Kurang Percaya Diri karena Payudara Kecil

SehatFresh.com – Penampilan fisik memang menjadi pendukung utama kepercayaan diri wanita. Payudara menjadi salah satu aset yang membuat wanita percaya diri dan selalu ingin ditonjolkan. Bentuk payudara yang besar seringkali diasumsikan sebagai payudara yang indah. Asumsi ini membuat banyak wanita dengan bentuk payudara kecil menjadi kurang percaya diri dan minder dengan penampilannya.

Normalnya, perkembangan payudara mencapai puncaknya pada usia sekitar enam hingga 17 tahun. Pada periode tersebut, ukuran payudara sudah mencapai ukuran rata-rata payudara perempuan dewasa. Namun, beberapa wanita memiliki payudara kecil di usia dewasanya. Ada banyak faktor yang memengaruhi ukuran payudara. Dalam tumbuh kembangnya, ukuran payudara dipengaruhi faktor genetik, faktor nutrisi, berat badan, dan faktor lainnya. Ukuran payudara yang kecil umumnya tidak mengindikasikan kondisi kesehatan yang berbahaya.

Sebetulnya, ada beberapa keuntungan bagi Anda yang berpayudara kecil:

  • Dari segi kesehatan, Anda berisiko lebih rendah terkena sakit punggung. Ini karena payudara yang besar menempatkan tekanan ekstra pada tulang punggung sehingga membuatnya terlalu berat menyangga payudara.
  • Bentuk payudara kecil memudahkan dalam pemeriksaan kesehatan payudara yang ditujukan untuk deteksi dini kanker payudara. Ini karena jaringan lemak yang lebih sedikit memudahkan dalam mendeteksi benjolan pada payudara.
  • Selama kehamilan, payudara menjadi meregang untuk menampung ASI. Ketika ASI sudah tidak diproduksi, payudara kembali ke ukuran normal dan meninggalkan bekas berupa garis-garis kecoklatan. Pada wanita dengan payudara besar, bekas tersebut akan tampak banyak dan jelas. Berbeda dengan wanita yang memiliki payudara kecil, bekas tersebut lebih sedikit dan tampak lebih samar.
  • Wanita gemuk umumnya memiliki payudara besar, begitu pula sebaliknya. Hal ini terkait proporsi. Payudara besar lebih mudah mengendur dibanding payudara kecil. Berat badan memengaruhi kekencangan payudara. Ketika terjadi penurunan berat badan drastis, payudara menjadi turun dan kendur. Dampak pengenduran pada payudara besar membuat payudaranya tampak tua. Jadi, wanita berpayudara kecil lebih diuntungkan dalam hal ini.
  • Payudara kecil membuat Anda lebih leluasa ketika berolahraga seperti berlari atau ketika melakukan aktivitas lainnya, tanpa harus risih dilihat orang karena payudara ikut bergerak.
  • Wanita dengan payudara kecil juga menjadi lebih mudah memilih busana. Umumnya, punggung dan bahu wanita yang memiliki payudara kecil cenderung lebih tegak dibandingkan dengan wanita berpayudara besar. Hal ini membuat postur tubuh wanita dengan payudara kecil lebih baik ketimbang wanita berpayudara besar. Wanita dengan payudara kecil juga bisa memakai pakaian dengan model leher rendah tanpa terkesan terlalu vulgar.

Jadi, tidak perlu minder bila memiliki payudara kecil. Kepercayaan diri berkaitan dengan sugesti dari dalam diri. Janganlah ukuran payudara yang kecil membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Bersyukur dan terima diri apa adanya secara positif. Ketimbang memikirkan cara membesarkan payudara yang bisa menimbulkan efek samping, lebih baik fokus merawat kesehatan payudara Anda dengan menjalani pola hidup sehat dan selalu berpikir positif.

Merawat payudara tujuan utamanya agar payudara tetap sehat dan terhindar dari penyakit seperti tumor dan kanker payudara. Makanan sehat akan memasok nutrisi yang dibutuhkan payudara dan menjaga payudara agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang payudara. Pola makan sehat juga perlu didukung olahraga rutin agar payudara menjadi lebih sehat dan kencang.

Bagaimanapun ukuran payudara Anda, entah itu besar atau kecil, yang lebih penting ialah bagaimana merawat dan menjaga kesehatannya. Jangan anggap ukuran yang kecil sebagai sebuah kekurangan. Faktanya, ada juga wanita yang merasa risih dan minder karena ukuran payudara yang besar.

Sumber gambar : www.idnportal.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY