Kondisi Alergi yang Mengharuskan Remaja Segera Memeriksakan Diri Ke Dokter

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Alergi dapat menyerang siapa saja. Tak terkecuali seorang remaja. Alergi sendiri memiliki banyak jenis. Jenis alergi meliputi alergi karena sinus musiman, alergi karena menderita asma, alergi makanan, alergi dingin dan alergi kulit serta alergi terhadap sengatan serangga.

Orang yang terkena alergi biasanya akan memunculkan gejala seperti pada umumnya yaitu bersin-bersin, batuk-batuk, sesak napas, ruam pada kulit yang alergi, hidung beringus, terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen atau zat yang menyebabkan alergi misalnya pada wajah, mulut dan lidah. Anda juga akan merasakan gatal dan mata yang memerah, mata merah disertai berair, sakit perut, muntah dan diare.

Tingkat serangan alergi pada masing-masing orang memiliki perbedaan. Ada orang yang akan memiliki reaksi yang biasa atau ringan terhadap alergen dan ada juga yang parah sampai berakibat fatal atau dalam dunia medis disebut dengan anafilaksis.

Seperti banyaknya jenis alergi. Penyebab alergi juga berbeda-beda seperti alergi yang disebabkan oeleh gigitan serangga contohnya sengatan lebah, alergi makanan tertentu contohnya telur atau makanan laut, alergi yang disebabkan oleh substansi di udara, alergi yang disebabkan obat-obatan dan penyebab lainnya yaitu alergen yang bersentuhan dengan kulit secara langsung, sebagai contohnya bahan kimia pada shampoo, parfum, sabun dan lain sebagainya.

Untuk alergi jenis ringan mungkin bisa anda obati dengan cara alami sepeti menggunakan minyak zaitun dan herbal lain. Tidak perlu sampai ke dokter. Lalu kapan waktu yang tepat dan mengharuskan anda periksa ke dokter saat terserang alergi?

Seperti yang anda ketahui bahwa alergi yang berat dapat memicu timbulnya penyakit kronis lainnya seperti asma dan yang berat yaitu timbul syok anaflakis yang timbul karena alergi obat. Bila alergi anda sudah separah tingkat itu maka itu tandanya anda harus memeriksakan diri ke dokter segera. Bila mungkin anda dapat mengunjungi dokter spesialis Alergi Imunologi. Dokter akan menanyakan berbagai hal terkait timbulnya reaksi alergi, memeriksa kondisi anda dan bila dianggap perlu akan dilakukan suatu tindakan untuk membantu mengatasi keluhan anda. Dokter spesialis Alergi Imunologi mungkin akan menganjurkan anda untuk melakukan tes alergi untuk mengetahui penyebabnya dan agar penanganan yang dberikan sesuai dengan jenis alergi yang anda alami.

Perlunya periksa ke dokter saat alergi sudah kronis adalah untuk mencegah kemungkinan buruk pada diri anda seperti sampai terkena asma dan syok anaflaksis tersebut. Jadi, saat alergi menyerang jangan dianggap remeh. Kenali gejalanya dengan baik dan bila perlu segera periksa ke dokter. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY