Kondisi yang Menyebabkan Kambuhnya Fobia Sosial pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kondisi ketakutan terhadap suatu hal atau benda pada umumnya dinamakan dengan fobia. Fobia merupakan kelainan mental yang dapat dialami oleh seseorang dengan tingkat stres yang tinggi karena pengalaman yang tidak menyenangkan. Salah satu contoh fobia adalah Social Anxiety Disorder atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan fobia sosial.Fobia sosial juga bisa disebut dengan gangguan kecemasan sosial, fobia sosial merupakan suatu kondisi kesehatan mental kronis yang dapat mempengaruhi emosi dan perilaku.

Gejala-gejala emosi dan perilaku yang khas pada penderita fobia sosial yakni :

  • Merasa takut secara berlebihan saat berinteraksi dengan orang asing
  • Merasa khawatir akan mempermalukan diri sendiri
  • Ketakutan jika orang lain akan akan melihat kecemasan
  • Merasa malu ketika berbicara dengan orang lain
  • Menghindari situasi yang membuatnya menjadi pusat perhatian
  • Kesulitan membuat kontak mata
  • Muka memerah
  • Berkeringat
  • Detak jantung meningkat

Cikal bakal terjadinya fobia sosial kebanyakan berasal saat seseorang menginjak usia remaja. Pada usia remaja, banyak hal baru yang harus dilalui remaja untuk mencari jati dirinya. Bagi yang kurang mampu untuk menghadapi dunia luar, mereka akan cenderung menghabiskan waktu sendiri di rumah, awalnya malas kemudian berujung pada rasa malu. Inilah salah satu faktor kenapa seseorang bisa mengalami fobia sosial.

Selain faktor lingkungan, ternyata ada faktor penyebab lain yang memungkinkan terjadinya fobia sosial dianaranya adalah warisan sifat, kimia otak, struktur otak, dan pengalaman negatif. Fobia sosial bisa disebabkan karena faktor keturunan, bisa saja kedua orang mempunyai sifat yang sama sehingga anaknya pun meniru. Kemudian faktor kedua adalah karena faktor otak, kecemasan sosial disebabkan karena di dalam otak terdapat serotonin. Serotonin adalah penghubung saraf yang membantu mengatur suasana hati dan emosi, pada penderita fobia sosial mungkin efek serotonin terlalu kentara. Selain itu ada faktor pengalaman negatif seperti bullying, penolakan, atau penghinaan, hal-hal tersebut dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami fobia sosial.

Setelah mengetahui penyebab fobia sosial, ternyata ada kondisi atau keadaan khusus yang membuat fobia sosial kambuh, diantaranya :

  1. Menggunakan toilet atau telepon umum
  2. Pergi ke tempat umum
  3. Mengembalikan barang toko
  4. Berinteraksi dengan orang lain
  5. Menulis di depan orang banyak atau papan tulis saat di sekolah
  6. Melakukan kontak mata
  7. Berada di ruangan yang sudah ada orang
  8. Memesan makanan di restoran
  9. Diperkenalkan dengan orang asing
  10. Memulai pembicaraan
  11. Stress
  12. Menghadapi banyak tuntutan
  13. Dipermalukan di depan umum

Keadaan-keadaan tersebut dapat memicu kambuhnya fobia sosial pada penderitanya. Maka dari itu, bagi penderita fobia sosial disarankan untuk selalu mematuhi pengobata dan berusaha untuk menghindari keadaan-keadaan tersebut. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here