Kolestrol Tinggi Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

SehatFresh.com – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi kaum wanita. Pengembangan kanker payudara bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun yang paling utama adalah faktor gaya hidup yang buruk di mana sekarang ini banyak orang yang kurang memerhatikan asupan makanannya dan kurang gerak hingga akhirnya menjadi obesitas. Telah banyak penelitian yang menunjukkan mengenai adanya hubungan antara obesitas dan peningkatan risiko kanker payudara, dan khususnya kolesterol yang tinggi berhubungan dengan risiko kanker payudara. Kolesterol tinggi merupakan penyebab bagi banyak masalah kesehatan, dan kini penelitian telah mengungkap bahwa kolesterol tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan dan penyebaran kanker pada payudara.

Hasil penelitian dari Algorithm for Comorbidities, Associations, Length of stay and Mortality (ACALM) menemukan hubungan antara kolesterol dan pengembangan kanker payudara. Para peneliti melakukan analisis terhadap lebih dari 1 juta wanita di Inggris antara tahun 2000-2013. Ada 664.159 perempuan yang menjadi partisipan dalam penelitian ini, di mana sebanyak 22.938 wanita telah memiliki kolesterol tinggi dan 9.312 menderita kanker payudara. Peneliti menemukan bahwa 530 wanita dengan kolesterol tinggi mengembangkan kanker payudara. Para peneliti kemudian menggunakan model statistik untuk memelajari hubungan antara kolesterol tinggi dan kanker payudara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 1,64 kali.

Mengerahui faktor risiko yang berhubungan dengan peningkatan kadar kolesterol dapat mencegah risiko kolesterol tinggi dan kanker payudara pada wanita, demikian saran para ahli. Obesitas merupakan faktor yang paling umum yang menyebabkan kolesterol tinggi dan juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara pada wanita. Cara yang paling utama untuk mencegah kanker payudara dan mencegah sel kanker untuk terus berkembang adalah dengan menjaga tingkat kolesterol. Pola makan merupakan faktor penting yang memberikan kontribusi terhadap risiko kolesterol tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat berkontribusi terhadap peningkatan jumlah kolesterol yang tidak seimbang. Oleh karena itu, asupan makanan benar-benar pelu dijaga.

Dalam banyak kasus, faktor genetika juga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi dan kanker payudara pada wanita. Dalam hal ini, Anda tidak dapat melakukan hal lain selain lebih berkonsentrasi pada modifikasi gaya hidup agar tingkat kolesterol tetap di bawah kontrol. Selain pola makan sehat dan meningkatkan aktifitas fisik, pemeriksaan kesehatan rutin juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dengan gaya hidup sehat, Anda dapat mengendalikan risiko kolesterol tinggi yang berpengaruh pula pada risiko pengembangan kanker payudara. Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga perlu dihilangkan. Pasalnya, kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan penurunan kolesterol HDL. Ingatlah, gaya hidup Anda merupakan cerminan kesehatan Anda.

Sumber gambar : zonawanita123.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY