Komponen Sarapan Sehat

SehatFresh.com – Sarapan pagi merupakan waktu makan paling diantara waktu makan lainnya. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengisi kembali bahan bakar tubuh sebelum memulai aktivitas dan bahkan memberi manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Namun, sarapan itu hendaknya mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Sarapan sehat bahkan bisa memperpanjang angka harapan hidup. Sarapan teratur adalah salah satu kunci terkait dengan umur panjang. Orang yang rutin sarapan memiliki risiko lebih rendah terhadap diabetes tipe 2 dan kurang mungkin untuk mengembangkan gagal jantung selama masa hidup mereka daripada mereka yang tidak.

Menurut Mayo Clinic, orang dewasa yang secara teratur makan sarapan yang sehat lebih mungkin untuk mendapatkan lebih banyak asupan vitamin dan mineral, berat badan terkontrol dengan baik dan makan lebih sedikit lemak dan kolesterol. Sementara anak-anak yang rutin makan sarapan sehat lebih mungkin terpenuhi kebutuhan nutrisinya, mencapai berat badan yang sehat, lebih berkonsentrasi dan lebih sigap di sekolah.

Seperti apa sarapan sehat itu? Idealnya, Anda makan sarapan dalam satu jam atau dua pertama setelah bangun. Porsi sarapan yang ideal menurut para ahli gizi adalah 20 hingga 25 persen dari total kalori harian. Sarapan yang sehat mengandung satu atau lebih dari empat kelompok makanan utama: biji-bijian utuh (whole grain), susu rendah lemak, protein rendah lemak dan buah-buahan dan sayuran.

  • Biji-bijian utuh menyediakankarbohidratuntuk bahan bakar yang nantinya akan menunjang energi untuk aktivitassehari-hari danseratuntuk menjagasistem pencernaandalam kondisi baik. Contohnya gandum, jagung, nasi merah dan quinoa.
  • Susurendah lemakmenyediakankalsium danvitaminDuntuk menjagatulang yang kuat.
  • Proteinrendah lemak akanmemasokblok bangunanasamaminountuk perbaikandan produksisel. Contohnya peanut butter, daging tanpa lemak, unggasatau ikan, dan telurrebus.
  • Buah-buahandansayuranmenyediakanserat, vitamin, mineraldan fitokimiayang membuatproses selulerberfungsidanmelindungi tubuh daripenyakit.

Anda memiliki banyak cara untuk bisa menikmati dan mendapatkan manfaat sarapan sehat setiap hari, dan itu tidak selalu harus menjadi menu sarapan yang monoton. Misalnya :

  • Sereal gandum dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan.
  • Yoghurt rendah lemak yang dicampur buah-buahan.
  • Satu butir telur rebus dan satu buah pisang.
  • Telur dadar dicampur sayuran dan roti gandum.
  • Jus pisang dicampur susu rendah lemak dan satu lembar roti gandum.
  • Oatmeal dicampur susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan.
  • Sandwich roti gandumdengandaging tanpa lemakdan kejurendah lemak, selada, tomat dan ketimun

Ingat, jangan abaikan waktu sarapan karena sarapan merupakan hal penting untuk memulai hari yang produktif. Sarapan pagi dengan porsi yang tepat dan nilai kandungan gizi yang baik membuat Anda tidak perlu makan berlebihan pada saat makan siang dan malam.

Sumber gambar : bukutulis.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY