Kondisi Payudara Remaja Ketika Pubertas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap anak pasti akan tumbuh melawati fase demi fase mejadi remaja, dewasa, dan tua. Setiap fase dalam kehidupan tersebut pasti memiliki perubahan demi perubahan pada sistem kehidupannya maupun bentuk tubuh, tidak terekcuali pada masa remaja yang merupakan awal seorang remaja khsusunya remaja putri mengalami pubertas.

Pada masa pubertas seluruh anggota tubuh pada remaja mulai tumbuh, salah satu bagian yang tidak luput untuk tumbuh adalah payudara. Pada masa pubertas hormon esterogen akan berkolaborasi dengan hormon pubertas yang akan merangsang perkembangan kelenjar susu pada payudara yang mengakibatkan tumbuhnya payudara. Umumnya pertumbuhan payudara sebelah kiri terliha lebih besar dibangingkan dengan yang kanan.

Payudara sendiri adalah salah satu bagian tubuh yang dimiliki wanita yang membedakannya dengan pria, pada wanita payudara berkembang sehingga mempunyai kelenjar susu yang berfungsi untuk menyusui bayinya kelak dan juga memiliki peranan penting dalam kegiatan seksual. Payudara sendiri terbentuk dengan adanya jaringan ikat dan ligamen, dan lemak. Namun selain itu dalam payudara pun terdapat pembuluh darah, saraf, dan kelenjar getah bening.

Lalu bagaimana kah sebenarnya kondisi payudara remaja pada saat pubertas? Berikut adalah beberapa ulasannya bagaimana kondisinya:

  • Payudara mulai menonjol. Pada masa pubertas payudara pada remaja mulai menonjol dan berbentuk, ini dikarenakan kuncup yang berada dibawah puting membesar dan memuculkan benjolan yang mebuat dada lebih berbentuk.
  • Tumbuhnya payudara. pada masa ini payudara akan membengkak dan lingkaran gelap dari kulit seitar puting pun membesar. Umumnya ini terjadi selama 2-24 bulan.
  • Puting mulai keluar. Pada kondisi ini puting dan daerah gelap sekitar puting menjadi membesar dan puting sendiri menjadi terlihat lebih besar. Umumnya ini terjadi selama 8-24 bulan.
  • Dewasa. Pada msa ini kondisi payudara seoran remaja sudah berkembang menjadi bentuk payudara dan terus berkembang menjadi lebih besar lagi, payudara akan membesar kurang lebih sapai usia 21 tahun.

Pada setiap bulan mengalami mestruasi selain mengeluarkan darah dari dalam tubuh, payudara juga sering terasa sakit dan terasa membesar ini karena pada saat menstruasi payudara akan menimbun cairan premestrual yang dapat mengakibatkan payudara membesar, namun itu akan hilang seirng dengan usainya masa mestruasi. Besar kecil dan bentuk dari payudara sangat bergantung pada gaya hidup dan perubahan hormon, ini karena payudara sendiri mengandung reseptor hormon yang dapat meresap hormon pada saat-saat tertentu seperti pada saat menstruasi, hamil, sampai menopause.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY