Kurang Olahraga Kurang Bahagia

SehatFresh.com – Tubuh dan pikiran manusia saling terkait erat, dan memberi pengaruh satu sama lain. Gaya hidup yang Anda jalani akan memengaruhi pikiran dan bagaimana mengatasi stres kehidupan. Neurotransmitter merupakan bahan kimia yang bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan ke berbagai wilayah otak. Neurotransmitter di otak memainkan peran integral dalam suasana hati dan keadaan pikiran.

Suatu neurotransmitter yang dikenal dengan dopamin berkaitan dengan suasana hati. Kurangnya dopamin di otak telah dikaitkan dengan perasaan depresi, gangguan perhatian defisit, perasaan impulsif, kurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi, gelisah dan kehilangan kesenangan. Meskipun kekurangan serotonin juga bertanggung jawab untuk perasaan depresi, beberapa antidepresan bekerja dengan meningkatkan dopamin di otak.

Banyak menuntut dan sering mengeluh merupakan ciri hidup kurang bahagia. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal “Medicine & Science in Sports & Exercise”, sifat kurang baik semacam itu bisa diredam dengan melakukan aktivitas yang merangsang pelepasan dopamin.

Tingkat dopamin dalam tubuh salah satunya dipengaruhi oleh porsi olahraga yang Anda lakukan. Efek olahraga menghasilkan ketahanan tinggi terhadap kecemasan dan depresi. Ada hubungan langsung antara kurangnya aktivitas fisik dan jumlah dopamin dalam otak. Semakin jarang berolahraga berarti semakin sedikit dopamin di otak Anda.

Dopamin memerangi stres dan melawan depresi dengan bertindak pada sistem limbik, bagian otak yang penting dalam respon emosional. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Neuro Endocrinology Letters” pada tahun 2010 menemukan bahwa ada hubungan erat antara sirkuit kesenangan, penghargaan dan motivasi pada otak yang sangat terikat dengan struktur limbik dan dopamin.

Kurangnya dopamin telah diteliti dapat memicu perkembangan penyakit Parkinson dan gangguan kepribadian ambang, serta kondisi lainnya terkait respons emosional dan kognitif. Dengan mendorong sintesis dopamin, olahraga dapat membantu meringankan beberapa gejala penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah suatu kondisi neurologis yang ditandai dengan kekakuan otot, kurangnya gerakan yang disengaja dan tremor. Gejala-gejala tersebut disebabkan oleh degenerasi sel-sel dopamin di bagian otak, yang disebut basal ganglia.

Secara keseluruhan, aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk fungsi otak dan kesehatan mental yang baik. Latihan terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar dopamin di otak adalah dengan latihan aerobik, setidaknya 30 menit setiap hari, lima kali seminggu. Selain dengan berolahraga secara rutin dan teratur, keseimbangan kesehatan fisik dan mental juga perlu disertai gaya hidup sehat lainnya.

Sumber gambar : www.hellodoctor.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY