Komplikasi Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut WHO tahun 2011 menjelaskan bahwa yang di maksud dengan diabetes gestasional yaitu suatu derajat intoleransi glukosa dengan onset atau pengakuan pertama selama kehamilan. Diabetes yang terjadi pada masa kehamilan atau diabetes gestasional disebabkan oleh beberapa faktor hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Berikut ini beberapa komplikasi yang dapat terjadi dari penyakit diabetes gestasional, diantaranya:

  • Komplikasi pada ibu
  1. Hipertensi merupakan salah satu penyakit akibat komplikasi dari terjadinya diabetes gestasional. Kondisi ini terjadi mungkin terkait dengan terjadinya resistensi insulin.
  2. Ibu yang mengalami diabetes gestasional akan beresiko mengalami penyakit preeklamsia. Preeklamsia yaitu suatu keadaan dimana ibu mengalami tekanan darah tinggi <140/90 mmHg disertai dengan hasil pemeriksaan laboratorium protein urine positif.
  3. Ibu yang mengalami diabetes pada saat kehamilan atau diabetes gestasional akan beresiko mengalami infeksi saluran kemih.
  4. Hidramnion yaitu suatu kondisi dimana jumlah cairan ketuban melebihi batas normal. Kondisi ini dapat menjadi salah satu komplikasi pada diabetes gestasional.
  5. Diabetes gestasional akan meningkatkan terjadinya kematian ibu sehingga hal tersebut dapat meningkatkan terjadinya angka kematian ibu (AKI).
  • Komplikasi pada bayi <30 hari
  1. Apabila ibu mengalami diabetes gestasional pada masa kehamilan biasanya bayi akan mengalami hipoglikemia yang disebabkan karena bayi tersebut memproduksi kadar insulin yang tinggi. Hipoglikemia yaitu suatu kondisi dimana rendahnya kadar gula. Kondisi ini hanya bersifat sesaat setelah bayi lahir dan hipoglikemia yang berat akan menyebabkan kejang.
  2. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang memiliki diabetes gestasional akan terjadi peningkatan hiperbilirubin yang mengakibatkan bayi mengalami penyakit kuning atau yang disebut dengan ikteri.
  3. Diabetes gestasional pada ibu akan meningkatkan resiko terjadinya kelahiran prematuritas yang disebabkan bayi sudah berukuran besar.
  4. Bayi menyimpan kadar gula yang berlebih di dalam kandungan sehingga pada saat lahir biasanya bayi akan memiliki berat badan yang besar atau yang disebut dengan istilah makrosomia.
  5. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang memiliki diabetes biasanya akan mengalami masalah pernafasan sementara. Kondisi tersebut memungkin bayi akan membutuhkan alat bantu pernapasan. Pemasangan alat tersebut biasanya di pasang sampai paru-paru bayi dalam keadaan yang kuat dan cukup matang.
  6. Komplikasi maternal diabetes gestasional pada ibu salah satunya yaitu terjadinya preeklamsia. Selain itu diabetes gestasional dapat mengakibatkan jumlah air ketuban melebihi batas normal atau yang disebut dengan hidramnion atau polihidramnion. Kedua hal tersebut dapat meningkatkan terjadinya kematian intrauteri pada janin atau yang disebut dengan IUFD (janin mati dalam kandungan).
  • Komplikasi pada anak >30 hari

Komplikasi dari diabetes gestasional yang terjadi pada anak yang berusia >30 hari yaitu terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Selain itu penyakit diabetes gestasional dapa meningkatkan terjadinya penyakit diabetes itu sendiri yang disebabkan oleh keturunan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here