Kutu Kepala

DEFINISI
Kutu adalah serangga kecil yang memakan darah dari kulit kepala manusia. Kutu kepala, yang disebut pediculosis capitis, paling sering menyerang anak-anak dan biasanya berasal dari perpindahan langsung kutu dari rambut satu orang ke rambut lain.

Infestasi kutu kepala bukanlah tanda dari kebersihan pribadi yang buruk atau lingkungan hidup yang tidak bersih. Kutu tidak membawa penyakit menular bakteri atau virus.

Over-the-counter dan obat resep tersedia untuk mengobati kutu. Mengikuti petunjuk pengobatan dengan hati-hati sangat penting untuk membersihkan kulit kepala dan rambut Anda dari kutu dan telurnya.

Sejumlah pengobatan rumah atau obat alami digunakan untuk mengobati infestasi kutu kepala, tapi hanya ada sedikit atau tidak ada bukti klinis mengenai efektivitasnya.

GEJALA
Anda mungkin tidak menyadari ada infetasi kutu di kepala Anda. Namun, tanda-tanda dan gejala umum dapat termasuk :

  • Gatal. Gatal pada kulit kepala, leher dan telinga adalah gejala yang paling umum. Ini adalah reaksi alergi terhadap air liur kutu. Ketika seseorang memiliki kutu untuk pertama kalinya, gatal mungkin tidak terjadi selama dua sampai enam minggu setelah infestasi.
  • Kutu di kulit kepala. Kutu dapat terlihat tetapi sulit untuk ditemukan karena mereka kecil, menghindari cahaya dan bergerak cepat.
  • Telur kutu (nits) pada poros rambut. Nits menempel pada poros rambut. Inkubasi nits mungkin sulit terlihat karena mereka sangat kecil dan berkamuflase untuk mencocokkan dengan warna rambut. Mereka mudah untuk dilihat di sekitar telinga dan garis rambut leher. Nits kosong mungkin lebih mudah untuk ditemukan karena lebih ringan dalam warna dan jauh dari kulit kepala. Namun, kehadiran nits tidak selalu menunjukkan adanya infestasi aktif.

Kapan Anda harus ke dokter ?
Temui dokter Anda sebelum Anda memulai perawatan jika Anda menduga bahwa Anda atau anak Anda memiliki infestasi kutu kepala. Studi menunjukkan bahwa banyak anak-anak telah dirawat karena kutu dengan obat over-the-counter atau pengobatan rumah ketika mereka tidak memiliki infestasi kutu aktif.

Hal sering keliru mengenai nits meliputi:

  • Nits mati atau kosong dari infestasi kutu sebelumnya
  • Ketombe
  • Residu dari produk rambut
  • Bead dari jaringan rambut yang mati pada batang rambut
  • Jaringan keropeng, kotoran atau sampah lainnya
  • Serangga kecil lain yang ditemukan di rambut

PENYEBAB
Kutu kepala adalah serangga berwarna sawo matang atau keabu-abuan seukuran biji stroberi. Ia memakan darah manusia yang diekstrak dari kulit kepala. Kutu betina menghasilkan zat lengket yang dapat melekatkan setiap telur ke batang rambut. Telur terpasang sekitar 3/16 inci (4 milimeter) dari dasar poros – lingkungan yang menyediakan suhu yang ideal untuk mengerami telur.

Siklus hidup kutu
Sebuah telur menetas menjadi kutu setelah delapan atau sembilan hari. Yang muncul adalah bentuk dewasa dari kutu yang disebut nimfa. Nimfa menjadi kutu dewasa yang matang setelah 9 – 12 hari, dan yang dewasa hidup selama tiga sampai empat minggu.

Perpindahan
Kutu merangkak, tetapi mereka tidak bisa melompat atau terbang. Perpindahan paling sering kutu kepala dari satu orang ke orang lain adalah dengan kontak langsung. Oleh karena itu, perpindahan yang paling sering terjadi adalah dalam keluarga atau di antara anak-anak yang memiliki hubungan dekat di sekolah atau bermain.

Ada beberapa bukti bahwa menyikat rambut kering dengan listrik statis dapat membuat kutu melompat untuk jarak pendek.

Perpindahan tidak langsung tidak mungkin terjadi, tapi kutu dapat menyebar dari satu orang ke orang lain dengan barang-barang seperti :

  • Topi dan syal
  • Sikat dan sisir
  • Aksesoris rambut
  • Headphone
  • Bantal
  • Pelapis
  • Handuk

Perpindahan langsung juga bisa terjadi di antara item pakaian yang disimpan bersama-sama. Misalnya, topi atau syal tergantung di hook yang sama atau disimpan di loker sekolah yang sama bisa berfungsi sebagai kendaraan untuk perpindahan kutu.

Faktor Risiko
Karena kutu tersebar terutama melalui kontak head-to-head, risiko penularan paling besar di antara orang-orang muda yang bermain atau pergi ke sekolah bersama-sama. Di Amerika Serikat, kasus kutu kepala paling sering terjadi pada anak-anak di prasekolah hingga sekolah menengah.

Komplikasi
Jika anak Anda menggaruk kulit kepala gatal akibat infestasi kutu kepala, ini dapat menyebabkan kulit robek dan mengalami infeksi.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Pergilah ke dokter keluarga atau dokter anak jika Anda menduga anak Anda memiliki kutu kepala. Praktek terbaik untuk menentukan apakah seorang anak memiliki infestasi kutu kepala aktif adalah identifikasi dari nimfa atau kutu dewasa yang hidup. Dokter Anda dapat memeriksa rambut anak Anda dengan hati-hati dan, jika perlu, memeriksa barang-barang terkait di bawah mikroskop sebelum mengkonfirmasikan diagnosis infestasi kepala kutu.

Tes dan Diagnosis
Menurut panduan American Academy of Pediatrics, standar utama untuk mendiagnosis suatu infestasi kutu aktif adalah identifikasi dari nimfa atau kutu dewasa yang hidup.

Pedoman ini merekomendasikan pemeriksaan rambut basah yang dilumasi dengan produk seperti hair conditioner standar. Dokter Anda akan hati-hati menyisir rambut anak Anda dengan sisir (sisir nit) bergigi halus dari kulit kepala ke ujung rambut. Jika tidak ada kutu hidup ditemukan, ia kemungkinan besar akan mengulangi seluruh tes untuk kedua kalinya.

Mengidentifikasi nits
Dokter juga akan mencari nits pada rambut anak Anda. Untuk menemukan nits, ia dapat menggunakan lampu khusus yang disebut lampu Wood, yang menyebabkan nits muncul kebiruan. Tapi identifikasi nits tidak selalu mengkonfirmasi diagnosis kutu aktif.
Sebuah nit hidup harus dekat ke kulit kepala untuk dapat menetas. Nits yang ditemukan lebih dari sekitar 1/4 inci (6 mm) dari kulit kepala cenderung mati atau kosong. Nits tersebut dapat diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan apakah mereka hidup – bukti kutu aktif.

Jika tidak ada nits hidup ditemukan, mereka mungkin meninggalkan infestasi kutu sebelumnya dan tidak ada bukti kutu aktif.

Perawatan dan Obat-obatan
Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan (OTC) obat over-the-counter yang membunuh kutu dan beberapa telur. Obat-obat ini mungkin tidak dapat membunuh telur yang baru menetas. Oleh karena itu, pengobatan kedua yang tepat waktu biasanya diperlukan untuk membunuh nimfa setelah mereka menetas tapi sebelum mereka menjadi kutu dewasa.

Beberapa studi menunjukkan bahwa hari kesembilan setelah pengobatan pertama adalah waktu yang ideal untuk perawatan kedua, tapi ada juga penafsiran jadwal lainnya. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai instruksi tertulis dari jadwal pengobatan yang dianjurkan.

Produk OTC
Obat OTC didasarkan pada piretrin, suatu senyawa kimia yang diambil dari bunga krisan yang beracun untuk kutu. Cucilah rambut anak Anda dengan sampo tanpa kondisioner sebelum menggunakan salah satu dari perawatan ini. Membilas rambut dengan cuka putih sebelum dicuci dapat membantu melarutkan lem yang melekatkan nits pada poros rambut. Ikuti petunjuk pada kemasan untuk melihat berapa lama membiarkan obat di rambut, dan bilas rambut anak Anda dengan air hangat.

Obat OTC meliputi:

  • Permetrin (Nix). Permetrin adalah versi sintetis dari piretrin. Efek samping mungkin termasuk kemerahan dan gatal-gatal di kulit kepala.
  • Pyrethrin dengan aditif (Rid, A-200 Lice Killing). Dalam obat OTC ini, piretrin dikombinasikan dengan bahan kimia lain yang meningkatkan toksisitas. Efek samping mungkin termasuk gatal dan kemerahan di kulit kepala. Piretrin tidak boleh digunakan jika anak Anda alergi terhadap krisan atau ragweed.

Obat resep
Di beberapa wilayah geografis, kutu sudah kebal terhadap obat OTC. Juga, pengobatan OTC mungkin gagal karena penggunaan yang tidak benar, seperti tidak mengulangi pengobatan pada waktu yang tepat.

Jika penggunaan yang benar dari pengobatan OTC gagal, dokter dapat merekomendasikan pengobatan resep. Ini termasuk:

  • Alkohol benzil (Ulesfia). Produk ini tidak beracun untuk kutu tapi membunuhnya dengan merampas oksigen. Efek samping mungkin termasuk kemerahan dan gatal-gatal di kulit kepala. Penggunaan alkohol benzil untuk mensterilkan peralatan medis telah terbukti menyebabkan kejang dan reaksi parah pada bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, pengobatan kutu dengan alkohol benzil tidak disetujui untuk digunakan pada anak-anak kurang dari 6 bulan.
  • Malathion (Ovide). Malathion telah disetujui untuk digunakan pada orang-orang usia 6 tahun atau lebih. Shampo obat diterapkan, dibiarkan kering secara alami dan dibilas setelah delapan sampai 12 jam. Obat ini memiliki kandungan alkohol yang tinggi, sehingga tidak dapat digunakan dengan pengering rambut atau dekat api terbuka.
  • Lindane. Shampo obat ini memiliki risiko efek samping yang parah, termasuk kejang, dan hanya digunakan bila pengobatan lain gagal. Hal ini tidak direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics untuk digunakan pada anak-anak. The Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan bahwa hal itu tidak boleh digunakan pada orang yang memiliki berat kurang dari 110 pound (50 kilogram), hamil atau menyusui, memiliki riwayat kejang, atau memiliki infeksi HIV.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan obat untuk mengobati infestasi kutu kepala, Anda dapat mempertimbangkan alternatif pengobatan rumah. Hanya ada sedikit atau tidak ada bukti klinis mengenai efektivitas pengobatan tersebut.

Menyisir basah
Menyisir rambut basah dengan sisir nit bergigi halus dapat menghapus kutu dan beberapa nits. Penelitian tidak meyakinkan mengenai efektivitas metode ini.

Rambut harus basah, dan Anda harus menambahkan sesuatu untuk melumasi rambut, seperti hair conditioner. Menyisir seluruh kepala dari kulit kepala ke ujung rambut setidaknya dua kali selama sesi. Proses ini harus diulang setiap tiga sampai empat hari selama beberapa minggu – setidaknya dua minggu setelahnya tidak ada lagi kutu yang ditemukan.

Minyak esensial
Studi klinis kecil telah menyarankan bahwa beberapa minyak tumbuhan alami mungkin memiliki efek toksik pada kutu dan telur. Produk ini termasuk:

  • Minyak pohon teh
  • Minyak Anise
  • Minyak ylang ylang
  • Nerolidol, senyawa kimia yang ditemukan dalam banyak minyak tumbuhan

Produk-produk ini tidak diharuskan untuk memenuhi standar keamanan, khasiat dan standar manufaktur yang digunakan obat ini telah disetujui oleh FDA.

Agen dibekap
Sejumlah produk rumah tangga digunakan untuk mengobati infestasi kutu kepala. Alasannya adalah bahwa produk ini menghilangkan kutu dan mengerami telur udara. Produk ini diterapkan pada rambut, ditutupi dengan topi mandi dan dibiarkan semalaman. Produk yang digunakan untuk tujuan ini meliputi :

  • Mayonnaise
  • Minyak zaitun
  • Mentega
  • Jelly petroleum

Produk berbahaya yang harus dihindari
Produk yang mudah terbakar, seperti minyak tanah atau bensin, tidak boleh digunakan untuk membunuh kutu atau menghilangkan nits.

Pembersih rumah tangga
Kutu biasanya tidak tinggal melewati satu hari tanpa makan dari kulit kepala, dan telur tidak bertahan jika mereka tidak diinkubasi pada suhu dekat kulit kepala. Oleh karena itu, kemungkinan kutu hidup pada barang-barang rumah tangga sangat kecil.

Sebagai tindakan pencegahan Anda dapat membersihkan barang yang telah digunakan oleh orang yang memiliki kutu kepala dalam dua hari terakhir. Rekomendasi pembersihan meliputi :

  • Cuci barang dalam air panas. Cuci selimut, boneka hewan dan pakaian di tempat air sabun yang panas – setidaknya 130 F (54,4 C) – dan keringkan di panas tinggi.
  • Bersihkan item perawatan rambut. Bersihkan sisir, sikat dan aksesoris rambut di tempat air sabun yang panas.
  • Segel item dalam kantong plastik. Segel item yang tidak dapat dicuci dalam kantong plastik selama dua minggu.
  • Vacuum. Berikan lantai dan kain furnitur vacuum yang bagus.

Pencegahan
Sulit untuk mencegah penyebaran kutu pada anak-anak di fasilitas penitipan anak dan sekolah karena ada begitu banyak kontak dekat. Dan kesempatan penularan tidak langsung dari barang-barang pribadi yang sedikit.

Namun, secara umum praktik yang baik untuk anak-anak adalah dengan menggantung pakaian mereka di hook terpisah dari pakaian anak-anak lain dan tidak berbagi sisir, sikat, topi dan syal. kekhawatiran tentang perpindahan kutu kepala bukanlah alasan yang baik untuk menghindari berbagi pelindung kepala untuk olahraga dan bersepeda ketika berbagi diperlukan.