Kunci Pencegahan Penyakit Jantung

SehatFresh.com – Penyakit jantung telah menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Faktor risiko tertentu membuat beberapa orang lebih mungkin untuk menderita penyakit jantung. Faktor risiko dibagi dalam dua kategori, yaitu faktor risiko yang dapat dimodifikasi (gaya hidup) dan faktor yang tidak dapat dimodifikasi (genetik). Kabar baiknya, melalui perubahan gaya hidup seperti berhenti merokok, makan sehat, olahraga, meminimalisir stres dan kontrol tekanan darah yang baik, kemungkinan terkena penyakit jantung dapat berkurang secara signifikan.

  • Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke. Merokok menyebabkan penumpukan zat lemak (plak) pada arteri, yang akhirnya mengarah pada pengerasan arteri (aterosklerosis). Merokok merusak organ dan memperburuk banyak faktor risiko lain untuk penyakit jantung. Ketika Anda berhenti merokok, secara perlahan tekanan darah akan menurun, sirkulasi darah menjadi lebih baik dan pasokan oksigen juga akan meningkat. Seiring waktu, tubuh akan mulai untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Setelah satu tahun berhenti merokok, risiko penyakit jantung berkurang hingga 50 persen.

  • Makan sehat

Nutrisi dan diet memainkan peran besar dalam mencegah penyakit jantung. Menurut Mayo Clinic, bahkan jika Anda memiliki riwayat keluarga atau kecenderungan genetik untuk penyakit jantung, menjaga pola makan yang baik dapat mengurangi risikonya. Kebanyakan penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian dan asam lemak omega-3 membantu mencegah penyakit jantung. Untuk mempertahankan pola makan sehat, Anda juga harus menghindari atau membatasi beberapa makanan yang bisa memperburuk penyakit jantung. Ini termasuk makanan tinggi gula dan garam, minuman beralkohol dan makanan tinggi lemak.

  • Olahraga

Olahraga dan mempertahankan berat badan yang sehat juga penting untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Menurut Mayo Clinic, para ahli merekomendasikan untuk melakukan etidaknya 30 menit olahraga dalam sehari, atau 30 sampai 60 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga yang dilakukan tidak harus intensif. Kegiatan sederhana seperti berjalan kaki dan melakukan pekerjaan rumah tangga juga dihitung sebagai olahraga. Kuncinya adalah tetap aktif.

  • Minimalisir stres

Stres mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda. Meskipun itu tidak dipahami sepenuhnya, ada hubungan antara orang yang stres tingkat tinggi selama jangka waktu yang lama dan penyakit jantung. Stres dapat menyebabkan kurang tidur, nyeri dan sakit kepala, dan dapat menguras energi tubuh. Stres kronis dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Ini akan memperburuk faktor risiko lain untuk penyakit jantung yang mungkin Anda miliki. Ada banyak kegiatan penurun stres yang bisa membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Aktivitas fisik atau olahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi stres. Melakukan latihan atau teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi juga dapat membantu.

  • Kontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada sistem kardiovaskular dan berkontribusi pada penyakit jantung. Anda dapat menurunkan tekanan darah melalui diet, olahraga, manajemen berat badan, menghindari stres dan berhenti merokok. Salah satu hal penting lain yang perlu diperhatikan untuk menurunkan tekanan darah adalah pentingnya membatasi asupan garam.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY