Komplikasi Akibat Hipertiroidisme yang Terjadi pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik ini berlaku juga pada kasus kelebihan hormon tiroksin yang terjadi dalam tubuh, kelebihan hormon tiroksin ini akrab disebut dengan hipertiroidisme, ini adalah kelainan yang terjadi pada kelenjar tiroid dimana kelenjar ini memproduksi hormon tiroksin yang berlebihan. Akibat kelebihan hormon tiroksin akan membuat tubuh memiliki metabolisme yang tinggi. Jika, metabolisme yang terjadi dalam tubuh tinggi maka dapat membuat tubuh sering berkeringat, sulit tidur, diare, detak jantung terlalu cepat, dan sampai pada penurunan berat badan meskipun sudah makan banyak.

Meskipun diketahui wanita mempunyai kemungkinan lebih besar dalam mengalami hipertiroidisme yaitu sekitar 5-10 kali lebih mungkin dibandingkan dengan pria, namun pria tidak boleh lengah terhadap penyakit ini karena bagaimanapun juga ini adalah penyakit yang berbahaya bagi tubuh dan tetap ada kemungkinan pria dapat mengalaminya. Hipertiroidisme adalah kondisi yang sangat serius dan dapat menimbulkan banyak komplikasi atau bahaya, selain bisa menyebabkan terjadinya mumps (gondok) komplikasi lain yang dapat terjadi, yaitu:

  • Oftalmopati Graves. Ini adalah gangguan mata yang disebabkan oleh penyakit graves, yang diketahui graves adalah salah satu penyebab hipertiroidisme. Mata kering atau mengeluarkan air mata berlebihan, penglihatan kabur dan sensitivitas berlebihan terhadap cahaya adalah gejala-gejala yang timbul jika Anda mengalami Oftalmopati Graves.
  • Hipotiroidisme. Ini adalah keadaan berbalik dari hipertiroidisme, dimana ini adalah keadaan sedikitnya hormon tiroksin dan triiodotironin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid, karena dampak pengobatan hipertiroidsme.
  • Badai tiroid. Ini adalah keadaan ketika hipertiroidisme tidak ditangani atau tidak terdiagnosis. Pada kondisi ini muncul gejala yang parah dan tiba-tiba akibat sistem metabolisme yang berjalan terlalu cepat. Kondisi ini sangat berbahaya maka segera bawa ke pihak medis terdekat jika timbul gejala seperti: nyeri dada, diare, demam, menggigil, berhalusinasi dan sakit kuning.
  • Gangguan jantung. Salah satu komplikasi yang serius dari hipertiroidisme adalah berkaitan dengan gangguan jantung, seperti jantung berdetak cepat, kelainan ritme jantung, dan gagal jantung kongestif.
  • Osteoporosis. Ini adalah penyakit yang berhubungan dengan tulang, kekuatan tulang sangat bergantung pada jumlah kalsium dan mineral yang diterimanya, sedangkan pada saat hopertiroidisme tubuh akan kesulitan memasukkan kalsium ke dalam tulang karena¬† terganggu dengan banyaknya hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY