Kuku Panjang Menjadi Sarang Penyakit dan Masalah Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi wanita kuku merupakan salah satu jenis fhasion. Memiliki kuku panjang suatu nilai estetika bagi seorang wanita disetiap penampilannya, apalagi bila ditambah dengan warna serta motif kutek. Untuk itu tidak jarang bagi wanita yang menyukai kuku panjang dan rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan menicure dan pedicure di salon. Kuku panjang selalu dikaitkan dengan feminitas dan kecantikan. Tetapi menurut penelitian menyatakan bahwa memiliki kuku panjang dapat menambah resiko timbulnya penyakit. Selain itu, memiliki kuku panjang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan ketika tidak dirawat dengan baik.

Menurut Infectious Disease Society of America menyatakan hasil penelitian terbarunya bahwa apabila seseorang memiliki kuku yang panjangnya melebihi 3 milimeter dari ujung jari bisa menyimpan bakteri dan jamur yang berbahaya untuk kesehatan. Sebagian orang pada saat mencuci tangan hanya fokus pada kulit dan sela-sela jari tangan tanpa memperhatikan kebersihan kuku mereka, sehingga kuman dan bakteri pada kuku masih menempel.

Apa dampak atau bahaya apabila memiliki kuku panjang?

  1. Tempat bersarangnya kuman

Memiliki kuku panjang merupakan tempat dimana kuman dan bakteri menempel. Apabila tangan anda dalam keadaan bersih belum tentu anda terbebas dari kuman karena bila anda memiliki kuku panjang kemungkinan masih ada kuman dan bakteri yang menempel pada kuku panjang anda

  1. Dapat melukai kulit

Apabila kita merasa gatal maka dengan refleks tangan kita akan menggaruk bagian tubuh yang gatal. Apabila kita memiliki kuku panjang tanpa kita sadari kita telah merusak kulit dan bahkan telah melukai kulit. Karena kuku panjang yang kita rawat tajam dan akhirnya bisa melukai kulit pada saat menggaruk

  1. Beresiko pada saat makan

Apabila kita memiliki kuku panjang pada saat makan menggunakaan tangan kita akan mengalami kesulitan. Selain itu makan dengan kuku yang panjang juga memungkinkan bakteri yang bersembunyi di balik kuku panjang anda akan ikut masuk kedalam tubuh anda bersama makanan yang anda makan.

  1. Kesulitan pada saat mengetik

Dampak yang akan dirasakan apabila memiliki kuku panjang yaitu pada saat kita mengetik di laptop atau komputer yaitu jari tangan akan mengalami penekanan yang tidak seharusnya karena anda akan berusaha menahan kuku agar tidak mengenai tombol keyboard. Untuk itu anda akan mengalami kesulitan pada saat mengetik. Selain itu memiliki kuku panjang anda akan lebih lama pada saat mengetik di ponsel atau smartphone.

  1. Sumber penyakit

Semua penyaki tubuh berawal dari makanan. Apabila kita memiliki kuku panjang maka tidak menutup kemungkinan makanan yang akan dikonsumsi kita telah terkontaminasi oleh kuman dan bakteri yang bersembunyi di kuku panjang kita. Untuk itu resiko terjadinya diare akan lebih besar. Terlebih lagi apabila kita tidak rajin untuk membersihkan dan tidak mencuci tangan sebelum makan.

  1. Berpengaruh terhadap psikis

Memiliki kuku panjang akan berpengaruh terhadap psikis anda dikarena sebagian orang menganggap jika seseorang memiliki kuku panjang maka dirinya memiliki pribadi yang kotor. Selain itu, memiliki kuku panjang tanpa anda disadari anda akan terus menerus memikirkan bentuk dan keindahan kuku anda. Sehingga hal ini akan membuat fikiran anda menjadi terbebani.

Memiliki kuku panjang sebenarnya boleh saja yang penting anda harus telaten dan rajin untuk selalu merawat. Selain itu, sebelum makan anda harus selalu mencuci tangan dengan benar dan membersihkan kuku anda agar makanan yang akan anda makan tidak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri yang menempel pada kuku panjang anda. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here