Kurang Tidur dapat Mempengaruhi Kemampuan Mengingat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rasa ngantuk yang sering anda rasakan, dapat mempengaruhi kemampuan anda di dalam memberi pertimbangan, menurunkan kemampuan berfikir atau mengingat, menurunkan semangat serta dapat membahayakan keselamatan anda.

Kurangnya waktu tidur malam dapat membuat anda menjadi tidak mampu lagi untuk berpikir secara jernih serta membuat diri anda menjadi mudah marah atau emosi. Bahkan beberapa peneliti telah menemukan suatu kenyataan yang menunjukan bahwa rasa ngantuk yang ditimbulkan oleh kurangnya tidur malam diketahui dapat menurunkan daya ingat, kemampuan anda dalam bekerja, merusak hubungan anda dengan relasi, menjadikan anda mudah menjadi emosi dan marah yang pada akhirnya akan menjerumuskan anda pada suatu keadaan stress atau depresi.

Dengan terbiasa tidur malam yang cukup, tanpa disadari dapat meningkatkan kemampuan anda didalam mempelajari sesuatu, menguatkan kemampuan daya ingat anda serta memperluas sudut pandang anda.

Menurut Barry Krakow, MD, medical director dari Maimonides Sleep Arts and Sciences, Ltd. di Albuquerque, sebenarnya disaat anda tidur dengan tanpa anda tersadari anda sebenarnya juga menghemat enerji tubuh. Selain hal tersebut, pada saat itu juga tubuh secara alami akan memperbaiki serta memulihkan dirinya sendiri. Hingga, tanpa tidur malam yang cukup pasti akan menjadikan anda jadi sulit untuk memiliki kesehatan yang baik, baik bagi fisik maupun mental anda.

Sehingga disaat anda dalam keadaan mengantuk, anda akan merasakan menjadi orang yang pelupa, salah tingkah, sulit untuk berkonsentrasi, yang secara pasti akan melemahkan kemampuan daya ingat anda.

Kurang tidur akan menyulitkan seseorang pada saat belajar, misalkan dalam keadaan mengantuk, seseorang akan kesulitan memperhatikan apa yang sedang dipelajarinya dengan baik. Akibatnya, dirinya akan mengalami kesulitan untuk dapat kembali mengingat informasi-informasi atau materi pelajaran yang telah diterima dan dipelajari. Mengantuk sangat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam proses mengingat. Padahal, kemampuan mengingat merupakan suatu hal yang sangat diperlukan pada saat seseorang sedang belajar.

Pada anak-anak, keadaan mengantuk dapat menyebabkannya anak menjadi hiperaktif sehingga hal ini dapat mengganggu waktu belajarnya. Sedangkan pada remaja, perasaan mengantuk akan mengganggu kemampuannya dalam memperhatikan, menurunnya ketekunan dalam belajar dan kemampuan daya ingatnya.

kenyataannya kebutuhan waktu tidur malam seseorang berbeda satu dengan yang lain. Para ahli menyatakan bahwa cara terbaik untuk menentukan cukup tidaknya waktu tidur pada diri seseorang adalah dengan cara merasakan apa yang dirasakan disaat anda bangun tidur. Yaitu, jika pada saat bangun, anda sudah merasakan adanya perasaan tidak ngantuk lagi serta telah merasa lebih segar dan baru merasa kembali mengantuk setelah mendekati waktu tidur biasanya, maka hal ini merupakan tanda bahwa waktu tidur anda cukup. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here