Konsumsi Gula Berlebih Dapat Pengaruhi Kesehatan Mental Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan manis memang menggiurkan, banyak dari kita pasti menyukai makanan yang manis sehingga saat mengonsumsi makanan manis kita cenderung tak mengontrol sampai sebanyak apa yang kita makan. Padahal mengontrol asupan makanan termasuk makanan manis juga diperlukan karena jumlah yang berlebihan akan berdampak pada kesehatan atau berbahaya.

Bahaya dari konsumsi makanan manis atau gula yang berlebihan akan menyebabkan beberapa penyakit, mulai dari yang ringan contohnya seperti sakit gigi dan yang cukup berat yaitu penyakit diabetes atau yang dikenal juga oleh masyarakat sebagai penyakit gula. Namun, tak hanya itu. Ternyata pada pria, konsumsi gula yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka. Jadi tak hanya bahaya untuk kesehatan fisik saja, tapi kesehatan mental juga terancam jika konsumsi gula berlebih.

Ada beberapa studi yang menyatakan hal berkaitan konsumsi gula berlebih pada kesehatan mental pria namun terjadi pro dan kontra. Ada yang menyatakan konsumsi gula berlebih mempengaruhi kesehatan mental dan ada yang sebaliknya.

Untuk studi yang pro yaitu penelitian tersebut dilakukan oleh Anika Knuppel dan rekannya dari Institute of Epidemiologi and Public Health di University College London di Inggris dalam sebuah jurnal Scientific Reports menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi lebih dari 67 gram gula atau melebihi kadar normal konsumsi gula harian setiap harinya dari makanan dan minuman yang manis, lebih cenderung untuk mengalami kecemasan, depresi dan gangguan mental lainnya setelah lima tahun, dibandingkan dengan asupan gula harian lebih rendah.

Sedangkan penelitian lain yang bertolak belakang dengan penelitian di atas menyatakan bahwa tidak hanya pada pria saja. Tapi pria maupun wanita bisa saja mengalami gangguan kesehatan mental jika memiliki asupan gula harian yang tinggi. Pria atau wanita sama-sama cenderung untuk mengalami depresi setelah 5 tahun dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi gula dalam kadar yang lebih rendah.

Terlepas dari pro dan kontranya dua penelitian di atas, perlu kita ketahui dan sadari bahwa keduannya sama-sama menyatakan konsumsi gula berlebih memang berdampak negatif pada kesehatan mental manusia. Jadi, solusi terbaiknya adalah dengan mengontrol konsumsi harian anda terhadap gula. Boleh saja makan yang manis-manis tapi jangan sampai kalap. Batasi asupan konsumsi gula dengan tidak mengonsumsi gula lebih dari 67 gram setiap harinya. Jika anda tergolong orang yang suka cemilan, anda bisa menganti atau bergantian dengan makanan yang asin atau pedas dengan kadar yang baik untuk tubuh, sehingga tidak berlebih konsumsi gulanya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here