Komplikasi yang Timbul Dari Penyakit Gondongan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pemberian imunisasi MMR salah satu upaya untuk mencegah terjadinya penyakit gondonga, hal ini sangat penting sekali untuk diterapkan. Pentingnya upaya pencegahan penyakit gondongan dikarenakan penyakit gondongan merupakan suatu penyakit yang menular.

Selain itu penyakit ini dapat menimbulkan beberapa komplikasi yang dapat mengganggu kesehatan. Berikut ini beberapa komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit gondongan diantaranya:

  1. Orkitis

Orkitis merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada salah satu atau kedua testis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kasus terjadinya orkitis pada pasien gondongan sekitar 10-20%. Komplikasi ini dapat terjadi pada pria dewasa. Pada umumnya setelah sembuh testis akan menciut, hal ini apabila tidak segera ditangani akan menimbulkan kerusakan pada testis yang dapat menimbulkan kemandulan.

Komplikasi ini terjadi di minggu pertama saat anda mengalami gondongan. Namun ada beberapa kasus yang menunjukan orkitis mundul pada minggu kedua atau ketiga saat terjadi gondongan. Kondisi ini ditandai dengan demam tinggi, rasa sakit dibagian testis, kemerahan di daerah skrotum, mual, muntah disertai nyeri perut

  1. Ovoritis

Gondongan dapat menimbulkan terjadinya peradangan pada salah satu atau kedua indung telur, kondisi ini disebut dengan ovoritis. Seseorang yang mengalami komplikasi ini akan menunjukan gejala berupa rasa sakit ringan dibagian perut. Kasus ovoritis jarang sekali yang mengakibatkan kemandulan.

  1. Ensefalitis

Ensefalitis merupakan kondisi terjadinya infeksi virus yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada otak. Kompikasi ini dapat mengakibatkan kesehatan jiwa karena terjadinya gangguan pada saraf di otak.

Kondisi ini ditandai dengan munculnya gejala berupa sakit kepala, rasa kantuk yang berlebihan, kejang-kejang bahkan koma. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan otak dan saraf secara permanen yang mengakibatkan ketulian dan lumpuh pada otot wajah. Meskipun kondisi ini berakibat fatal akan tetapi kompilkasi ini jarang sekali terjadi.

  1. Meningitis

Meningitis merupakan suatu kondisi dimana telah terjadi infeksi peradangan pada selaput otak dan spinal cord yang disebabkan oleh virus mumps yang masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebar ke susunan saraf. Tanda gejala dari kondisi ini yaitu kaku dibagian leher, sakit kepala dan terjadinya kejang.

  1. Pankreatitis

Gondongan dapat mengakibatkan komplikasi yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada pankreas, kondisi ini disebut dengan pankreatitis. Kondisi ini biasanya muncul pada akhir minggu pertana yang ditandai dengan mual, muntah dan sakit dibagian perut. Pada umumnya gejala ini akan hilang dalam waktu 1 minggu.

  1. Nefritis

Gondongan dapat menimbulkan peradangan pada organ ginjal. Kondisi ini akan menyebabkan pengeluaran urin dalam jumlah yang banyak dengan konsistensi kental. Komplikasi ini dalam istilah medis disebut dengan nefritis.

  1. Thrombocytopenia purpura

Seseorang yang mengalami gondongan akan beresiko mengalami kelainan darah dimana kondisi ini telah terjadi pembekuan pada pembuluh dara kecil yang mengakibatkan kadar trombosit dalam tubuh menjadi rendah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here