Komplikasi yang Diakibatkan Karena Penyakit Gondok

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit gondok merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena sistem imun tubuh menyerang tubuh sendiri. Seseorang yang mengalami penyakit gondok memiliki jumlah hormon tiroid yang berlebihan di dalam tubuh sehingga menyebabkan sistem metabolisme di dalam tubuh terganggu. Dampak lain dari adanya peningkatan jumlah hormon tiroid di dalam tubuh yakni pembengkakan di daerah leher, hal ini dikarenakan letak hormon tiroid di dalam anatomi tubuh manusia memang berdekatan dengan leher.

Pembengkakan yang terjadi tidak lain merupakan perkembangan tidak teratur dari sel-sel tubuh. Bagi penderita penyakit gondok yang sudah bertahun-tahun membiarkan keadaannya begitu saja tanpa melakukan pengobatan, maka dipastikan akan mendapat masalah yakni semakin bertambah besarnya pembengkakan di area leher. Apabila pembengkakan sudah semakin membesar, dokter biasanya akan menyarankan beberapa tindakan, diantaranya adalah dilakukan pembedahan dan pengangkatan jaringan, serta pemberian obat untuk menekan pertumbuhan sel yang tidak teratur.

Memang tidak semua penderita penyakit gondok akan menunjukkan tanda pembengkakan di leher, namun hal tersebut terjadi pada mereka yang cepat mengetahui dan mengobati penyakit ini. Lalu, bagaimana jika penderita penyakit gondok tidak melakukan pengobatan? Anda perlu mengetahui komplikasi-komplikasi yang dapat terjadi akibat dari penyakit gondok yang akan diuraikan sebagai berikut.

  1. Osteoporosis

Hormon tiroid memiliki fungsi salah satunya sebagai pengatur metabolisme tubuh, termasuk dalam hal pembentukkan tulang. Apabila terjadi peningkatan hormon tiroid, maka proses penyerapan tulang pun ikut meningkat. Seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan membuat tulang menjadi mudah keropos dan patah. Masalah keroposnya tulang manusia disebut dengan osteoporosis, yang pada umumnya terjadi pada usia lanjut. Namun, dalam kasus penyakit gondok ini semua kalangan usia beresiko mengalaminya.

  1. Trakeomalaisa

Trakeomalaisa adalah bahasa medis yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan dimana dinding saluran pada tenggorokan mengalami kelemahan. Trakeomalaisa dapat menyebabkan sumbatan pada jalan nafas penderita penyakit gondok dikarenakan adanya penyebaran sel yang mendesak di area pernafasan, atau bisa juga karena prosedur operasi. Akibatnya, penderita mengalami gangguan dalam bernafas dan menelan.

  1. Kretinisme

Kretinisme adalah suatu kondisi dimana seorang anak mengalami pertumbuhan badan yang bisa dikatakan kerdil atau cebol. Proses kretinisme merupakan komplikasi penyakit gondok yang diakibatkan sejak anak berada di dalam kandungan. Setelah anak lahir, pertumbuhan anak tersebut akan abnormal (kerdil) dan rata-rata memiliki IQ yang rendah. Kretinisme merupakan akibat dari kurangnya yodium dalam tubuh yang tidak bisa mensintesis hormon tiroid.

  1. Kerusakan saraf pusat

Saraf pusat merupakan sistem tubuh yang mengatur jalannya informasi yang diterima dari luar tubuh dan kemudian diolah sedemikian rupa sehingga tubuh kita melakukan respon terhadap informasi tersebut. Saraf pusat manusia ada dua, yakni otak dan sumsum tulang belakang. Apabila seorang wanita mengalami penyakit gondok dan kemudian hamil, maka dapat dipastikan anaknya akan mengalami kerusakan pada saraf pusat baik itu saat di kandungan maupun setelah anak lahir. Kerusakan saraf pusat dapat diamati dengan terjadinya retradasi mental, gangguan pendengaran (tuli), dan gangguan berjalan, serta gangguan dalam berbicara. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here