Kriteria Sperma Normal

SehatFresh.com

SehatFresh.com – Semua orang tahu bahwa kualitas sperma juga menentukan pembuahan yang akan terjadi. Bagi seorang pria, kualitas sperma adalah hal yang sangat penting, tidak sedikit dari mereka yang mencari dan melakukan beragam cara untuk meningkatkan kualitas sprema. Namun, ada pula di antara mereka yang cukup cuek menanggapi hal ini.

Sperma yang sehat adalah yang diproduksi dalam suhu dua hingga empat derajat celsius lebih rendah dari suhu tubuh dalam keadaan normal. Sehingga apabila menginginkan sperma sehat, hindari berendam, memangku laptop saat bekerja, air panas, sauna, atau memakai celana yang terlalu ketat. Merokok dan minum alkohol juga menjadi salah satu penyebab kelainan pada spermatozoa. Terpapar asap rokok (termasuk perokok pasif) bahkan mengingkatkan risiko infeksi kandung kemih.

Berikut beberapa kriteria sperma normal, yakni :

  • Sperma berwarna putih. Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah sperma sehat atau tidak. Caranya ialah dengan memerhatikan warnanya. Apabila sperma Anda berwarna putih, maka bisa dipastikan bahwa sperma dalam keadaan sehat sehingga sangat bagus untuk Anda yang ingin memiliki keturunan. Apabila sperma yang Anda miliki berwarna sedikit kekuningan, maka sperma tersebut masih bisa dianggap normal. Namun, berbeda halnya apabila sperma yang Anda miliki ternyata mempunyai warna merah atau merah mudah. Apabila sperma berwara merah atau merah muda, maka bisa dipastikan bahwa sperma Anda sedang mengalami masalah dan harus secepat diperiksakan ke dokter.
  • Jumlah sperma. Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah sperma Anda sehat atau tidak ialah dengan menghitung jumlah sperma itu sendiri. Namun, Anda tak harus menghitung satu persatu, Anda bisa datang ke spesialis sperma ataupun dokter. Biasanya, dalam satu mililiter air sperma terdapat setidaknya dua puluh juta sperma. Bila jumlah sperma sebanyak itu, atau lebih, maka sperma Anda dikategorikan sebagai sperma yang sehat, dan sebaliknya, apabila kurang dari itu, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis demi mendapatkan sperma yang sehat.
  • Sperma lengket. Anda juga harus memerhatikan apakah sperma yang Anda keluarkan ketika ejakulasi terasa lengket atau tidak. Ciri mendasar dari sperma yang sehat adalah mempunyai warna putih dan lengket seperti jelly. Bila sperma Anda lengket seperti jelly, maka tak perlu khawatir lagi akan kualitas sperma Anda. Namun sebaliknya, apabila sperma yang Anda keluarkan terlalu encer ataupun terlalu kental, maka Anda harus waspada karena hal tersebut bisa memengaruhi hasil keturunan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY