat tinggi penyakit jantung, Anda mungkin perlu untuk mencapai tingkat LDL di bawah 70 mg / dL (1,8 mmol / L). Secara umum,  semakin rendah kadar kolesterol LDL Anda akan semakin baik.

Anda dianggap berada pada risiko tinggi penyakit jantung jika Anda :

  • Telah mengalami serangan jantung atau stroke sebelumnya
  • Memiliki penyumbatan arteri di leher (penyakit arteri karotid) Anda
  • Memiliki penyumbatan arteri di lengan atau kaki (penyakit arteri perifer)
  • Pernah memiliki diabetes yang memerlukan pengobatan

Selain itu, dua atau lebih faktor risiko berikut mungkin juga menempatkan Anda dalam kelompok berisiko tinggi:

  • Merokok
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol HDL rendah
  • Riwayat keluarga penyakit jantung dini
  • Berusia lebih dari 45 tahun jika Anda seorang pria, atau lebih dari 55 tahun jika Anda seorang wanita
  • Lipoprotein tinggi, jenis lain lemak (lipid) dalam darah Anda

Anak-anak dan pengujian kolesterol

Anak-anak usia 2 tahun dapat memiliki kolesterol tinggi, tetapi tidak semua anak harus diskrining untuk kolesterol tinggi. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan tes kolesterol (lipid panel puasa) untuk semua anak antara usia 9 dan 11 tahun. AAP juga merekomendasikan skrining untuk anak-anak berusia 1 tahun yang memiliki riwayat keluarga yang dikenal kolesterol tinggi atau prematur penyakit arteri koroner. Dokter anak Anda dapat merekomendasikan pengujian ulang jika tes pertama anak Anda menunjukkan dia memiliki kadar kolesterol normal.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan pengujian juga jika riwayat keluarga anak untuk kolesterol tinggi tidak diketahui, tetapi anak memiliki faktor risiko kolesterol tinggi, seperti obesitas, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Perawatan dan Obat-obatan

Perubahan gaya hidup seperti berolahraga dan makan makanan yang sehat adalah garis pertahanan pertama terhadap kolesterol tinggi. Tapi, jika Anda telah membuat perubahan gaya hidup penting ini dan kadar kolesterol Anda tetap tinggi, dokter mungkin merekomendasikan obat.

Pilihan spesifik obat atau kombinasi obat tergantung pada berbagai faktor, termasuk faktor risiko individu, usia, kesehatan Anda saat ini dan kemungkinan efek samping. Pilihan umum termasuk :

  • Statin – obat yang paling sering diresepkan untuk menurunkan kolesterol – memblokir zat yang dibutuhkan hati Anda untuk menghasilkan kolesterol. Hal ini menyebabkan hati Anda menghapus kolesterol dari darah Anda. Statin juga dapat membantu tubuh Anda menyerap kolesterol dari deposito yang terbangun dalam dinding arteri Anda, yang berpotensi membalikkan penyakit arteri koroner. Pilihan meliputi atorvastatin (Lipitor), fluvastatin (Lescol), lovastatin (Altoprev, Mevacor), Pitavastatin (Livalo), pravastatin (Pravachol), rosuvastatin (Crestor) dan simvastatin (Zocor).
  • Resin yang mengikat asam empedu. Hati Anda menggunakan kolesterol untuk membuat asam empedu, suatu zat yang diperlukan untuk pencernaan. Obat cholestyramine (Prevalite), colesevelam (Welchol) dan colestipol (Colestid) menurunkan kolesterol secara tidak langsung dengan cara mengikat asam empedu. Hal ini mendorong hati Anda untuk menggunakan kelebihan kolesterol untuk membuat asam empedu, yang mengurangi tingkat kolesterol dalam darah Anda.
  • Inhibitor penyerap kolesterol. Usus kecil Anda menyerap kolesterol dari makanan Anda dan melepaskan ke dalam aliran darah Anda. Obat ezetimibe (Zetia) membantu mengurangi kolesterol darah dengan membatasi penyerapan kolesterol makanan. Zetia dapat digunakan dalam kombinasi dengan salah satu obat statin.
  • Kombinasi inhibitor penyerap kolesterol dan statin. Obat kombinasi ezetimibe-simvastatin (Vytorin) menurunkan penyerapan kolesterol makanan di usus kecil dan produksi kolesterol di hati Anda. Telah diketahui bahwa Vytorin lebih efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung daripada mengambil simvastatin saja.
  • Obat suntik. Sebuah obat kelas baru dapat membantu hati menyerap kolesterol LDL lebih – yang menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam darah Anda. The Food and Drug Administration baru-baru ini telah menyetujui alirocumab (Praluent) dan evolocumab (Repatha) bagi orang-orang yang memiliki kondisi genetik yang menyebabkan tingkat LDL yang sangat tinggi. Obat ini juga dapat digunakan untuk orang yang memiliki serangan jantung atau stroke dan perlu tambahan menurunkan kadar LDL mereka. Obat-obatan suntik diberikan di rumah satu atau dua kali sebulan.

Obat untuk trigliserida tinggi

Jika Anda juga memiliki trigliserida tinggi, dokter mungkin meresepkan :

  • Obat fenofibrate (TriCor) dan gemfibrozil (Lopid) menurunkan trigliserida dengan mengurangi produksi lipoprotein kolesterol VLDL dari hati Anda dan dengan mempercepat penghapusan trigliserida dari darah Anda. Kolesterol VLDL berisi sebagian besar trigliserida.
  • Niacin (Niaspan) menurunkan tingkat trigliserida dengan membatasi kemampuan hati untuk memproduksi kolesterol LDL dan VLDL. Tapi niacin tidak memberikan manfaat tambahan dibandingkan jika menggunakan statin saja. Niacin juga telah dikaitkan dengan kerusakan hati dan stroke, sehingga sebagian besar dokter sekarang merekomendasikan hal hanya untuk orang-orang yang tidak bisa mengambil statin.
  • Suplemen asam lemak omega-3. Suplemen asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Anda dapat mengambil suplemen over-the-counter, atau dokter mungkin meresepkan Lovaza, suplemen resep omega-3 asam lemak, sebagai jalan untuk menurunkan trigliserida Anda. Suplemen ini dapat diambil dengan obat penurun kolesterol yang lain, seperti statin. Jika Anda memilih untuk mengambil suplemen over-the-counter, tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu. Suplemen asam lemak omega-3 dapat mempengaruhi obat lain yang Anda konsumsi.

Toleransi bervariasi

Toleransi obat bervariasi untuk setiap orang. Efek samping yang umum adalah nyeri otot, sakit perut, sembelit, mual dan diare. Jika Anda memutuskan untuk minum obat kolesterol, dokter dapat merekomendasikan tes fungsi hati untuk memantau efek obat pada hati Anda.

Anak-anak dan pengobatan kolesterol

Diet dan olahraga adalah pengobatan awal terbaik untuk anak-anak usia 2 tahun dan lebih tua yang memiliki kolesterol tinggi atau yang mengalami obesitas. American Academy of Pediatrics juga merekomendasikan pengobatan dengan obat resep, seperti statin, untuk anak-anak usia 8 tahun dan lebih tua jika anak memiliki tingkat kolesterol LDL yang tinggi. Namun, rekomendasi ini masih kontroversial. Efek jangka panjang dari obat penurun kolesterol belum diteliti secara luas pada anak-anak. Selain itu, obat kolesterol tertentu seperti niacin tidak dianjurkan untuk anak-anak. Karena ketidaksepakatan di kalangan medis tentang topik ini, berbicaralah dengan dokter anak Anda tentang cara terbaik untuk menurunkan kolesterol anak Anda.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Perubahan gaya hidup sangat penting untuk menjaga tingkat kolesterol Anda. Untuk menurunkannya, turunkan berat badan berlebih, makan makanan yang sehat dan tingkatkan aktivitas fisik Anda. Jika Anda merokok, berhentilah.

Hilangkan kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan berkontribusi untuk kolesterol tinggi. Kehilangan bahkan 5 sampai 10 pon dapat membantu menurunkan kadar total kolesterol ke level yang lebih rendah. Mulailah dengan kebiasaan makan Anda dan rutinitas sehari-hari. Pertimbangkan tantangan Anda untuk menurunkan berat badan – dan cara untuk mengatasinya. Buatlah tujuan jangka panjang yang berkelanjutan.

Makan makanan sehat untuk jantung

  • Apa yang Anda makan memiliki dampak langsung pada tingkat kolesterol Anda. Bahkan, diet kaya serat dan makanan penurun kolesterol lainnya dapat membantu menurunkan kolesterol seperti obat statin pada sebagian orang.
  • Pilih lemak sehat. Lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan kolesterol total dan kolesterol LDL Anda. Dapatkan tidak lebih dari 10 persen dari kalori harian Anda dari lemak jenuh. Lemak tak jenuh tunggal – ditemukan dalam zaitun, kacang dan minyak canola – adalah pilihan yang lebih sehat. Almond dan kenari merupakan sumber lain dari lemak sehat.
  • Menghilangkan lemak trans. Lemak trans, yang sering ditemukan di margarin dan kue panggang komersial, kerupuk dan kue ringan, sangat buruk bagi kadar kolesterol Anda. Lemak trans tidak hanya meningkatkan LDL total / kolesterol buruk Anda, tetapi juga menurunkan HDL / kolesterol baik Anda.

Anda mungkin telah memperhatikan label makanan saat itu dipasarkan mereka sebagai lemak trans bebas. Tapi jangan hanya bergantung pada label ini. Di Amerika Serikat, jika makanan yang mengandung kurang dari porsi 0,5 gram lemak trans, itu dapat ditandai lemak trans bebas. Ini mungkin tidak tampak seperti banyak, tetapi jika Anda makan banyak makanan dengan sejumlah kecil lemak trans, itu dapat bertambah dengan cepat. Sebaliknya, bacalah daftar bahan. Jika makanan mengandung minyak terhidrogenasi parsial, itu adalah lemak trans, dan Anda harus mencari alternatif.

  • Batasi diet kolesterol Anda. Berusahalah untuk tidak memiliki lebih dari 300 miligram (mg) kolesterol per hari – atau kurang dari 200 mg jika Anda memiliki penyakit jantung. Sumber yang paling terkonsentrasi kolesterol termasuk jeroan, kuning telur dan produk susu. Gunakan potongan daging ramping, pengganti telur dan susu skim sebagai gantinya.
  • Pilih biji-bijian. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam biji-bijian membantu kesehatan jantung. Pilih roti gandum, pasta gandum, tepung gandum dan beras merah. Oatmeal dan oat bran adalah pilihan yang baik lainnya.
  • Sediakan buah dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan kaya serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Camilan buah-buahan musiman. Cobalah casserole berbasis sayuran, sup dan goreng-aduk.
  • Makan ikan yang sehat untuk hati. Beberapa jenis ikan – seperti cod, tuna dan halibut – memiliki lebih sedikit lemak total, lemak jenuh dan kolesterol dibandingkan daging dan unggas. Salmon, mackerel dan herring kaya omega-3 asam lemak, yang dapat membantu membantu kesehatan jantung.
  • Minum alkohol hanya dalam level moderat. Konsumsi alkohol dalam level moderat dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda – tapi manfaatnya tidak cukup kuat untuk merekomendasikan alkohol untuk siapa pun yang tidak minum. Jika Anda memilih untuk minum, minumlah hanya dalam level moderat. Ini berarti tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria.

Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda. Dengan persetujuan dokter Anda, berusahalah untuk olahraga hingga 30 sampai 60 menit setiap hari. Berjalan setiap hari. Naik sepeda. Berenang. Untuk menjaga motivasi Anda, tetaplah melakukan kegiatan yang menyenangkan. Cari teman olahraga atau bergabung dengan kelompok olahraga. Dan, Anda tidak perlu untuk mendapatkan semua 30 sampai 60 menit dalam satu sesi olahraga. Jika Anda dapat menekan dalam tiga sampai enam interval 10 menit olahraga, Anda masih akan mendapatkan beberapa manfaat penurun kolesterol.

Jangan merokok

Jika Anda merokok, berhentilah. Berhenti dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. Dan manfaat tidak berakhir di sana. Hanya 20 menit setelah berhenti, tekanan darah Anda akan turun. Dalam waktu 24 jam, risiko serangan jantung akan menurun. Dalam satu tahun, risiko penyakit jantung adalah setengah dari perokok. Dalam waktu 15 tahun, risiko penyakit jantung adalah serupa dengan seseorang yang tidak pernah merokok.

Pengobatan Alternatif

Hanya beberapa produk alami yang telah terbukti mengurangi kolesterol, tetapi beberapa mungkin bisa membantu. Dengan persetujuan dokter Anda, pertimbangkan suplemen dan produk penurun kolesterol berikut :

  • Artichoke
  • Jelai
  • Beta-sitosterol (ditemukan dalam suplemen oral dan beberapa margarin, seperti Promise Activ)
  • Psyllium pirang (ditemukan dalam kulit biji dan produk-produk seperti Metamucil)
  • Bawang putih
  • Oat bran (ditemukan dalam oatmeal dan gandum utuh)
  • Sitostanol (ditemukan dalam suplemen oral dan beberapa margarin, seperti Benecol)

Anda mungkin telah mendengar juga suplemen lain untuk mengurangi kolesterol, ragi merah. Beberapa merek ragi merah mengandung lovastatin, bahan aktif dalam obat Mevacor. Ini bisa menjadi tidak aman, karena tidak ada cara untuk menentukan kuantitas atau kualitas lovastatin dalam suplemen.

Jika Anda memilih untuk mengambil suplemen penurun kolesterol, ingat pentingnya gaya hidup sehat. Jika dokter meresepkan obat untuk mengurangi kolesterol Anda, konsumsilah seperti yang telah diarahkan. Pastikan dokter tahu suplemen yang Anda ambil.

PENCEGAHAN

Perubahan gaya hidup yang sehat untuk hati yang sama dapat menurunkan kolesterol Anda dan dapat membantu mencegah Anda memiliki kolesterol tinggi. Untuk membantu mencegah kolesterol tinggi, Anda dapat :

  • Kehilangan berat badan yang berlebih dan menjaga berat badan yang sehat
  • Berhenti merokok
  • Makan rendah lemak, diet rendah garam yang mencakup banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian
  • Olahraga hampir setiap hari dalam seminggu selama minimal 30 menit

Minum alkohol dalam jumlah sedang, atau tidak sama sekali