Komplikasi Diabetes pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.co – Diabetes biasanya sering terjadi pada orang dewasa, akan tetapi pada kasus ini diabetes dialami oleh anak-anak. Para orang tua sebaiknya perlu tahu tentang tindak lanjut kasus ini salah satu caranya yaitu segera agar cepat diobati. Tujuan utama diabetes pada anak agar segera diobati ini untuk menjaga pertumbuhan fisiknya yang normal seperti penambahan tinggi dan berat badan yang normal waktunya dimulai dari anak tersebut sudah masuk masa pubertas. Kontrol diabetes yang buruk dan dibiarkan dalam waktu justru akan menyebabkan pertumbuhan yang buruk dan penurunan berat badan serta akan mengalami keterlambatan dalam masa pubertasnya dan pertumbuhan tulang. Selain itu gangguan pertumbuhan atau kenaikan berat badan yang memang buruk biasanya akan dicurigai sebagai gejala hipotiroidisme dan penyakit celiac.

Bagi anak melakukan pemeriksaan tinggi dan berat badan adalah hal yang wajib karena untuk mengetahui massa indeks dalam tubuh akan dicatat pada kurva pertumbuhan yang akan memungkinkan anda untuk dapat melihat apakah ada penyimpangan.

Komplikasi diabetes pada anak-anak terdiari dari dua macam. Yaitu ada komplikasi jangka pendek dan komplikasi jangka panjang:

  1. Komplikasi jangka pendek

Penyakit diabetes melitus ini bisa diikuti dengan berbagai macam komplikasi dalam jangka pendek diabetes dapat menyebabkan:

  • Hiperglikemia (Hyperglycemia). Hiperglikemia atau juga disebut gula darah tinggi dalam waktu yang panjang dan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan organ tubuh. Komplikasi ini umumnya dapat terjadi jika penderita tidak segera mengambil tindakan-tindakan untuk mengurangi level glukosa dalam darah seperti mendapatkan injeksi insulin, atau karena disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup anda yang tidak berorientasi pada penanganan penyakit diabetes. Hiperglikemia ini suatu kondisi yang serius dan membutuhkan tindakan medis segera.
  • Hipoglikemia (Hypoglycemia). Dalam beberapa kasus jika penderita diabetes melakukan penanganan yang salah dan berlebihan sehingga akan membuat level glukosa dalam darah menjadi terlalu rendah. Jika anda melewatkan jam makan  dan olahraga serta anda mengkonsumsi obat diabetes (memperkecil kadar glukosa) atau melakukan injeksi insulin hal tersebut dapat menyebabkan hipoglikemia. Anda disarankan untuk selalu mengontrol level glukosa dalam darah dan konsultasikan dengan dokter yang anda percaya mengenai keluhan dan penanganan diabetes yang tepat. Agar anda tidak terjatuh pada kondisi hipoglikemia ini.
  • Ketoacidosis. Ketoacidosis ini adalah komplikasi penyakit diabetes yang terjadi ketika tubuh sudah tidak mampu menggunakan glukosa atau gula darah sebagai energi karena kekurangan insulin. Pada saat sel-sel tubuh kekurangan energi mereka akan menggunakan cadangan makanan sebagai energinya. Pada saat itu jaringan lemak akan terganggu. Maka terbentuklah zat keton (racun) yang ada didalam tubuh. Kondisi ini sangat berbahaya karena pendenrita akan kesulitan untuk bernafas, sakit perut parah dan juga dehidrasi.

2. Komplikasi jangka panjang

Jika semakin lama seseorang menderita penyakit diabetes maka akan semakin tinggi pula risiko yang dialaminya komplikasi yang diakibatkan oleh tingginya glukosa dalam darah. Penanganan yang baik bisa mencegah terjadinya komplikasi-komplikasi ini. Semakin baik penderita mengontrol level glukosa tetap normal maka akan semakin kecil pula risikonya.(NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here