Kontrol Makanan Agar Remaja Tidak Obesitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pola hidup yang sehat memang harus dibiasakan. Terutama harus dibiasakan dari mulai usia remaja. Jika sejak dini sudah menerapkan pola hidup yang sehat maka akan mendapatkan hidup sehat atau tidak terserang penyakit di usia dewasa nanti.

Salah satu akibat dari pola hidup yang tidak sehat adalah obesitas. Obesitas adalah kelebihan berat badan di atas idealnya. Pada orang yang obesitas cenderung memiliki risiko tinggi untuk menderita suatu penyakit seperti diabetes dan lain sebagainya. Obesitas ini juga dapat menyerang usia remaja.

Jika sudah sejak remaja obesitas maka bisa anda perkirakan nanti saat usia dewasa yang terjadi apa saja. Solusi yang dapat digunakan agar remaja terhindar dari obesitas adalah dengan melakukan kontrol terhadap makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Cara mengontrol makanan pada remaja yaitu dengan asupan nutrisi seimbang antara karbohidrat, lemak dan protein. Jangan ragu untuk memakan lemak sehat yang biasa dapat ditemukan di kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat. Lemak ini menyerap 25-35% dari kalori sehari-hari Anda, dan sumber ini juga membantu untuk mengabsorpsi vitamin, kulit yang sehat dan regulasi hormon.

Karbohidrat, seperti gandum, buah-buahan dan sayuran segar, menyediakan energi dan nutrisi. Karena mereka dicerna secara lambat, makan sekitar 50-60% dari kalori harian Anda dari sumber ini akan menjaga Anda agar tidak merasa kelaparan di tengah hari. Kalsium berguna untuk menyokong tulang dan mencegah tulang yang lemah di masa depan.

Sebaiknya jangan lewatkan sarapan pagi. Karena sarapan pagi berperan penting dalam meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh agar berenergi dan dapat beraktivitas sepanjang hari. Makan malam terlalu malam juga tidak dianjurkan bagi remaja dikarenakan saat malam hari kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi sudah berkurang atau menurun.

Jadi tubuh justru akan menyerap lemak dan bukan nutrisi yang diserap. Makan malam palin telat yang disarankan oleh peneliti dari Northwestern University adalah jam 19.00 WIB atau 3 jam sebeum tidur. Sehingga tubuh memiliki waktu untuk mengolah lemak dan kalori saat anda tidur.

Anda juga perlu menghindari dan membatasi konsumsi beberapa makanan cepat saji. Karena makanan cepat saji yang tersedia dipasaran memiliki efek besar untuk membuat anda menjadi obesitas. Makanan cepat saji tersebut seperti junkfood, soda. Anda juga perlu membatasi konsumsi lemak jenuh dan mentega. Batasi juga karbohidrat yang berasal dari biskuit, keripik kentang, kue dan berbagai macam roti.(DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here