Kutil Kelamin

Definisi

Kutil kelamin adalah satu dari banyaknya jenis infeksi penyakit menular seksual. Paling sedikit setengah dari orang yang aktif berhubungan seksual telah diinfeksi oleh human papillomavirus (HPV), virus yang menyebabkan kutil kelamin, pada beberapa waktu kehidupannya. Wanita lebih berisiko terhadap kutil kelamin dari pada laki-laki.

Seperti namanya, kutil kelamin mempengaruhi jaringan basah pada area kelamin. Kutil ini mungkin terlihat kecil, benjolan berwarna daging atau terlihat seperti bunga kol. Pada sebagian besar kasus, kutil ini terlalu kecil sehingga susah terlihat.

Seperti kutil yang timbul pada bagian tubuh anda, kutil kelamin di sebabkan oleh human papillimavirus (HPV). Beberapa pengaruh HPV adalah terbentuknya kutil kelamin, atau kanker. Vaksin dapat melindungi dari berbagai serangan virus HPV kelamin.

Gejala

Pada wanita, kutil kelamin bisa tumbuh pada vulva, bagian dinding vagina, area antara kelamin bagian luar dan anus, kanal anal dan leher rahim. Pada laki-laki kutil ini mungkin muncul pada batang penis, bola kemaluan atau anus. Kutil kelamin juga bisa muncul pada mulut atau tenggorokan orang yang melakukan oral sex dengan orang yang terkena virus.

Tanda-tanda dan gejala dari kutil kelamin, termasuk:

  • Benjolan kecil berwarna daging atau abu-abu pada area kelamin
  • Sekumpulan kutil akan terbentuk seperti bunga kol
  • Gatal atau merasa tidak nyaman pada area kelamin
  • Berdarah ketika berhubungan sexual

Biasanya, kutil kemaluan akan sangat kecil dan tidak bisa dilihat denga mata telanjang. Terkadang, kutil kelamin juga akan berkembang dan tumbuh sehingga membentuk kelompok besar.

Kapan harus ke dokter

Temui dokter jika pasangan anda memiliki benjolan atau kutil pada area kelamin.

Penyebab

Human papillomavirus (HPV) dapa menyebabkan kutil. Ada lebih dari 40 aktifitas HPV yang dapat mempengaruhi area kelamin. HPV menyebar melalui kontak seksual. Pada sebagian besar kasus, sistim kekebalan tubuh anda akan membunuh virus HPV sehingga tidak akan menimbulkan tanda-tanda atau gejala infeksi apapun.

Faktor Risiko

Pusat kontrol dan pencegahan penyakit memperkirakan paling sedikit setengah dari orang yang aktif berhubungan seksual akan terinfeksi HPV kelamin selama hidup mereka. Faktor yang meningkatkan risiko anda terinfeksi, termasuk:

  • Melakukan sex yang tidak aman dengan beberapa pasangan
  • Memiliki penyakit menular seksual lainnya
  • Melakukan seks dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat kesehatannya
  • Aktif berhubungan seksual pada usia muda

Komplikasi

Komplikasi yang ditimbulkan oleh kutil kelamin, termasuk :

  • Kanker serviks sering dihubungkan dengan infeksi HPV kelamin. HPV jenis tertentu juga dapat menagkibatkan kanker vulva, kanker anus, kanker penis, dan kanker pada mulut dan teenggorokan. Infeksi human papillomavirus tidak selalu mengacu pada kanker, tapi ini penting bagi perempuan untuk melakukan tes Pap secara rutin, terutama jika anda telah terinfeksi dengan HPV yang berisiko tinggi.
  • Masalah ketika kehamilan. Kutil kelamin bisa mengganggu kehamilan. Kutil bisa membesar sehingga menyebabkan susah biang air kecil. Kutil pada dinding vagina dapat mnegurangi kemampuan jaringan vagina untuk melebar ketika melahirkan. Kutil besar pada vulva atau vagina bisa berdarah ketika melebar.

Terkadang, bayi yang lahir dari ibu yang mengidap kutil kelamin bisa terkena kutil pada tenggorokannya. Bayi itu memerlukan operasi untuk memastikan saluran udaranya tidak terhambat.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Mungkin anda akan menanyakan tanda dan gejala anda pada dokter keluarga anda. Jika anda seorang perempuan anda mungkin perlu membuat janji dengan dokter spesialis ginekologis anda.

Apa yang bisa Anda lakukan

Sebelum pertemuan anda mungkin ingin menuliskan daftar yang menjelaskan tentang:

  • Jelaskan gejala anda dan buatlah catatan jika pasangan anda memiliki gejala yang sama
  • Riwayat seks. Buatlah daftar yang memungkinkan terjadinya infeksi. Mungkin termasuk melakukan seks yang tidak aman dengan pasangan baru.
  • Informasi kesehatan. Tuliskan kondisi kesehatan yang sedang jalani, jenis obat, vitamin dan suplemen yang anda konsumsi.

Membuat daftar pertanyaan sebelumnya bisa membantu anda untuk menggunakan waktu dengan baik bersama dokter anda. Pada kutil kelamin, beberapa pertanyaan dasar yang bisa anda tanyakan pada dokter termasuk:

  • Apakah saya memiliki kutil kelamin?
  • Apakah ada penyebab lain dari gejala saya?
  • Tes apa yang anda rekomendasikan?
  • Apakah saya perlu melakukan tes untuk penyakit menular seksual lainnya?
  • Pengobatan apa yang anda rekomedasikan?
  • Seberapa cepat setelah pengobatan saya akan sembuh?
  • Apakah saya menularkan? Bagaimana cara saya mengurangi penularan pada orang lain?
  • Apakah pasangan saya harus di tes juga?
  • Kapan saya bisa berhubungan seksual dengan aman lagi?
  • Apakah kutil kelamin ini akan kembali?
  • Apakah saya berada pada risiko komplikasi penyakit yang berhubungan dengan kutil kelamin?
  • Seberapa sering seharusnya saya melakukan tes untuk kondisi sejenis ini?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lain yang bisa saya bawa? Situs apa yang anda rekomendasikan?

Jangan malu untuk menanyakan pertanyaan yang tidak anda pahami pada dokter anda.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter anda mungkin akan menanyakan sejumlah pertanyaan. Mempersiapkan jawabannya terlebih dahulu bisa mempersingkat waktu anda dengan dokter anda. Dokter anda mungkin akan menanyakan:

  • Apa saja gejala anda?
  • Kapan anda pertama kali merasakan gejala?
  • Seberapa parah gejala anda?
  • Apakah anda melakukan seks yang aman? Jika iya, sejak kapan anda aktif berhubungan seksual?
  • Apakah baru-baru ini anda melakukan seks dengan pasangan baru?
  • Apakah pasangan anda telah melakukan tes penyakit menular seksual?
  • Apakah anda pernah mendapatkan vaksin HPV? Kapan?
  • Apakah anda hamil atau merencanakan kehamilan?

Tes dan Diagnosis

Karena susah untuk mendeteksi adanya kutil kelamin, dokter anda mungkin akan menggunakan acetic acid ringan pada area kalamin anda untuk menemukan jika ada kutil. Kemudian, dia akan menampilkannya dengan alat tertentu, kolposkop.

Tes pap

Penting bagi wanita untuk melakukan tes disekitar panggul dan tes pap secara rutin, yang akan membantu mendeteksi perubahan pada vagina atau serviks yang disebabkan oleh kutil kelamin atau gejala awal kanker rahim- kemungkinan komplikasi dari kutil kelamin.

Ketika tes pap berlangsung, dokter anda akan menggunakan alat yang disebut spekulum untuk membantu membuka vagina anda. Kemudian dia akan menggunakan alat dengan pegangan yang panjang untuk mengambil sampel dari sel serviks anda- jembatan antara vagina dan rahim anda. Sel tersebut kemudian di uji dengan mikrodkop untuk melihat adanya keganjilan.

Tes HPV

Hanya sedikit dari jenis HPV kelamin yang dihubungkan dengan kanker serviks. Sampel dari cel serviks yang diambil ketika tes pap akan di uji untuk mengetahui apakah kanker ini disebabkan oleh virus HPV atau tidak.

Tes ini biasnya dilakukan untuk wanita dengan usia 30 tahun keatas. Tes ini tidak diperlukan bagi wanita yang lebih muda karena biasanya sistim kekebalan tubuh mereka akan membunuh virus HPV.

Perawatan dan Obat-obatan

Jika kutil anda tidak menimbulkan rasa tidak nyaman, mungkin anda tidak membutuhkan perawatan. Jika gejala anda termasuk gatal, rasa terbakar dan nyeri, atau ktuil yang terlihat menyebabkan tekanan emosional, dokter anda bisa melakukan operasi untuk mengangkatnya. Namun, lesi ini bisa kembali setelah pengobatan.

Pengobatan

Pengobatan kutil kelamin yang bisa anda oleskan langsung pada kulit anda, meliputi:

  • Imiquimod (Aldara, Zyclara). Krim ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan sistim kekebalah tubuh anda untuk melawan kutil kelamin. Hindari kontak seksual ketika krim ini sedang di oleskan pada tubuh anda. Krim ini bisa melemahkan kondom dan diafgragma dan mungkin juga bisa melukai kulit pasangan anda.

Efek samping dari obat ini adalah memerahnya kulit anda. Efek samping lainnya bisa serupa kulit melepuh, gatal atau sakit, batuk ruam dan kelelahan.

  • Podophyllin and podofilox (condylox). Podophyllin adalah tanaman damar yang menghancurkan jaringan kutil kelamin. Dokter anda harus menggunakan solusi ini. pdofilox terdiri dari senyawa aktif yang sama, tapi bisa anda guenakan dengan aman di rumah.

Dokter anda mungkin akan melakukan pengolesan podofilox untuk pertama kali, dan menyarankan langkah-langkah aman untuk mencegah agar pengobatan tidak membuat kulit anda iritasi, jangan pernah gunakan podofilox untuk tubuh bagian dalam. Ditambah lagi, pengobatan ini dianjurkan pada saat kehamilan. Efek sampingnya bisa berupa iritasi ringan pada kulit, luka atau nyeri.

  • Trichloroatic acid (TCA). Pengobatan dengan bahan kimia ini dapat membakar kutil kelamin. TCA harus selalu di pasangkan oleh dokter. Efek sampingnya bisa meliputi iritasi kulit, luka atau nyeri.

Jangan pernah mengatasi kutil kelamin dengan obat apotik. Pengobatan ini tidak digunakan untuk jaringan lunak pada area kelamin. Penggunaan obat apotik untuk mengatasi masalah ini bisa menyebabkan iritasi dan perih yang lebih kuat.

Operasi

anda mungkin membutuhkan operasi jika kutil kelamin anda sudah melebar, jika kutil anda tidak merespon terhadap pengobatan, atau jika kamu hamil dan ditakutka kutil akan menyebar ke bayi anda. Pilihan pembedahan termasuk:

  • Membeku kan nya dengan cairan nitrogen (cryotherapy). Pembekuan ini bekerja jika ada lepuhan pada sekitar kutil anda. Sebagaimana kulit anda sembuh, lesi nya juga akan berkurang, sehingga memudahkan kulit baru untuk tumbuh. Anda mungkin perlu mengulangi pengobatan cryotherapy. Efek samping utamanya adalah nyeri dan pembengkakan.
  • Prosedur ini menggunakan aliran listrik untuk menghancurkan kuil. Anda mungkin juga akan merasakan nyeri dan pembengkakan setelah prosedur ini.
  • Operasi pengangkatan. Dokter anda mungkin menggunakan alat khusus untuk memotong kutil. Anda akan memerluka anestesia lokal atau umum selama pengobatan, dan mungkin anda akan merasakan perih setelahnya.
  • Pengobatan laser. Pendekatan ini, menggunakan tingkat instas cahaya, pengobatan ini bisa mahal dan biasanya hanya digunakan untuk kutil yang extensive. Efek sampingnya meliputi luka dan perih.

Pencegahan

Menggunakan kondom pada setiap kali anda melakukan hubungan seksual akan menurunkan risiko anda terhadap kutil kelamin secara signifikan. Walaupn kondom dapat mengurangi risiko anda, tapi ini tidak 100 % efektif. Kamu masih bisa terkena kutil kelamin.

Vaksinasi sekarang sudah tersedia

Vaksin diketahui juga sebagai gardasil yang melindungi serangan virus HPV yang menimbulkan kutil kelamin. Gardasil juga melindungi tubuh melawan serangan HPV yang menyebabkan kanker serviks. Vaksin lain, yang disebut cervarix, pelindungi dari kakner serviks tapi tidak untuk kutil kemaluan.

Komite praktek imunisasi nasional merekomendasikan vaksin HPV secara rutin bagi laki- dan perempan umur 11 dan 12 tahun. Jika idak di vaksin pada usia tersebut, direkomendasikan bagi perempuan pada usia 26 tahun dan laki-laki pada usia 21 untuk menerima vaksin ini. tapi, laki-laki yang berumur 26 tahun juga bisa menerima vaksin HPV jika diperlukan.

Vaksin ini sangat efektif jika diberikan pada anak-anak sebelum mereka aktif berhubungan seksual. Penelitian membuktikan orang dengan usia dibawah 21 dan 21-30 tahu  yang menerima vaksin HPV dapat mengurangi risikonya terhadap kutil kelamin hingga 50 persen.

Efek samping dari vaksin ini biasanya luka suntikan kecil (lengan bagian atas), sakit kepala, demam atau gejala yang menyerupai flu. Kadang pusing atau pingsan sering muncul setelah suntik terumana pada remaja.