Kurang Gerak Saat Hamil Picu Kenaikan Berat Badan yang Berlebihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak ibu hamil yang mengeluh karena berat badannya berlebihan. Berat badan yang semakin bertambah biasanya membuat banyak ibu hamil yang tidak nyaman karena takut tidak bisa cepat menguruskan badan ketika sudah melahirkan.

Mengapa Berat Badan Ibu Hamil Semakin Bertambah? Mungkinkah Kurang Gerak?

Banyak ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan semakin parah. Berat badan yang semakin parah ini dianggap disebabkan oleh adanya kebiasaan ibu hamil yang tidak suka bergerak.

Padahal ada beberapa hal lain yang membuat ibu hamil mengalami berat badan, bukan hanya karena disebabkan oleh kurangnya gerak. Penyebab lain tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Nafsu makan semakin bertambah dengan parah sehingga kebiasaan makan, ngemil, dan makan malam semakin banyak. Bahkan apa yang dahulu tidak disukai ketika hamil justru menjadi suka.
  2. Komposisi makanan bergizi semakin banyak sehingga membuat ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Terlebih jika dokter menyarankan untuk memperbanyak makanan bergizi.
  3. Ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung makanan yang tinggi lemak, karbohidrat, dan protein.
  4. Ibu hamil biasanya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang penuh dengan lemak seperti es krim, kue, dan selalu makan dalam porsi yang sangat besar atau porsi jumbo.
  5. Ibu hamil mengalami pembesaran rahim da tubuh menyesuaikan diri untuk menyusui sehingga ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang sangat parah.
  6. Ibu hamil mengalami pertambahan darah sehingga kenaikan berat badan semakin bertambah sebanding dengan bertambahnya usia kehamilan
  7. Pertumbuhan janin menjadi alasan utama ibu hamil mengalami kenaikan berat badan, sebab saat hamil para ibu di dalam perutnya juga terdapat plasenta atau cairan ketuban yang dapat membuat berat badan ibu hamil semakin meningkat.

Pertumbuhan berat badan ibu bukan soal karena ibu hamil tidak banyak gerak. Persoalannya karena memang ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi sehingga tumbuh kembang janin di dalam perut menjadi semakin pesat. Bayi di dalam perut yang semakin bertambah juga berpengaruh pada kenaikan berat badan ibu.

Ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan memang dianggap karena kurang gerak. Padahal gerakan yang dilakukan ibu hamil juga sangat bergantung pada saran dokter. Banyak dokter yang melarang ibu hamil terlalu banyak gerak agar janinnya aman dan tidak terjadi suatu hal apapun. Sebab ada beberapa yang terjadi pada kasus kandungan lemah jika terlalu sering gerak bisa terjadi keguguran.

Pertambahan berat badan ibu merupakan salah satu bukti sisi kesehatan janin di dalam perut. Demikian informasi mengenai pertambahan berat badan ibu yang belum tentu karena kurang gerak. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here