Kurang Float Picu Anemia

SehatFresh.com – Tidak hanya karena kekurangan asupan zat besi, kadar folat (vitamin B9) terlalu rendah dalam darah juga bisa menyebabkan anemia. Folat diperlukan tubuh untuk membuat sel-sel darah merah baru. Sel darah merah yang memadai dibutuhkan membawa oksigen ke organ-organ tubuh. Tidak memiliki cukup sel darah merah menyebabkan kondisi yang disebut anemia, yang dapat membuat tubuh terasa lemah dan mudah lelah.

Para ahli dari Harvard Medical School mengatakan bahwa mendapatkan cukup asam folat dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar dan penyakit jantung. Asam folat adalah versi sintetis dari vitamin folat (vitamin B9). Tubuh kehilangan folat ketika berkeringat dan buang air kecil. Karena tubuh tidak dapat menyimpannya, Anda perlu asupan folat setiap hari dari diet. Makanan kaya folat termasuk buah jeruk, sayuran berdaun hijau dan sereal yang difortifikasi.

Malnutrisi adalah penyebab paling umum dari anemia defisiensi folat. Pola makan rendah vitamin atau sering mengonsumsi makanan terlalu matang dapat berkontribusi terhadap kekurangan gizi. Malabsorpsi juga dapat menyebabkan hal ini. Malabsorpsi terjadi ketika tubuh tidak dapat menyerap vitamin atau mineral secara optimal. Penyakit seperti penyakit celiac dan obat-obatan (seperti obat untuk kontrol kejang) dapat mengganggu cara tubuh menyerap folat.

Pada kehamilan, bayi mungkin berisiko lebih tinggi mengalami cacat lahir yang serius seperti spina bifida jika sang ibu mengalami anemia defisiensi asam folat selama kehamilan. Spina bifida menyebabkan tulang belakang bayi mengalami kelainan bentuk. Kehamilan menyebabkan defisiensi folat karena beberapa alasan. Tubuh menjadi lambat menyerap folat selama kehamilan, dan janin mengonsumsi folat dalam tubuh ibunya untuk tumbuh. Muntah akibat morning sickness dapat menyebabkan ibu hamil kehilangan folat.

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki sel darah merah sehat yang memadai untuk memberikan oksigen ke jaringan tubuh. Gejala akibatnya termasuk kelelahan, sakit kepala, kulit pucat, penurunan produktivitas, konsentrasi yang buruk serta luka pada mulut dan lidah. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika curiga mungkin mengalami gejala kurang folat.

Tujuan pengobatan adalah untuk meningkatkan kadar folat dalam tubuh. Cara termudah adalah dengan mengambil tablet asam folat setiap hari atas rekomendasi dokter, sampai kekurangan tersebut diperbaiki. Anda mungkin perlu untuk menerima folat intravena jika kadar folat terlalu rendah. Seiring dengan mengambil suplemen, Anda harus makan makanan yang tinggi asam folat seperti bayam dan jeruk. Harvard Medical School merekomendasikan untuk mendapat 400 mcg folat per hari. Ibu hamil dan mereka dengan kondisi kesehatan tertentu mungkin memerlukan asupan folat lebih.

Sumber gambar : dedaunan.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY