Komplikasi Penyakit Jantung Koroner

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh arteri oleh plak yang menghambat suplai oksigen dan nutrisi ke jantung.

Umumnya seseorang dengan penyakit jantung koroner akan memunculkan gejala seperti merasakan gejala sesak dan nyeri pada dada, mual setelah makan, pusing, berkeringat, mudah lelah, nafsu makan menurun, dan sering merasakan sakit kepala.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit jantung koroner ini merupakan penyakit pembunuh nomer satu di dunia. Karena orang yang sudah menderita ini bisa jadi mengalami komplikasi karena keparahan penyakit jantung koroner yang di deritanya.

Komplikasi pada penyakit jantung koroner merupakan gangguan medis atau penyakit yang disebabkan dan muncul karena seseorang mengidap penyakit jantung koroner. Dengan adanya komplikasi dapat mempercepat kematian pada penderitannya dibandingkan orang yang mendeita penyakit jantung koroner tetapi tidak disertai komplikasi.

Karena kondisi komplikasi yang berbahaya, maka orang dengan penyakit jantung koroner harus mendapatkan penanganan atau pengobatan secara segera dan tepat. Agar lebih jelas lagi, berikut akan dijelaskan beberapa macam komplikasi yang dapat terjadi bila anda terserang penyakit jantung koroner:

  1. Serangan jantung

Komplikasi serangan jantung dapat terjadi karena adanya plak atau penumpukan kolesterol dan bekuan darah yang menyumbat aliran darah pada pembuluh darah. Plak tersebut menyebabkan serangan jantung karena menurunnya aliran darah ke jantung. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda menjaga pola makan yang baik agar terhindar komplikasi ini.

  1. Gagal Jantung

Selai serangan jantung, jika jantung mengalami penurunan pasokan darah maka dapat mengakibatkan gagal jantung. Hal tersebut terjadi karena area pada jantung kekurangan oksigen dan nutrisi secara kronis. Jantung akan menjadi lemah atau kekuatannya berkurang dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan pasokan darah.

  1. Detak jantung abnormal

Aritmia atau detak jantung yang tidak normal pada penderita jantung koroner biasanya terjadi dalam tiga kategori yaitu Bradikardi atau detak jantung yang berjalan lambat, detak jantung berjalan lebih cepat (takikardi), dan vibrilasi yaitu detak jantung tidak efektif memompa darah keluar dari atrium dan ke dalam tubuh untuk peredaran darah. Vibrilasi dapat mengakibatkan stroke dan gagal jantung (vibrilasi ringan). Jika vibrilasi yang diderita merupakan ventrikel vibrilasi maka itu dapat sangat mematikan, dimana dapat menyebabkan kematian pada penderitannya sebelum sampai ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY